Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

10 Berita Terbaru tentang Social Media yang Anda Cintai


Sosial media adalah dunia baru Anda, secara personal maupun bisnis. Untuk itu, Anda perlu tahu perkembangan apa saja yang terjadi dalam social media yang Anda cintai. Maka, berikut kami sajikan rangkuman 10 berita terbaru tentang perkembangan social media hingga hari ini.

 

Politik di Indonesia sudah sadar Twitter

Menurut Twitter, Indonesia memiliki hampir 20 juta pengguna aktif, dan Jakarta adalah kota teraktif nomor satu dalam hal jumlah tweet yang dihasilkan (2,4% dari semua tweet berasal dari Jakarta). Jika menyangkut soal pemilu presiden pada 9 Juli besok, tercatat sudah ada 42.100.000 tweet yang berkaitan dengan pemilu, naik 36 persen dibandingkan tahun lalu. Joko Widodo memiliki lebih dari 1,5 juta follower dan Prabowo Subianto memiliki lebih dari 800 ribu follower (data ini terus bertumbuh). sebagian besar pengguna Twitter di Indonesia adalah pemilih pemula berusia antara 16 dan 20. Sepertiga dari 187 juta suara yang berhak memilih pada pemilu tahun ini ada di Twitter. Maka akan sangat menarik sekali untuk menyaksikan bagaimana Twitter memainkan peran dalam membentuk lanskap politik di Indonesia.

 

Line menghapus 20 aplikasi game agar lebih fokus

Dengan 400 juta pengguna terdaftar, Line adalah salah satu aplikasi messaging terbesar di pasar. Kabarnya, aplikasi ini telah berencana untuk menghapus sepertiga aplikasi game (20) dari platform mereka. Langkah ini diambil demi memfokuskan sumber daya mereka pada aplikasi yang benar-benar dipedulikan oleh user. Line berusaha mendorong layanan mereka menjadi sebuah platform gaming global. Pendapatan dari gaming mereka dilaporkan mencapai $ 143 juta untuk kuartal tahun pertama 2014, melalui 300 juta download di seluruh dunia. Artinya lebih dari 60 persen total pendapatan Line datangnya dari game. Maka, sudah wajar jika mereka ingin menghentikan aplikasi yang kehilangan pamor. Meski demikian, Line telah menjanjikan pengembalian dana untuk pengguna yang telah membeli game-game yang nantinya akan dihentikan.

social-media

Respon Facebook atas tudingan monetisasi organic reach mereka

Facebook telah merilis sebuah pernyataan yang menjelaskan tentang penurunan jangkauan organik fans page, yang mana di dalamnya mereka menawarkan dua alasan utama: volume konten yang terlampau besar pada jaringan (seorang pengguna berpotensi menampilkan hingga 1.500 cerita per login) dan upaya untuk meningkatkan relevansi News Feed. Mereka menyanggah bahwa upaya ini bukanlah untuk memonetisasi iklan berbayar dan bahwa jumlah fans masih memiliki fungsi, yakni konteks sosial (di News Feed, Anda bisa melihat bahwa teman Anda menyukai sebuah halaman). Mereka melaporkan bahwa cara ini mampu mendorong 50% recall dan 35% sales yang lebih tinggi.

 

Rupanya, Search Ads tidak memiliki efek yang dapat diukur

Penelitian yang dilakukan oleh eBay, bekerjasama dengan Berkeley dan Universitas Chicago, menyimpulkan bahwa search ads sama sekali tidak memiliki ‘manfaat terukur’. Pelanggan eBay tidak terpengaruh oleh iklan berbayar. Hal ini mengarahkan kita ke pertanyaan tentang masa depan medium ini.

 

Facebook meluncurkan desain fanspage terbaru

Facebook telah meluncurkan desain fanspage baru di seluruh dunia, yang meningkatkan kesamaan antara fanspage dan profil pribadi. Ketika login, Admin bisa menemukan sebuah permintaan untuk ‘take a tour’, kemudian dapat memilih apakah mereka mau beralih atau tidak. Perubahan akan terjadi secara otomatis dalam dua minggu setelah tur diambil.

 

Instagram menambahkan fitur editing foto terbaru

Instagram telah menambahkan sepuluh fitur baru, bertujuan untuk meningkatkan cakupan untuk in-app photo-editing. Pilihan baru termasuk ‘Adjust, Brightness, Contrast, Warmth, Saturation, Highlights, Shadows, Vignette dan Sharpen’.

 

Microsoft akan menambahkan aplikasi baru ke dalam Xbox

Microsoft telah mengumumkan bahwa 45 aplikasi baru akan ditambahkan ke Xbox One dan Xbox 360 sebelum akhir tahun. Aplikasi ini termasuk Vine dan Twitter sehingga pengguna memiliki pilihan untuk melihat tweet tentang konten TV yang sedang mereka tonton.

 

Foursquare membawa ads ke Swarm

Foursquare sedang mengintegrasikan iklan ke dalam aplikasi baru mereka, Swarm. Iklan ini akan disajikan kepada pengguna setelah mereka check-in. Sejauh ini, iklan ini masih digunakan oleh sejumput merek, termasuk Pepsi, P & G, Hennessy, Volvo dan shell.

 

Bashar Al-Assad berpromosi di Facebook Posts

Promoted posts dari presiden Suriah, Bashar Al-Assad, terlihat di Facebook pekan lalu. Sejumlah orang mengajukan keberatan, termasuk The Syria Campaign, yang telah menuntut agar Facebook menyumbangkan setiap sen uang yang diterimanya dari promoted post itu demi anak-anak di Suriah.

 

CIA go social

CIA membuka akun di Facebook dan Twitter. Tampaknya, mereka akan mengambil pendekatan humor, membuat heboh di Twitter hingga berhasil mengumpulkan hampir 600.000 follower sejak pertama kali dibuka.

Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur.

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Anak Muda Dibalik Kesuksesan Facebook dan Barrack Obama

Mereka Tidak Beruntung, Namun Lebih Sukses Dari Anda

6 Anak Muda Ajaib di Dunia Bisnis

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+