Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Ragam Usaha Kecil yang Menguntungkan


Terkadang, Anda Perlu Berpikir Lebih Kecil. Inilah Ragam Usaha Kecil yang Menguntungkan, Bisa Anda Jadikan Tempat Belajar Berbisnis.

Anda mungkin berpikir bahwa memulai bisnis itu butuh modal besar. Anda tidak salah. Namun juga tidak sepenuhnya benar. Jika Anda memiliki anggaran yang ketat, Anda tetap bisa kok memulai bisnis sendiri. Terutama dengan mengandalkan bakat dan keahlian yang sudah Anda miliki. Start small. Anda bisa sukses besar meski mengawalinya dengan anggaran yang sangat ketat sekalipun. Selama Anda punya passion. Ada banyak contoh orang-orang yang sukses memulai bisnis dengan modal terbatas, bahkan ketika orang lain mencibir mereka. Jadi, usaha kecil yang menguntungkan seperti apakah yang dapat Anda mulai sekarang juga?

 

Bisnis jasa

Adalah model yang paling populer di kalangan pelaku usaha kecil menengah. Karena, seringkali modal awal yang diperlukan bisa relatif lebih kecil dari model lain. Anda bisa mengontrol penuh pengeluaran Anda, sekaligus menekannya ke titik terendah. Misalnya hanya dengan membeli peralatan seperlunya, bahkan kalau perlu barang bekas agar lebih murah. Jenis usaha di bidang jasa mencakup berbagai layanan seperti bimbingan belajar, day care, konsultan, fotografi, reparasi, dan seterusnya.

kerja-komputer

Usaha kecil dengan komputer dan internet

Menawarkan pilihan yang sangat luas. Dengan komputer Anda yang sudah terhubung dengan internet, ditambah beberapa perlengkapan seperti printer, Anda punya kemungkinan yang tidak terbatas. Anda bisa menjadi seorang desainer, penulis lepas, personal accounting, riset, marketing, dan lain sebagainya. Banyak perusahaan besar yang sudah outsource proyek mereka di pihak ketiga. Seringkali dengan uang besar. Artinya, Anda punya antrian panjang klien besar yang bisa Anda garap. Anda tinggal banyak-banyak membangun portofolio dan menjangkau hubungan profesional dengan perusahaan-perusahaan ini selama perjalanan karir Anda.

 

Manufaktur

Atau merakit produk dapat pula menjadi pilihan yang menguntungkan apabila Anda punya sumber daya berupa bahan-bahan dasar yang diperlukan untuk memulai industri rumahan Anda. Anda bisa membuka manufaktur produk asli buatan Anda, atau menjadi sub-kontraktor manufaktur dari para produsen yang lebih besar. Misalnya mendapat proyek untuk menggarap sebagian dan satu potong mainan anak-anak. Nilai plusnya adalah, Anda tidak perlu memikirkan soal distribusi karena produsen Anda yang akan mendistribusikannya ke dalam satu paket ritel mereka.

 

Distributor

Atau menjual produk buatan para pelaku manufaktur dan produsen bisa jadi sebuah ide usaha kecil yang tidak kalah menguntungkan. Lagipula, kini banyak perusahaan besar yang memperluas kanal pemasaran mereka dengan mempekerjakan penjual independen. Anda bisa jadi salah satunya. Biasanya untuk barang-barang seperti produk perawatan kecantikan, kerajinan, fashion, dekorasi rumah, dan lain sebagainya. Anda hanya perlu banyak channel dan kepandaian menjual. Sambil mengumpulkan channel, apabila kelak Anda ingin memonopoli distribusi Anda dengan produk buatan sendiri pun bisa. Dengan mengawali sebagai distributor, Anda juga bisa memulai produksi Anda sendiri ketika kelak Anda sudah punya modal yang cukup untuk bersaing di industri manufaktur.

Nah Sobat Studentpreneur, dalam banyak kasus, keahlian Anda bisa jadi jauh lebih berharga daripada modal berupa uang. Jadi, apakah usaha kecil yang menguntungkan itu tidak masuk akal? Tidak juga. Bagimana menurut Anda? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: John]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Kaya Raya Berkat Hello Kitty

Bangun Bisnis Dari SMP, Kini Fotografer Cantik Ini Tuai Hasilnya

Tips Merencanakan Keuangan Pribadi Untuk Wanita

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+