Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

10 Ide Usaha Jasa Modal Kecil yang Wajib Kamu Coba


 Membuat usaha itu tidak selalu membutuhkan modal milyaran rupiah.

Hari-hari ini, banyak orang mempertimbangkan untuk memulai bisnis yang bisa dikerjakan dari rumah tanpa modal yang terlalu besar. Faktornya beraneka ragam. Ada yang dikarenakan oleh mimpi untuk memiliki dua atau tiga karir selama masa hidup mereka mereka, ada yang sudah lelah menjadi angkatan kerja tradisional (dari jam 9 pagi ke 5 sore), atau ada juga yang sudah berada di ambang pensiun dan harus memikirkan apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Kabar baiknya, usaha jasa yang bisa dikerjakan dari rumah ternyata tersedia banyak bagi siapa saja yang ingin mengambil risiko dan bekerja keras. Kalau kamu masih belum memutuskan ingin memulai usaha jasa apa, berikut sepuluh ide usaha yang bisa kamu kerjakan hanya dengan sedikit modal:

 

  1. Reviewer Produk di Blogger

Photo credit: StockSnap (pixabay.com)

Jika kamu senang menulis, cobalah untuk membuat sebuah blog dan jadikan media tersebut sebuah usaha jasa yang menguntungkan. Tulislah artikel yang menarik sehingga blog kamu ramai dikunjungi. Semakin padat lalu lintas pada blog-mu, maka semakin banyak juga uang yang bisa kamu hasilkan dari iklan atau marketing afiliasi, salah satu model marketing yang mempromosikan produk atau layanan orang lain dan mendapatkan komisi berdasarkan penjualan.

 

Sebagai contoh, jika kamu menyukai teknologi dan gadget, kamu bisa mulai menulis artiket ulasan mengenai barang-barang elektronik yang sedang in. Atau jika kamu menyukai kesehatan dan kebugaran, kamu bisa menceritakan peralatan olahraga mana yang setiap rumah harus miliki dan apa saja suplemen kesehatan yang sebaiknya kita konsumsi setiap harinya.

 

Menjadi seorang blogger kaya hanya membutuhkan modal yang benar-benar murah, kamu hanya perlu mengeluarkan dana untuk mendaftarkan nama domain, desain website, dan hosting web. Jika kamu baru akan memulai menulis blog, kamu tidak perlu keluar dari pekerjaanmu sebelumnya. Menjadikan sebuah web menjadi menarik untuk dikunjungi pasti memerlukan banyak proses, tahapan, dan memakan waktu yang cukup lama.

 

  1. Penulis resume

Tidak banyak orang bisa menyusun resume yang ringkas dan efektif. Padahal, tim HRD hanya membutuhkan waktu selama 30 detik untuk melihat resume seseorang. Oleh sebab itu, kesenjangan ini bisa di peluang usaha jasa yang patut kamu coba.

 

Kamu tidak memerlukan latar belakang khusus atau gelar yang tinggi untuk menjadi penulis resume (walaupun ilmu jurnalisme atau editing akan sangat membantu). Seorang penulis resume harus melihat pribadi seseorang dari sudut pandang yang kreatif, melihat apa keahlian dan pengalaman mana yang dirasa spesial, kemudian menerjemahkannya ke dalam tulisan.

 

Jenis usaha jasa ini juga tidak membutuhkan banyak modal. Kamu bahkan bisa menjadi penulis resume tanpa harus meninggalkan pekerjaan lamamu. Namun sebelum kamu memasuki tahapan diakui sebagai penulis resume profesional, kamu terlebih dahulu harus membangun kredibilitas dengan klien secara bertahap.

 

  1. Konsultan search engine optimization (SEO)

Dalam dunia seperti hari ini, memiliki website atau media sosial menjadi barang wajib bagi para pelaku bisnis. Sayangnya, banyak dari mereka yang belum bisa menggunakan kedua hal tersebut secara optimal. Peluang inilah yang kemudian bisa kamu manfaatkan sebagai bisnis menguntungkan.

 

Jika kamu paham konsep SEO, memiliki latar belakang seorang blogger atau editor, bisa berkomunikasi dengan baik, serta fasih menggunakan Google Analytics, ide menjadi konsultan SEO sangat cocok untukmu. Seorang konsultan SEO secara umum bertugas membuat situs web atau peringkat blog menjadi lebih tinggi pada search engine seperti Google. Ia bertanggung jawab untuk meneliti kata kunci baru, menulis konten, menganalisis dan mengedit konten yang ada, dan terus up-to-date mengenai tren-tren di bidang-bidang tertentu.

 

  1. Perencana pernikahan

Photo credit: barrydadon (pixabay.com)

Jika kamu termasuk orang yang senang keramaian, sesuatu yang romantis, dan mempunyai pengalaman di bidang perancangan pesta atau event organization, perencana pernikahan adalah salah satu ide usaha jasa yang bisa kamu coba tekuni. Kamu hanya perlu mengeluarkan modal untuk membuat website perencanaan pernikahan milikmu sebagai upaya promosi.

 

Namun, perencana pernikahan adalah jenis usaha musiman. Di Indonesia sendiri, pernikahan di bulan Syawal hingga musim Haji akan lebih banyak karena masih banyak yang percaya bahwa bulan tersebut adalah bulan baik, sedangkan pada bulan-bulan setelahnya tidak akan begitu ramai. Di negara dengan empat musim, musim dingin adalah musim dengan pesta pernikahan paling sedikit. Oleh sebab itu, seorang perencana pernikahan harus memiliki solusi alternatif dalam menyelesaikan permasalahan ini.

 

  1. Fotografer pernikahan

Apakah kamu senang mengabadikan momen-momen romantis? Jika iya, menjadi fotografer pernikahan adalah jenis usaha jasa yang tepat untuk kamu. Mulailah mengunggah hasil tangkapan kameramu di galeri online untuk mendapatkan klien-klien. Jika kamu belum memiliki banyak pengalaman dalam fotografi namun tetap ingin mengejar ide usaha jasa ini, cobalah bekerja sebagai asisten fotografer profesional terlebih dahulu.

 

Sejalan seperti usaha jasa perencana pernikahan, bisnis ini juga termasuk bisnis musiman. Belum lagi, perkembangan kamera yang semakin canggih membuat seorang amatir pun bisa menghasilkan foto yang bagus. Oleh sebab itu, kamu perlu menemukan ciri khas dan keunikan sebagai seorang fotografer.

 

  1. Pemandu wisata

Menjadi pemandu wisata akan menjadi bisnis yang tepat jika kamu tinggal di daerah wisata. Selain untuk biaya marketing, kamu hampir tidak akan mengeluarkan biaya modal apapun lagi. Kamu hanya perlu memperdalam pengetahuan tentang kota yang kamu tinggal, dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam kelompok besar.

 

Walaupun tidak memerlukan banyak modal, kamu harus menyiapkan asuransi karena kecelakaan bisa terjadi kapanpun dan di manapun. Untuk beberapa lokasi, sertifikasi pemandu wisata diperlukan.

 

  1. Jasa penitipan anak

Menurut sebuah laporan penelitian pada perusahaan pemasaran IBISWorld, penitipan anak adalah industri bernilai USD 48 miliar di Amerika Serikat. Di Indonesia sendiri, ide usaha jasa seperti ini pun memiliki peluang yang besar.

 

Kamu bisa memulainya dengan membuka pusat penitipan anak di rumah. Sebelumnya, jangan lupa untuk menetapkan kelompok usia anak-anak, berapa banyak anak yang harus dirawat, dan jam operasi penitipan anak tersebut (sesuaikan dengan kebutuhan klienmu). Setelah itu, perlengkapi dirimu dengan kemampuan mengajar, pengetahuan pertolongan pertama, atau konseling. Kamu juga sebaiknya mencari pengalaman mengasuh pada penitipan anak profesional sebelum resmi membuka jasa penitipan anak sendiri.

 

Karena usaha jasa ini kamu lakukan di rumah pada jam paruh waktu, maka kamu tidak akan mengeluarkan banyak modal. Kamu hanya mengeluarkan biaya untuk membeli barang-barang seperti mainan, buku, boks, tikar, peralatan bermain luar ruangan, perlengkapan kebersihan, dan asuransi.

 

Seseorang yang ingin membuka jasa jenis ini mungkin perlu mendapatkan lisensi atau mengikuti pelatihan untuk mendapatkan sertifikasi, namun semuanya tergantung pada dimana kamu tinggal.

 

  1. Teman untuk peliharaan

Jika kamu menyukai peliharaan dan tidak memiliki alergi khusus, khususnya anjing, kamu bisa mencoba memulai bisnis merawat peliharaan untuk tambahan pemasukanmu. Pada dasarnya, binatang peliharaan itu sama seperti manusia, mereka bisa kelebihan berat badan dan malnutrisi, bertindak menyebalkan ketika ingin mendapat perhatian, atau tidak selalu merasa bahagia. Sensitivitas pada binatang peliharan membuatnya harus dirawat dengan tipe orang yang penyayang. Sayangnya, masih banyak binatang peliharaan yang menderita karena tidak cukup mendapat perhatian dari majikannya. Mereka terlalu sibuk untuk bermain dengan peliharaannya, bahkan untuk mengajaknya jalan-jalan pun tidak bisa.

 

Disinilah jasamu dibutuhkan. Hanya bermodalkan rasa kasih sayang (dan sedikit marketing), kamu sudah bisa memulai bisnis ini. Kamu bisa merawat mereka di rumahmu sendiri atau di rumah klienmu. Kamu juga sesekali bisa menerima jasa penitipan binatang peliharaan jika sedang musim mudik atau libur panjang.

 

Walaupun terlihat sederhana, kamu harus terus membuktikan bahwa kamu adalah seseorang yang bisa diandalkan dan memiliki jadwal yang fleksibel untuk memenuhi kebutuhan klien kamu. Untuk beberapa daerah (dan klien), kamu juga harus memiliki sertifikat khusus untuk membuktikan bahwa kamu adalah seorang “teman” yang profesional.

 

  1. Jasa perbaikan

Beberapa orang dilahirkan dengan tangan yang terampil dan bisa memperbaiki apapun dengan cepat. Jika kamu termasuk salah satunya, kamu bisa mencoba ide usaha jasa perbaikan dan menolong orang-orang di sekitarmu. Ada banyak pekerjaan yang bisa kamu lakukan, mulai dari pekerjaan besar seperti memperbaiki dapur atau kamar mandi, hingga pekerjaan detail seperti mengganti lampu, perbaikan mesin cuci, atau ponsel.

Di beberapa negara, seseorang bisa membuka bisnis jasa perbaikan setelah mendapatkan sertifikat khusus. Jika negara tempat tinggalmu tidak mengharuskan hal tersebut, kamu bisa segera memulai bisnis ini hanya bermodalkan peralatan perbaikan khusus. Perlu diperhatikan, jasa perbaikan memiliki resiko kecelakaan yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, pastikan bahwa kamu telah memiliki asuransi jika suatu hari terjadi hal-hal yang tidak diharapkan terjadi.

 

  1. Layanan kesehatan untuk lansia

Menurut data yang diberikan oleh Administration for Community Living, populasi lansia pada tahun 2060 akan mencapai angka 98 juta orang. Jika perkiraan tersebut benar, maka pertumbuhan populasi lansia akan membuka peluang usaha layanan kesehatan bagi mereka.

Layanan perawatan kesehatan biasanya terdiri dari berbagai bantuan, diantaranya ikut merawat apabila memiliki penyakit atau cedera dan membantu tugas-tugas dasar sehari-hari.
Berapa banyak modal yang harus dikeluarkan sebenarnya tergantung pada seperti apa jenis layanan yang akan kamu tawarkan. Jika layanan tersebut adalah layanan nonmedis, seperti membantu manula dengan tugas sehari-hari dasar, kamu tidak akan mengeluarkan banyak modal karena tidak membutuhkan peralatan atau perlengkapan apapun. Lain halnya jika layanan yang kamu tawarkan bersifat medis.

 

Kesepuluh jenis usaha jasa diatas memang tidak membutuhkan modal besar. Namun untuk menghasilkan keuntungan yang besar juga, kamu harus peka terhadap keadaan sekitar. Pintar-pintarlah melihat aspek mana yang memberikan peluang, dan apa yang bisa kamu tawarkan dalam dirimu untuk mengisi peluang tersebut.

 

Yuk follow facebook Studentpreneur dan ikutan kelas online-nya buat belajar bisnis lebih lanjut.

 

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

Indonesian Independence in a Digital Economy

Dunia Investasi Startup di Tahun 2017

Kematian Desain Grafis

 

Yovita Omega

Pernah berkarya di Pikiran Rakyat, kini Yovita aktif di digital agency di Jakarta.

Facebook