Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Menjadi Sukses dan Bahagia


Kita sering melihat ilustrasi bahwa biasanya kesuksesan tidak berbanding lurus dengan kebahagiaan. Biasanya, orang yang sukses dalam pekerjaan sering mengorbankan kebahagiaan pribadinya, begitu juga sebaliknya, apabila kita terlalu fokus untuk kehidupan pribadi, kita akan sulit mendapatkan kesuksesan dalam pekerjaan. Apakah benar begitu? Tim Studentpreneur merasa bahwa kita bisa mendapatkan kesuksesan dalam pekerjaan bersamaan dengan sukses dalam kehidupan pribadi. Setidaknya, tips berikut akan membantu Anda lebih dekat dengan keduanya.

 

hepi

 

Membangun Hubungan Nyata

Untuk sukses dalam pekerjaan, kita harus mempunyai network yang kuat. Namun, untuk menjadi bahagia di kehidupan sehari-hari, kita harus mempunyai teman yang peduli dengan kita. Nah, kenapa tidak dua-duanya? Selama ini apabila kita hanya sekedar mengenal orang untuk urusan professional, mulailah jalin hubungan nyata dengan partner kerja Anda. Apabila Anda berteman dengan pelanggan Anda sebagai contohnya, selain Anda mempunyai teman yang peduli dengan Anda, teman tersebut juga pasti tidak segan untuk memesan barang yang Anda jual. Efektif, bukan?

 

Jangan Lakukan Apa-Apa

Seringkali kehidupan dan pekerjaan berjalan ke arah yang berlawanan dengan yang kita inginkan. Apabila sampai kejadian, jangan segan untuk mengambil 1-2 hari libur, dan benar-benar jangan lakukan apa-apa. Dengan tidak melakukan apa-apa, maka kepala Anda akan menjadi lebih tenang dan bisa melakukan masalah yang sebelumnya tidak bisa Anda pecahkan. Tips menjadi sukses dan bahagia lainnya adalah coba lakukan yoga sebelum tidur. Seni yoga yang bermeditasi dan tidak melakukan apa-apa akan membuat pikiran Anda jernih, setidaknya tidur Anda akan nyenyak sehingga siap untuk menyelesaikan banyak tantangan esok hari.

 

Lakukan Hanya Satu Hal

Pernah dengar istilah “multitasking hanya akan menghancurkan kualitas Anda”? Well, itu benar. Biasakan untuk mengerjakan hanya satu hal dalam satu waktu. Dengan bekerja lebih efektif, Anda akan mengerjakan pekerjaan lebih cepat, membuat Anda bisa melakukan apa yang Anda ingin lakukan lebih lama. Membuat skala prioritas dari semua tugas adalah kuncinya. Coba kerjakan tugas yang menurut Anda paling urgent dan paling berat terlebih dahulu. Baru kerjakan hal-hal yang menyenangkan namun tidak terlalu urgent. Cobalah mematuhi skala prioritas ini.

 

Terkadang, Anda Perlu Memanjakan Diri

Terutama bagi orang yang prefeksionis, menghukum diri terlalu keras tidak akan memberi dampak yang bagus. Evaluasi setelah kita melakukan kesalahan dalam pekerjaan memang bagus, tapi pastikan Anda berada dalam kondisi mental yang siap untuk menebus kesalahan tersebut. Jangan sampai Anda malah terlalu terbawa suasana sehingga tidak menemukan mood yang tepat untuk bekerja. Secara sederhana, mengerjakan pekerjaan dengan mood baik akan menghasilkan sesuatu yang lebih baik dibandingkan dengan mengerjakan pekerjaan dengan mood buruk. Ada tips gaya hidup sehat untuk menyeimbangkan hal ini. Jadilah kejam terhadap diri Anda sendiri di jam kerja, namun selepas jam kerja, manjalah. Traktir diri Anda dengan makanan sehat, mandi air panas, dan mungkin sedikit hiburan sebelum pergi tidur.

 

Kuncinya adalah keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Anda punya tips lain Sobat Studentpreneur? Jangan segan untuk membahasnya di sini ya!

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter