Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Tips

Sarah Haselkorn – Ini Cara Saya


Ketika pertama kali mendirikan Green Bean, jaringan restoran sehat di Amerika, Sarah Haselkorn masih berkuliah di tahun keduanya. Karena ingin mendirikan bisnis di usia muda, Sarah mengalami hal yang sama dengan banyak pebisnis muda, diremehkan karena masih muda. Sarah yang juga merupakan finalis Global Student Entrepreneur Award ini memberikan tipsnya untuk mengatasi dilemma yang dialami semua pebisnis muda.

 

FR-Sarah-Student-Business-Green-Bean

 

Dianggap Serius

Jangankan orang asing, bahkan orang tua saja sering meremehkan kita kalau masih muda sudah ingin memiliki bisnis. Sebagai pebisnis muda, kita harus membuktikan banyak hal. Karena kurang pengalaman, biasanya kita melakukan banyak kesalahan. Belajarlah dari kesalahan tersebut dan jadilah dewasa. Apabila ditanyai pelanggan tentang “loh, Anda kan masih muda, apa benar bisa?”, Anda tinggal jawab “kenapa tidak? Saya mempunyai kemampuan yang cukup”. Tips ini sederhana, namun pebisnis muda sering minder apabila ditanyai soal usianya. Tekankan pada kemampuan Anda, bukan usia Anda.

 

Mengamankan Dana Usaha

Meskipun ada beberapa pengecualian, seperti Brian Wong dari Kiip dan Nick D’Aloisio dari Summly, biasanya ketika berusia muda, Anda tidak akan mendapatkan akses ke investor besar. Cara terbaik adalah memulai bisnis dengan modal yang sangat kecil, bisa dikumpulkan dari uang saku Anda, atau dari system pre-order. Apabila bisnis Anda memang membutuhkan modal, cara berikutnya adalah berusaha meyakinkan keluarga dan teman untuk berinvestasi pada bisnis Anda. Kalau tidak ingin berinvestasi, meminjam uang dari keluarga dan teman juga bisa, tentunya lebih mudah daripada meminjam dari bank.

 

Koneksi Adalah Segalanya

Menjadi pebisnis artinya semakin banyak bergaul dengan orang lain. Mulailah dengan teman-teman terdekat Anda, lihatlah apakah mereka bisa menjadi pelanggan awal atau setidaknya mengenalkan produk dan bisnis Anda pada teman mereka yang bisa menjadi pelanggan awal. Mempunyai teman yang mendukung bisnis kita akan membuat kehidupan menjadi lebih mudah. Jangan lupa memisahkan antara kehidupan pribadi dan bisnis, jangan sampai pertemanan berakhir gara-gara bisnis.

 

Menjadi seorang entrepreneur di usia muda memang tidak mudah. Sobat Studentpreneur ada yang ingin berbagi tips untuk mengatasi masalah yang biasanya dialami entrepreneur muda?

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter