Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Perkataan yang Harus Dihindari Oleh Pemimpin


Menjadi seorang pemimpin perusahaan, apalagi ketika masih berusia muda, adalah hal yang sangat sulit. Bahkan dalam berkata-kata pun, kita tidak boleh asal. Setidaknya, ada tiga kalimat yang seharusnya tidak Anda ucapkan apabila ingin menjadi pemimpin yang hebat. Berikut adalah tiga kalimat yang harus dihindari oleh pemimpin bisnis.

 

Joe-Girard-ss

 

Jangan Kejutkan Saya

Kalau tidak ingin terkejut, lebih baik jangan jadi pemimpin. Bisnis adalah sesuatu yang tidak pasti, akan banyak kejutan dan perubahan sekejap yang harus Anda respon dengan cepat pula. Apabila Anda sering mengatakan “jangan kejutkan saya” atau “jangan beri Saya kabar buruk” ke karyawan Anda, bisa dipastikan Anda akan menyesalinya. Karyawan akan telat memberikan kabar dan Anda akan telat merespon. Perusahaan yang tidak bisa melakukan perubahan dengan cepat akan kalah di pasar yang kejam.

 

Kalau Menjadi Hewan, Mau Jadi Hewan Apa?

Pertanyaan ini seringkali ditanyakan dalam wawancara. Anda tidak bisa menilai seseorang dari hewan kesukaannya. Pertanyaan serupa adalah “apa warna kesukaan Anda” atau “apa buku kesukaan Anda”. Dalam kesempatan wawancara yang singkat, Anda benar-benar harus menggunakan untuk bertanya hal-hal mulai teknis sampai kemampuan calon karyawan untuk memecahkan sebuah masalah, bukan bertanya hal-hal psikologi yang kurang relevan. Salah perekrutan akan berakibat fatal untuk perusahaan Anda.

 

Jangan Dianggap Personal

“Don’t take it personally” adalah kata yang sering diucapkan oleh pemimpin ketika memarahi atau memberikan feedback negatif ke karyawan. Kalau karyawan biasa tidak menganggap feedback secara personal, mereka tidak akan punya passion untuk membuat perusahaan lebih maju. Karyawan yang paling baik adalah yang membawa pekerjaan sampai hatinya, membuat dirinya bekerja secara maksimal dan memberikan segalanya untuk perusahaan.

 

Bagaimana pendapat Anda Sobat Studentpreneur?

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter