Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis teknologi

Nostalgia yuk, Ini Cara Paling Mudah Main Game Era 80-an di Internet


Lelah Bekerja dan Butuh Relaksasi? Yuk Sedikit Nostalgia dan Main Game Era 80-an di Internet!

Generasi 80-an, jika saat ini Anda sedang penat karena urusan bisnis, maka tidak ada salahnya untuk bernostalgia. Anda tentu kenal dengan Atari 2600 dan Sega Genesis kan? Yup, sekarang Anda bisa memainkannya secara gratis di internet!

Desember tahun lalu, Internet Archive mulai menawarkan ribuan game gratis. Mulai dari Atari 2600, Sega Genesis, dan baru-baru ini, mereka membuka kategori baru: Game Arcade.

Arcade adalah salah satu jenis video game yang populer antara tahun 1970 hingga 1990 di mana player harus memasukkan koin untuk mengoperasikan mesin. Meski sekarang mesinnya sudah jarang sekali bisa Anda temukan di pasaran, berbagai judul game yang pernah muncul di mesin ini masih bisa dimainkan di laptop Anda dengan menggunakan emulator bernama JSMAME. Akan tetapi Anda mungkin merasa hal ini terlalu repot. Nah, Internet Archive mencoba mengubahnya. Kini, Anda bisa memainkan lebih dari 900 judul game arcade klasik secara gratis, bahkan tanpa perlu repot install  emulator. Anda bisa memainkannya di browser. Mereka menyarankan Anda untuk menggunakan Mozilla Firefox untuk mendapat hasil yang lebih lancar.

game-klasik

Jenis game Arcade yang bisa dimainkan pun beragam. Meliputi permainan hitam putih dengan suara yang sederhana hingga permainan berskala besar yang mengandung suara terdigitisasi, gambar dan musik.

Proyek ini digagas oleh JSMESS. Mereka ingin membuktikan bahwa dengan Javascript, mereka bisa menjalankan semua permainan, dan kelak mencetak pengalaman dan sejarah komputer, termasuk film, dokumen dan audio. Bisa diprediksi, proyek ini tidak cuma berhenti di sini saja. Mungkin kelak mereka akan meluaskannya hingga browser Anda bisa digunakan untuk memutar film dan lagu.

Sampai saat ini, tidak semua permainan bisa dijalankan dengan sempurna. Anda mungkin akan menemukan sejumlah bug disana-sini seperti suara yang hilang, atau kontrol yang lag di sejumlah permainan. Namun mereka berjanji akan memperbaikinya. Akan tetapi, di luar itu, jika kita melihat bagaimana mereka bisa menjalankan MAME (emulator untuk game arcade) di browser tanpa menggunakan plugin/runtime tambahan saja sudah bisa dibilang sangat mengesankan.

Nah Sobat Studentpreneur, sekarang sudah ada permainan kasual yang bisa Anda mainkan di kala break waktu senggang Anda. Tidak ada yang tahu sampai kapan proyek ini akan berjalan. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba sekarang. Ingat, pebisnis juga butuh relaksasi loh. Bagaimana menurut Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Game Museum]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Kisah Inspiratif Pendiri Air Minum Aqua yang Dulu Diremehkan dan Dihina Banyak Orang

Penasaran Kan Seperti Apa Jokowi Versi Jepang

Pemuda Salatiga Berhasil Bangun Bisnis Ratusan Juta Rupiah

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+