Tips
Manager vs Leader
“Leadership is about doing the right things, when management do things right.”
Apa perbedaan antara manajer dengan pemimpin? Bukankah manajer juga berperan sebagai pemimpin dalam suatu tim? Peran manajer sebenarnya hanya mengatur segala sesuatu yang diperlukan agar dapat berjalan sesuai rencana. Namun jika Manager itu juga terjun langsung memimpin timnya untuk melakukan sebuah perubahan, maka dia juga dapat dikatakan sebagai pemimpin. Ini dia 10 perbedaan signifikan antara manajer dan pemimpin.
- Inti
Manajer akan selalu berusaha untuk menjaga segala sesuatunya agar tetap stabil, sementara pemimpin akan selalu berusaha untuk membuat perubahan.
- Aturan
Manajer lebih suka membuat aturan, sementara pemimpin lebih suka menghancurkan aturan demi mencapai tujuannya.
- Pendekatan
Manajer membuat suatu rencana hingga sangat rinci, sementara pemimpin membuat arahan.
- Budaya
Manajer terbiasa dalam hal eksekusi, sementara pemimpin terbiasa dalam hal pembentukan suatu rencana.
- Konflik
Manajer selalu berupaya untuk menjauhi masalah, sementara pemimpin malah menggunakan masalah tersebut untuk mencapai tujuannya.
- Arah
Manajer lebih suka memilih untuk mengikuti jalur yang sudah ada, sementara pemimpin membuatkan jalan baru.
- Kredit
Manajer akan mengambil kredit, sementara pemimpin malah memberikan kreditnya.
- Keputusan
Manajer membuat keputusan, sementara pemimpin memfasilitasi suatu diskusi hingga suatu keputusan diambil.
- Visi
Manajer hanya menceritakan visi perusahaan, sementara pemimpin menjual visi perusahaan.
- Gaya
Manajer cenderung melakukan kegiatan-kegiatan yang berbau transaksi untuk mencapai tujuannya, sementara pemimpin selalu melakukan kegiatan-kegiatan yang mendorong terjadinya perubahan ke arah yang lebih baik.
Jadi, sekarang kita sudah tahu bahwa manajer dan pemimpin adalah 2 peran yang berbeda. Satu hal yang pasti, 2 peran tersebut harus ada ketika kita ingin membangun startup. Jika sobat Studentpreneur ingin melakukan sebuah perubahan, jadilah pemimpin yang baik. Namun jika ingin menjalankan sesuatu agar dapat berjalan dengan baik sesuai rencana, jadilah manajer. Salah satu cara untuk mempelajari secara langsung mengenai kepemimpinan dan manajemen adalah dengan mengikuti organisasi mahasiswa di kampus. Dari situ kita akan belajar banyak hal seputar manajemen tim dan acara hingga memimpin tim dan membuat acara. Jika masih bingung jangan sungkan untuk bertanya, daripada tersesat di tengah jalan lalu tidak sampai tujuan. Lebih baik bertanya dahulu lalu kita diskusikan sambil berjalan ke tujuan yang kita sudah tahu.
Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!
Baca Juga:
Rahasia Steve Jobs Tampil Memukau di Depan Umum
Dari Glodok Menjadi Salah Satu Orang Terkaya di Indonesia
Bisnis Rumahan yang Bisa Dicoba Pemula