Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Menjadi Pemimpin Yang Lebih Baik


Tahun 2014 akan datang sebentar lagi. Bagi Sobat Studentpreneur yang sudah memulai berbisnis, itu artinya Anda harus berjuang lebih keras lagi untuk membuat bisnis berhasil. Menjadi seorang pemimpin bisnis tidak pernah mudah, apalagi sebuah bisnis yang masih kecil. Seringkali pemimpin bisnis sudah kecapekan dan kehabisan energi, menyebabkan perusahaan kehilangan bahan bakar utamanya, semangat seorang pemimpin. Untuk dapat menjadi pemimpin yang lebih baik, Anda harus menjadi lebih kreatif dan segar, kehabisan bensin bukan lagi sebuah pilihan. Tim Studentpreneur telah menyusun beberapa hal yang bisa membuat Anda terus kreatif dan segar, serta membuat Anda untuk terus produktif dalam memimpin perusahaan.

 

1244599716

 

Urusan Kantor Tetap di Kantor

Mencintai bisnis Anda memang bagus. Tapi, usahakan hanya mengurusi bisnis ketika masih jam kerja, tidak peduli jam kerja Anda hanya seperti orang kantoran biasa (sekitar 8 jam sehari) atau sampai yang ekstrem (12-15 jam sehari). Ketika masa tersebut selesai, langsung putuskan hubungan dengan bisnis, apalagi ketika Anda sudah sampai rumah. Cara paling mudah adalah matikan HP ketika sudah berada di rumah. Banyak pemimpin bisnis yang mengalami masalah keluarga karena tetap mengurusi bisnis ketika sudah sampai di rumah. Padahal, masalah keluarga bisa rawan terbawa ke kantor, yang akhirnya menyebabkan pemimpin tersebut justru terganggu fokusnya ketika bekerja. Salah satu cara menjadi pemimpin bisnis yang baik adalah biarlah urusan kantor tetap di kantor, dan urusan rumah tetap di rumah.

 

Rajin Olahraga

Para CEO besar di Amerika seperti Tim Cook contohnya, selalu menyempatkan diri untuk berolahraga setidaknya 1 jam sehari. Tim Cook sebagai CEO Apple, selalu memulai harinya dengan berolahraga. Menurut Tim, olahraga sebelum berangkat kantor akan menyegarkan pikirannya, membuat aliran darah dalam tubuh lancar dan akhirnya bisa tetap kreatif ketika memimpin Apple yang mendewakan kreativitas. Untuk menjadi seorang pemimpin yang hebat, Anda tidak boleh lupa dengan kesehatan. Banyak orang jenius di luar sana yang akhirnya gagal menjadi pemimpin karena mengalami masalah dengan kesehatannya.

 

Temukan Waktu Untuk Istirahat dan Liburan

Terkadang, kita bisa jenuh kalau hanya terus bekerja sepanjang waktu. Sebaiknya, demi menjaga kesehatan dan juga jernihnya pikiran, usahakan untuk disiplin tidur 5-8 jam sehari. Menjadi entrepreneur memang berat, namun percayalah, cukup tidur dapat membuat Anda lebih baik dalam mengambil keputusan. Selain itu, ada baiknya juga menjadwalkan sebuah liburan panjang tiap tahunnya, sepanjang 1-2 minggu tiap tahun. Cara ini dipraktekkan oleh Bill Gates, pendiri Microsoft sekaligus salah satu orang terkaya di dunia. Bill selalu mengambil liburan 2 minggu tiap tahun, dan mematikan semua akses komunikasi dengan perusahaan. Bill menghabiskan waktu tersebut bersama keluarga dan membaca buku-buku yang tidak sempat dibacanya. Setelah menyelesaikan liburan tersebut, biasanya Bill Gates menjadi lebih segar dan siap untuk kembali memimpin Microsoft memenangkan persaingan di dunia.

 

Carilah Mentor yang Tepat

Barangkali ini adalah tips menjadi pemimpin yang paling penting. Mencari mentor yang tepat adalah salah satu hal terberat namun tetap harus dilakukan oleh semua entrepreneur. Apabila kita menemukan mentor yang tepat, beliau akan menjadi guru sekaligus sahabat yang akan menjawab semua keraguan kita tentang bisnis. Bayangkan mentor ini sebagai guru matematika kita. Belajar matematika tanpa guru memang bisa, tapi sulit sekali. Persis dengan bisnis, melakukan bisnis tanpa mentor memang bisa, namun sulit sekali.

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter