Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

10 Alasan Kenapa Bisnis Anda Butuh Blog


Seringkali kami menjumpai sejumlah pemilik bisnis yang belum memahami bagaimana blog sangat penting untuk kelangsungan hidup bisnis mereka, apalagi online. Sama halnya dengan 10 tahun lalu dimana pebisnis mendebatkan manfaat website. Padahal, memiliki blog bukanlah pilihan, melainkan kebutuhan. Berikut adalah 10 alasan kenapa bisnis Anda butuh blog.

 

1. Blog mengundang trafik hampir secara instan.

Jika Anda ingin menarik sales, maka pertama-tama, Anda butuh trafik yang tinggi. Sumber trafik online terbesar adalah melalui hasil pencarian Google, dan Google sangat cinta sekali dengan konten. Website perusahaan membatasi konten hanya beberapa halaman saja dan tidak bisa sering update. Blog adalah solusi sempurna untuk masalah ini. Anda bisa posting sebanyak-banyaknya tangan Anda. Posting Anda akan lebih cepat terindeks di hasil pencarian. Dengan strategi SEO yang tepat, yakni berfokus pada kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda, maka  tidak perlu diragukan lagi bahwa blog akan menjadi magnet trafik terbaik Anda.

blog

2. Blog membantu Anda membangun komunitas.

Blog adalah cara terbaik untuk membangun komunitas yang berisi orang-orang yang memiliki ketertarikan dengan bisnis Anda. Dengan blog, Anda dapat bertukar pandangan dan terlibat dalam diskusi secara langsung dengan pembaca Anda. Hal ini tidak cuma meningkatkan penetrasi Anda terhadap pasar, tetapi juga membantu Anda dalam pemasaran word-of-mouth yang efektif.

 

3. Blog adalah sentral kegiatan pemasaran.

Internet marketing lebih dari sekedar SEO dan halaman pencarian Google. Pemasaran online yang sukses memerlukan strategi konten yang komprehensif dan mencakup semua basis, seperti sosial media, dan video sharing. Strategi pemasaran konten yang modern, kini berputar di sekitar Blog yang rutin diperbaharui dengan konten-konten yang menarik. Sebuah video dapat dipasang di sebuah posting blog, dan kemudian dipasarkan melalui sosial media. Trafik dan engagement dapat lebih terukur.

 

4. Blog membangun citra Anda sebagai pakar industri.

Cara terbaik untuk meninggalkan pesaing Anda adalah membangun citra Anda sebagai orang yang pendapatnya paling dicari untuk setiap masalah yang terjadi di industri Anda. Blog dapat membantu Anda menciptakan citra ini dengan sangat mudah. Anda dapat memulainya dengan menulis posting yang relevan dengan ekspertisi Anda, membantu orang menyelesaikan masalah mereka, menawarkan ide-ide baru, dan memberikan solusi.

 

5. Blog memperkuat citra merek Anda

Selain citra pribadi Anda, Blog juga dapat menjadi tempat yang ideal untuk membangkitkan  konsistensi, kredibilitas, rasa asosiasi, dan komunitas yang loyal terhadap merek Anda. Tulisan yang memiliki manfaat yang tinggi akan membangkitkan kredibilitas merek Anda di mata pembaca. Selain itu, blog mampu membuat Anda terhubung dengan konsumen di setiap kesempatan.

 

6. Blog melibatkan pelanggan.

Komentar di akhir setiap posting blog memberikan Anda cara yang sangat efektif untuk menarik umpan balik pelanggan. Di sini, Anda dapat mengukur tingkat keterlibatan pelanggan ssekaligus mengumpulkan pendapat pelanggan Anda untuk mengetahui bagaimana pelanggan Anda melihat merek Anda.

 

7. Blog memicu inovasi.

Umpan balik pelanggan yang Anda kumpulkan melalui blog juga dapat menjadi pemicu inovasi. Anda dapat menggunakannya untuk memahami masalah pelanggan dan memberikan solusi kepada mereka. Anda dapat mendiskusikan ide-ide dan meminta bantuan mereka. Melalui blog, Anda mendapatkan kesempatan untuk berpikir dari perspektif pelanggan.

 

8. Blog mendukung kegiatan Public Relations Anda.

Konsep blogging didasarkan pada fleksibilitas dan kustomisasi. Itulah mengapa Anda tidak hanya dapat menggunakan platform ini untuk peningkatan penjualan, tetapi juga sebagai sumber PR yang paling efektif. Blog dapat Anda gunakan untuk mempromosikan kegiatan CSR Anda dan membiarkan pelanggan Anda tahu bahwa merek Anda juga memiliki kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat di lingkungan sekitarnya.

 

9. Blog dapat membantu Anda membangun daftar berlangganan.

41% orang rela mendaftar pada daftar berlangganan demi mendapat pemberitahuan mengenai tulisan terbaru pada blog yang mereka anggap menarik. Maka, Anda akan membutuhkan sebuah blog yang aktif untuk membangun milis Anda.

 

10. Blog merupakan alat lead generation terbaik.

Setelah meraih kepercayaan pengunjung, Anda akan jauh lebih mudah untuk mengkonversi mereka menjadi pelanggan. Inilah sebabnya mengapa beberapa organisasi besar menggunakan blog sebagai sumber lead generation utama mereka.

 

Jadi Sobat Studentpreneur, bisnis Anda sudah punya blog? Ikuti juga facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan berita-berita Studentpreneur hangout. [Photo Credit: Maria]

 

Baca Juga:

Anak Muda Terkaya di Amerika Hidup Sederhana

Pemuda Ini Dapatkan Milliaran Rupiah Dari Membuat Orang Tertawa

Dari Hobi Jadi Bisnis Beromzet Besar

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+