Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Studentpreneur Indonesia

Rahasia Pengusaha Muda Sukses di Indonesia


Kalau mendapatkan pekerjaan itu sulit, mengapa tidak mencoba untuk menjadi pengusaha?

Seperti yang kita ketahui, jumlah penduduk di Indonesia semakin bertambah dari tahun ke tahun. Namun sayangnya, hal ini tidak diimbangi dengan jumlah lapangan pekerjaan yang ada. Akibatnya, persiangan untuk mendapatkan pekerjaan pun semakin tetap. Baik bagi mereka yang sudah berpengalaman maupun fresh graduate, harus sama-sama berjuang untuk memperebutkan posisi lowongan yang ada.

Fenomena ini membuat generasi muda kita berpikir lebih kreatif. Pola pemikiran yang ada harus diubah dari ingin mendapatkan pekerjaan menjadi bagaimana agar bisa menciptakan lapangan kerja itu sendiri. Tak heran, banyak para pengusaha muda yang bermunculan di Indonesia. Tak sedikit dari mereka yang berhasil melangkah ke puncak tangga kesuksesan lho, Sobat Studentpreneur. Sepak terjang mereka untuk dapat berada di posisi tersebut kerap kali membuat kita tergugah untuk mencobanya sendiri. Apakah Kamu salah satunya?

Menjadi seorang pengusaha muda sukses memang susah-susah gampang lho, Sobat Studentpreneur! Kalau Kamu ingin mencobanya, harus tahu apa saja rahasia mereka hingga bisa sukses seperti itu. Berikut ini adalah beberapa rahasia para pengusaha muda sukses di Indonesia yang bisa Kamu jadikan inspirasi.

Photo credit: Gerd Altmann (pexels.com)

Kebiasaan Sehari-hari Mempengaruhi

Ternyata, rahasia menjadi seorang pengusaha muda yang sukses berawal dari kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari lho, Sobat Studentpreneur! Contoh simpelnya, adalah kebiasaan untuk disiplin masalah waktu. Mungkin dulu Kamu pernah memandang sebelah mata kebiasaan yang satu ini. Jangan salah! Kedisiplinan bisa memberikan pengaruh besar pada usaha yang kamu jalankan. Dengan disiplin, Kamu akan lebih menghargai waktu dan ingat kan kata pepatah, “Waktu adalah Uang”! Apa lagi bagi seorang pengusaha.

Bayangkan jika Kamu suka menunda pekerjaan, berapa banyak pekerjaan yang akan terbengkalai sehingga tidak bisa selesai tepat waktu? Tak hanya itu, kedisiplinan terhadap waktu juga menunjukkan sejauh mana profesionalitas kamu di mata konsumen atau klien Kamu.

 

Ingat, Semua Butuh yang Namanya Proses

Nah, ini juga harus ditanamkan dalam-dalam dalam benak Kamu. Para pengusaha muda sukses yang telah berhasil adalah mereka yang menghargai namanya proses. Perlu Kamu ketahui, mengembangkan startup itu tidak bisa dilakukan secara instan, lho! Semua harus dimulai dari nol. Pahami hal ini. Tak perlu tergesa-gesa dan memaksakan diri namun tetap berusaha semaksimal mungkin hingga batas kemampuan. Kalau Kamu tergesa-gesa dan ternyata hasilnya kurang sesuai, tak menutup kemungkinan hal ini akan melemahkan mental Kamu sendiri dan enggan bangkit lagi untuk memulainya kembali.

 

Harus Tahan Banting, ya!

Menjadi seorang pengusaha muda sukses juga harus tahan banting. Yang namanya usaha, pasti pernah mengalami masalah. Nah, berkembang atau tidaknya startup yang Kamu kelola bergantung pada bagaimana kamu menyikapi semua itu. Kalau Kamu mudah menyerah setiap kali masalah datang melanda, maka jangan bermimpi untuk bisa sukses.

Sesulit apa pun situasinya, hadapi dengan kepala dingin agar bisa menemukan pemecahan masalah yang tepat. Ingat ya Sobat Studentpreneur, banyak pengusaha muda sukses di Indonesia yang juga  pernah gulung tikar sebelum mereka berhasil sukses hingga seperti sekarang ini.

 

Yakin Kamu Sudah Punya Jaringan Bisnis yang Oke?

Photo credit: Geralt (pixabay.com)

Networking atau jaringan bisnis diperlukan untuk mengenalkan produk dan jasa yang Studentprenuer jual. Semakin luas lahan marketing kamu maka semakin tinggi peluang penjualan yang akan kamu dapatkan. Perluasan jaringan ini bisa Kamu lakukan sambil jalan, jadi tak perlu khawatir kalau jaringan Kamu masih sedikit. Untuk bisa berhasil, kamu harus memiliki kemampuan marketing yang oke dan mampu menarik minat konsumen atau klien untuk memakai produk dan jasa yang Kamu jual. Asah skill untuk bisa menyukseskan proses company branding maupun personal branding yang kamu lakukan.

 

Jangan Sampai Ketinggalan Informasi

Di zaman seperti sekarang ini, informasi dapat dengan mudah didapat. Gali sebanyak mungkin informasi terbaru mengenai perusahaan, bisnis yang berkaitan, perilaku konsumen, serta kondisi para pesaing Kamu, baik melalui internet atau jaringan informasi lainnya. Informasi ini memainkan peranan yang cukup penting untuk pengembangan usaha yang Kamu lakukan.

Dengan informasi ini, Sobat Studentpreneur bisa tahu apa yang musti dibenahi dari layanan atau kualitas produk yang kamu jual. Jangan sampai hanya karena ketinggalan informasi, membuat Kamu tertinggal selangkah di belakang dari para pesaing lainnya. Jadilah seorang pengusaha profesional dengan meng-update dirimu dengan informasi terkini!

Ingat ya Sobat Studentpreneur, menjadi seorang pengusaha muda sukses di Indonesia tidak seperti menjadi karyawan tetap di perusahaan tertentu karena harus memikul risiko yang lebih besar. Mungkin dengan menjadi karyawan tetap Kamu bisa santai tanpa memikirkan klien ataupun bagaimana perusahaan dapat survive. Dengan menjadi pengusaha mandiri, Kamu-lah pemegang kendali ke mana usaha tersebut akan dibawa. Jadi, sudah siap menjadi pengusaha muda sukses di Indonesia?

 

Yuk follow facebook Studentpreneur dan ikutan kelas online-nya buat belajar bisnis lebih lanjut.

 

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

Peluang Big Data di Masa Depan

Dunia Investasi Startup di Tahun 2017

Cara Mencari Investor untuk Startup Baru

 

Zodiak Yanuarita

Zozo pernah bekerja di berbagai startup Jepang sebelum akhirnya kini membantu startup lokal Indonesia.

Facebook