Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Tips

Miliarder yang Mengawalinya dari Usaha Dagang yang Menguntungkan


Para Miliarder yang Super Sukses Ini Ternyata Memulainya Semua Dengan Usaha Dagang yang Menguntungkan, Meskipun Sederhana.

Perjalanan karir Anda di dunia entrepreneur bisa dimulai dari sebuah usaha dagang. Siapa bilang ia tidak akan menguntungkan? Orang-orang ini mengawali konglomerasi mereka dari sebuah usaha dagang yang menguntungkan.

 

Orang terkaya di Afrika menemukan tekad mengubah negaranya setelah terjun di usaha dagang komoditas impor

Dengan kekayaan bersih sekitar $25 miliar dolar, majalah Forbes mengangkat Aliko Dangote sebagai orang kulit hitam terkaya di dunia. Ia memulai bisnisnya di usia yang sangat muda, 21 tahun, dengan uang pinjaman dari sang Paman. Ia kemudian menggunakan uang pinjaman itu untuk mendirikan sebuah perusahaan di bidang perdagangan yang melayani impor komoditas masal seperti gula dan beras. Usaha dagang komoditas impor ini mengantarkannya pada satu pertanyaan nasionalis: Mengapa Nigeria mengimpor gula ketika seharusnya mereka bisa memproduksi sendiri? Ia kemudian sampai di kesimpulan bahwa permasalahannya adalah konflik, korupsi, ketidakmampuan dan ketidakpastian di Afrika. Ia bertekad mengubahnya. Maka, Aliko Dangote mengalihkan haluannya ke manufaktur. Sejak saat itu, Dangote Group menggurita ke dalam industri garam, tepung, gula, semen, tekstil, real estate, minyak, dan gas. Kisah selengkapnya bisa Anda baca di sini.

 

Salah satu orang terkaya di Indonesia, memulai dari usaha dagang perkakas di kawasan Glodok

Siapa sangka sebuah toko kecil berukuran 3×3 di kawasan Glodok, Jakarta, bisa menjelma ke dalam toko peralatan rumah tangga, teknis, dan furniture terbesar di Indonesia? Kuncoro Wibowo adalah bos dari Ace Hardware Indonesia. Total kekayaannya mencapai 910 juta dolar Amerika, atau lebih dari 10 trilliun rupiah, dan semuanya benar-benar dimulai dari Glodok. Profil Kuncoro Wibowo selengkapnya telah kami ulas di sini.

jessica-alba

Artis cantik Hollywood memulai usaha dagang produk ramah lingkungan untuk bayi

Menyusul kesuksesan The Body Shop, belakangan ini bermunculan model bisnis serupa yang ramah lingkungan. Salah satunya milik Jessica Alba. Bintang Hollywood ini kini terjun di bidang ecopreneur dengan mendirikan Honest Company, yang beroperasi di penjualan berbagai macam produk yang ramah lingkungan untuk bayi. Sejak mendirikan bisnisnya pada bulan Januari 2012 bersama seorang partnernya, Christopher Gavigan, sampai sekarang bisnisnya masih berjalan dengan lancar. Kalau bertahun-tahun yang lalu banyak yang menganggap bahwa bisnis semacam ini tidak akan profit, maka Honest Company menunjukkan sebaliknya. Bahkan, sekitar bulan Juni, Honest Company mulai bekerjasama dengan Target. Semua produk rumahan dari Honest Company akan diperjualbelikan pada 1916 gerai Target, sekaligus toko online Target.com. Jadi, bagaimana Jessica Alba melakukannya secara berbeda? Temukan selengkapnya di sini.

 

Raja Media Indonesia yang mengawali karirnya di usaha dagang di bidang teknologi

Meskipun namanya berkibar berkat dunia media: SCTV dan Indosiar, Eddy Kusnadi Sariaatmadja justru dimulai dari dunia usaha dagang di bisang teknologi. Setelah menyelesaikan kuliah teknik sipil dari University of New South Wales di Australia pada Tahun 1978 serta S2 juga di bidang teknik pada tahun 1980 dan memiliki kemampuan teknik yang kuat, Kusnadi memulai karir menjadi distributor komputer Compaq di Indonesia dengan bendera PT. Elang Mahkota Teknologi. Inilah cikal bakal Emtek Group. Seiiring berkembangnya teknologi komputer di Indonesia, maka Emtek Group juga berkembang semakin besar. Profil selengkapnya tentang Kusnadi Sariatmadja bisa Anda baca di sini.

Nah Sobat Studentpreneur, apakah saat ini Anda mengawali bisnis Anda di bidang yang sama? Maka mungkin nama Anda berikutnya yang ada di daftar ini. Boleh dong optimis, bagaimana menurut Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Bisnis Sampingan Untuk Karyawan

Fotografer Cantik Ini Membangun Bisnisnya Sejak Kelas 3 SMP

Jutawan Teknologi Sukses Ini Ternyata Mantan Remaja Kuper

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+