Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Expert Tips

Tolong Katakan Bahwa Saya Payah


Kalau Anda Hanya Mencari Pujian, Anda Tidak Akan Pernah Maju

*Catatan Editor: Tiap hari Sabtu dan Minggu, Studentpreneur akan menerbitkan artikel bersifat tips dan opini milik ahli-ahli luar negeri yang disegani. Para ahli mengirimkan naskah dalam bahasa inggris, dan kami terjemahkan untuk Anda. Kali ini penulis adalah Sean Smith, Direktur Marketing Simple Tiger, sebuah agency marketing dan startup di Atalanta, Amerika Serikat.* 

Kalau tidak, Saya tidak akan bertumbuh

Saya berkembang karena umpan balik negatif.

Lapisan manis tidak pernah membantu siapa pun, hanya memperpanjang yang tak dapat dihindari.

pebisnis-dihina

Satu-satunya jalan untuk berubah adalah melalui kebenaran – obyektif, sulit untuk menangani umpan balik.

Saya diberkati bahwa kedua orang tua saya sangat berempati, mereka membuat saya tetap rendah hati, dan masih membantu saya untuk hari ini. Tapi mereka tidak takut langsung memberikannya kepada saya.

Satu hal yang diajarkan oleh empati mereka adalah bagaimana obyektif memahami informasi yang saya konsumsi, dan mengambil itu untuk umpan balik.

“Tidak ada kegagalan, hanya umpan balik

Jika saya main-main dan saya terluka, saya mengerti bahwa saya tidak boleh marah karena saya terluka, saya seharusnya lebih berhati-hati saat main-main. Jika saya melewatkan tembakan kemenangan di permainan basket, saya tidak akan marah seolah-olah saya berhak untuk menang, saya akan merenungkan apa yang saya salah lakukan dan melakukan sendiri ketika aku punya kesempatan di waktu berikutnya.

Ini membuat saya menjadi hyper-critic pada diri sendiri, tetapi itu telah membantu saya menjadi lebih berwirausaha daripada sifat lain yang saya miliki.

Ada keindahan tentang umpan balik yang objektif. Kadang-kadang menyakitkan, tapi itu obyektif, dan bermakna sesuatu. Jika Anda dapat mengambil umpan balik negatif, bahkan ketika Anda ingin membalas secara emosional, ini akan membutuhkan ribuan tahun untuk apa yang dapat Anda capai.

Jika Gordon Ramsey (Catatan Editor: Gordon Ramsey adalah Chef terkenal yang dijuluki “Chef Dari Neraka” karena kejahatannya dalam menghina masakan orang lain) datang ke restoran Anda hari ini dan menyambar makanan dari lemari es Anda, menghancurkan ubin dan membuka cetakan, melemparkannya di wajah Anda dan memanggil Anda “babi Perancis” Apakah Anda ingin meninju wajahnya?

Tentu, saya mungkin juga. Tapi maukan Anda dengar? Anda benar-benar lebih baik.

Ketika Anda diberi umpan balik yang menimbulkan trauma, itu menyengat. Anda secara naluriah ingin menolak, karena kita terikat untuk mengambil jalan perlawanan. Jika Anda bisa mendapatkan suatu pegangan dari itu, tidak menolak, justru menganalisis, berpikir, bermeditasi, kemudian berencana untuk membuatnya lebih baik, itulah inovasi.

Tentu, Steve Jobs marah ketika semua orang angkat tangan terhadap antena di iPhone 4 yang tidak bekerja ketika Anda mencoba membuat panggilan. Dia bahkan mencoba untuk memainkannya seperti tidak ada masalah, “Tidak, kau melakukannya dengan salah” kemudian memberikan kasus-kasus gratis untuk membantu masalah yang tampaknya tidak ada.

Kau tahu apa yang akhirnya ia lakukan? Dia memperbaikinya.

Pertama dia kesal, kemudian ia mencoba menemukan solusi yang mudah, lalu ia memikirkan hal itu lebih sulit, lalu ia akhirnya mengambil umpan balik negatif yang luar biasa mengeluarkan model yang lebih baik. Semua orang menyebutnya inovasi, tetapi pada akhirnya, dia mengatasi egonya sendiri, mengambil umpan balik tepat di wajahnya, dan membuat perubahan.

Anda harus mencari umpan balik negatif. Ketika Anda menemukannya, Anda harus menerimanya, dan bereaksi terhadap hal itu, atau Anda hanya menjadi idiot.

Elon Musk berkata ketika ia berbicara dengan teman-teman atau pelanggan mengenai produk di Tesla Motors, ia mencari umpan balik negatif.

Ini adalah ritual baginya.

Jangan katakan apa yang Anda sukai, katakan apa yang Anda tidak suka dari hal itu.”

Jadi teman-temannya memberinya kebenaran.

“Pegangannya agak aneh”, atau “saklarnya agak mati.”

Dia mendengarkan umpan balik dan membuat upaya besar untuk membuatnya benar. Itulah salah satu alasan dia begitu sukses.

Ketika baterai Model S sedang dikritik di media seolah-olah mereka penuh kematian dan kehancuran, Elon langsung meminta insinyurnya untuk menambahkan lambung titanium untuk Model S untuk memastikan tidak ada lagi baterai yang bocor dan terbakar.

Intinya adalah mencari umpan balik negatif, berempati dengan umpan balik, jujur ​​dengan diri sendiri, kemudian membuat perubahan.

Jadi, katakan pada saya bahwa saya payah.

Tapi lebih dari itu, tolong katakan padaku mengapa saya payah.

Jika tidak, saya tidak akan tumbuh.
Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Emran]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Seri Orang Terkaya di Jepang 1: Kontroversi Eitaro Itoyama Dengan Yakuza.

Mahasiswi 20 Tahun Raup Puluhan Juta Rupiah per Bulan Dari Bisnis Fashion Online.

Jessica Jung sang Pebisnis Tercantik di Dunia.

Sean Smith

Sean Smith adalah Direktur Marketing dari Simple Tiger, sebuah agency marketing dan startup di Atalanta, Amerika.

Twitter