Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Alat Untuk Membantu Anda Tidur Nyenyak Sedang Menggalang Dukungan di Kickstarter


Seorang anak yang tidak pernah pergi ke perguruan tinggi ingin mengubah cara tidur kita semua. James Proud, seorang mantan penerima beasiswa Thiel Fellowship 2011 mengumumkan inovasi terbarunya di Kickstarter. Yaitu sebuah alat yang melacak kondisi kamar tidur Anda untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak. Sejak pertama kali dipublikasikan, perangkat tidur yang diberinya nama Sense ini, telah berhasil memukul gol pendanaan senilai $100 ribu, dan menggalang lebih dari $500 ribu. Dilihat dari keberhasilan kampanye Kickstarter miliknya, tampaknya ada banyak orang yang menginginkan kualitas tidur yang lebih baik.

“Mari kita bicara tentang sesuatu yang setiap orang lakukan, tetapi kebanyakan dari kita tidak melakukan dengan baik: tidur,” kata Proud melalui video di halaman Kickstarter miliknya. “Kita menghabiskan sepertiga hidup kita melakukannya, hari-hari kita bergantung padanya, tapi kita masih saja mengabaikannya.”

Sistem Sense memiliki tiga komponen: Sebuah struktur berbentuk globe yang bisa didudukkan di meja, pin kecil yang bisa Anda tempel ke bantal Anda, dan sebuah apps yang berjalan pada smartphone Anda. Sistem akan memantau temperatur, suara, pergerakan Anda di kamar tidur ketika Anda berada di ritme tidur terdalam Anda. “Alarm pintar” hanya akan membangunkan Anda ketika ritme tidur Anda berada di kondisi yang ideal untuk dibangunkan.

“Ketika Anda tidur, tidak ada yang akan memperhatikan tentang ruangan yang paling penting dari kehidupan kita dan bagaimana ia berdampak pada kita: Kamar tidur, “kata Proud.

sense

Ini bukanlah kampanye pertama Proud sejak lulus dari program Thiel Fellowship. Ia pernah menjual platform berbagi musik GigLocator dan mengembangkan prototipe Sense yang disebut Hello. Pada bulan Januari, Hello berhasil menarik pendanaan sejumlah $10,5 juta dari investor yang dirahasiakan.

Meskipun pendanaan $500 ribu (dan terus bertambah) yang digalang Proud dari Kickstarter memang sangat mengesankan, dan tampak sepele jika dibandingkan dengan pendanaan $10,5 juta, namun Proud mendapat hal yang lebih berharga daripada uang, yakni umpan balik pasar. Kampanye Kickstarter merupakan validasi bahwa produk Proud akan sukses ketika nanti pertama kali memukul pasar. Ini adalah informasi yang tak ternilai harganya.

Dan Proud membuktikan pada kita, bahwa Kickstarter lebih dari sekedar platform untuk mengumpulkan pendanaan. Dia juga bisa berperan sebagai alat ukur validasi pasar. Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Anak Muda Indonesia Ini Menolak Tawaran Perusahaan Design Raksasa Amerika Demi Mengejar Mimpi di Indonesia

Ingin Bisnis Anda Populer? Belajar Dari Kesuksesan Serial Spongebob Squarepants

The Newbies 1 – Anak SMA Ini Raup Puluhan Juta Rupiah Dari Berjualan Sepatu

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+