Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Pemerintah Indonesia Menyiapkan Dana 12 Trilliun Untuk Startup Indonesia


Para pelaku startup di Indonesia akan mendapat angin segar karena pemerintah telah menyiapkan anggaran untuk mengembangkan startup.

Ada kabar baik dari Menteri Komunikasi dan Informasi Indonesia, yaitu Rudiantara menjelaskan minggu lalu seperti diberitakan oleh kompas, bahwa pihaknya akan mengumpulkan 1 miliar dolar atau 12 triliun untuk mengembangkan startup di Indonesia. Tentu ini adalah kabar yang sangat baik bagi para entrepreneur yang ada di Indonesia. Menurut Tech In Asia, 95% bisnis di Indonesia adalah startup. Jadi ini adalah kabar baik bagi para pemilik startup atau pebisnis yang ikin membangun startup.

“Saya punya cita-cita untuk mengumpulkan dana 1 miliar dolar untuk mengembangkan startup di Indonesia”

 

Pinjaman dana untuk startup Indonesia

Tentu dana tersebut bukan sepenuhnya dana pemerintah, Rudiantara akan membuat venture capital (VC) yang akan menangani dana tersebut. Dan Rudiantara menjelaskan sistem dari VC tersebut, yaitu pinjaman bukan suntikan dana. Jadi VC akan membawahi para startup yang siap didanai, dan memberikan beberapa bantuan dana.

Ini merupakan angin segar bagi para startup. Pertama karena startup di Indonesia sekarang sering kali di anak tirikan. Jika membandingkan dengan negara tetangga, Singapura atau Malaysia tentu perbandingannya sangat jauh. Bahkan ada yang menyebut, jika membandingkan iklim startup di Malaysia atau Singapura dengan Indonesia, itu seperti membandingkan apple to orange, tidak pas.

profil-rudiantara

Singapura contohnya, adalah salah satu tempat untuk mengembangkan bisnis ternyaman diseluruh dunia. Memang negaranya kecil, dan penduduknya hanya 5 juta. Tetapi support dari pemerintah begitu besar, beberapa startup besar lahir di Singapura. Sama halnya dengan Malaysia, walaupun pemerintah Malaysia tidak segetol Singapura dalam mensupport startup, tetapi pemerintah Malaysia tetap bertindak. Bahkan beberapa pakar mengatakan, Malaysia tetap berada di atas Indonesia untuk soal perkembangan startup.

Statement Rudiantara memang angin segara bagi para pemilik startup di Indonesia. Menurut rencana, Rudiantara telah berbicara kepada para konglomerat yang ada di Indonesia maupun diluar negeri untuk merencanakan VC bikininan pemerintah ini. Dan, menurut rencana lagi, Rudiantara akan segera meluncurkanVC pemerintah pada tahun ini.

 

Bagaimana menurut Anda? Sejauh mana pemerintah akan memberikan dukungannya untuk startup Indonesia kedepan nantinya? Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Ini Caranya Membangun Bisnis Kecil yang Sukses

Meski Hanya Lulusan SMK, Bisnis Anak Muda Ini Harumkan Indonesia di Dunia Internasional

Entrepreneur, Dilahirkan Atau Diciptakan?

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+