Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Tiga Tipe Orang yang Membantu Kita Mencapai Kesuksesan


Ketika kita berhasil dan sukses dalam bisnis, seringkali kita merasa bahwa usaha keras adalah satu-satunya hal yang membantu. Namun, sebenarnya ada hal-hal lain yang juga membantu Anda. Setidaknya, ada 3 tipe orang – orang yang patut mendapat ucapan terima kasih atas kesuksesan kita, baik dalam berbisnis, maupun untuk perkembangan personal diri kita masing masing. Ini dia ulasannya.

 

1. Mereka yang tidak menghiraukan kita

Entah kita melamar pekerjaan, mengadakan presentasi bisnis, atau menjual produk dan jasa pertama kita, orang tipe pertama ini mengabaikan kita. Apa yang kita tawarkan hanya dianggap angin yang lewat saja. Sama sekali tidak mendapatkan perhatiannya.

Ucapkan terima kasih pada orang – orang tipe pertama ini, karena mereka membuat kita makin terpacu untuk mencari strategi komunikasi yang lebih baik. Mencari network yang lebih banyak demi mencapai orang – orang kunci , dan belajar bernegosiasi lebih baik lagi. agar kita semakin didengar.

Cara-Sukses

2.     Mereka  yang menolak kita

Setelah anda telah berhasil mencapai orang- orang kunci, yang merupakan pengambil keputusan, baik dalam berinvestasi maupun membeli produk dan jasa yang anda tawarkan, anda masih menghadapi kemungkinan bahwa ide, barang , atau jasa anda ditolak. Apa yang ada tawarkan dianggap masih jauh dari layak untuk diterima oleh orang tipe kedua ini.

Ingatlah untuk mengucapkan terima kasih pada orang – orang tipe kedua ini. Karena mereka membantu kita melihat kenyataan. Kita ditunjukkan bahwa ada yang kurang tepat dalam idealisme kita, ada yang harus dikikis, dan dijadikan lebih praktis. Harusnya, setelah ditolak kita justru berusaha jauh lebih keras, cerdas, dan cepat daripada sebelumnya.

 

3. Mereka yang tetap memberi kita kesempatan kedua, ketiga, keempat, sekalipun kita mengacaukan kesempatan yang pertama

Jika anda dianggap sudah cukup baik, mendapatkan kesempatan pertama tidaklah sulit. Orang bisa saja membeli satu produk anda, memakai jasa anda satu kali, ataupun memberi sedikit investasi awal pada anda. Tetapi apa yang terjadi jika anda mengacaukan yang pertama kali itu? Produk anda ternyata gagal, jasa yang anda tawarkan tidak berguna, dan investasi yang ditanamkan pada anda malah membuat sang investor merugi. Wajar jika setelah yang pertama itu, anda masuk daftar blacklist.

Maka pada orang tipe ketiga ini anda patut berterima kasih, karena merekalah yang membuka jalan anda pada kesuksesan dalam berbisnis. Mereka yang rela sedikit dirugikan, demi memberi kesempatan pada kita para pemula, untuk tidak sekedar belajar dari kesalahan, namun juga memperbaikinya. Orang tipe ketiga inilah yang seringkali membuat kita sendiri tercengang, karena kesempatan yang mereka berikan membawa kita pada suatu pencapaian yang tidak terpikir oleh kita sebelumnya.

 

Sudahkah anda menemukan 3 tipe orang ini dalam hidup anda? Jika belum, carilah sampai dapat! Jika sudah, ucapkan terima kasih! Karena anda tentunya sudah selangkah lebih sukses daripada sebelumnya.

Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya! [Photo Credit: Chris Potter]

 

Baca Juga:

Ini Caranya Apabila Bisnis Tidak Direstui Keluarga

6 Ide Bisnis Bermodal Smartphone Anda

7 Tips Mencari Nama Untuk Bisnis Anda

Winnie Tjahjana

Winnie Tjahjana adalah graphic designer di Malang, dosen Universitas Machung, dan juga anggota komunitas Studentpreneur

Facebook Twitter