Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Tips Akunting Sederhana Untuk Pebisnis Pemula


Akunting adalah salah satu kelemahan utama pebisnis pemula apalagi bila background pendidikan mereka bukan ekonomi. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa akunting sangat diperlukan, betapa kecilpun bisnis Anda. Akunting yang asal-asalan akan mempersulit bisnis untuk berkembang. Tim Studentpreneur telah merangkum beberapa tips akunting sederhana untuk Anda yang masih pemula.

 

akuntansi-sederhana

 

Sederhanakan Akuntansinya

Apabila ukuran bisnis Anda masih kecil, lebih baik Anda melakukan segalanya sendiri. Tidak perlu mengikuti semua prinsip akuntansi yang luar biasa rumit, kecuali kalau Anda memang punya background ekonomi. Kalau tidak, lebih baik catat cashflow, uang keluar masuk, dan P&L Statement atau lebih sederhananya perhitungan untung rugi. Akuntansi sederhana sudah bisa menyelamatkan Anda apabila bisnis Anda memang masih kecil. Jangan buang waktu untuk akuntansi yang terlalu rumit, sesuaikan dengan ukuran bisnis Anda.

 

Rencanakan Pengeluaran Besar

Anda mempunyai rencana untuk membeli mesin atau komputer baru? Rencanakan pembelian dan pengeluaran besar sejak jauh-jauh dari. Dedikasikan beberapa persen dari keuntungan untuk keperluan ini. Apabila Anda tidak merencanakan pengeluaran besar melalui budgeting yang baik, keseimbangan keuangan bisa terganggu. Dengan cara ini, keluar masuknya uang juga bisa jadi lebih teratur.

 

Hitung Keberhasilan Anda

Melalui akuntansi, sebenarnya Anda bisa melihat apakah bisnis Anda berhasil atau tidak. Jangan tertipu dengan jumlah pemasukan, namun lihatlah keuntungan yang ada serta kondisi cash flow saat itu. Anda juga bisa melihat apakah strategi marketing tertentu bisa menghasilkan atau merugikan, dilihat dari uang yang dikeluarkan dan uang yang didapatkan dari strategi tersebut. Dengan menghitung keberhasilan Anda, maka Anda bisa mengulang strategi yang membuat Anda untung, dan menghindari yang membuat Anda rugi.

 

Buat Semuanya Online

Menyimpan berbagai bon serta melakukan pencatatan secara manual sangatlah merepotkan. Ada tips sederhana untuk mengatasi ini. Lakukan pembukuan Anda secara online, termasuk dalam penyimpanan bon. Apabila ada bon, foto bon tersebut dan masukkan ke database online Anda. Tim kami merekomendasikan QuickBooks untuk pembukuan dan DropBox untuk penyimpanan bon. Dengan begini, Anda tidak kawatir ada bon yang hilang ataupun buku akuntansi yang hilang.

 

Sudah Punya Uang? Biarkan Professional Mengerjakannya

Ketika bisnis Anda tumbuh baik, sudah tidak seharusnya lagi Anda mengerjakan pembukuan sendiri. Ada baiknya Anda menyerahkannya ke professional. Apabila proses akuntansi masih belum harian dan sebenarnya masih belum terlalu banyak, Anda bisa menyewa akuntan harian untuk membuat laporan akuntansi seminggu sekali. Apabila proses akuntansi sudah banyak, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengangkat staff khusus di bagian tersebut.

 

Apakah Anda mempunyai tips akuntansi lainnya Sobat Studentpreneur?

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter