Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

10 Tips Presentasi yang Sukses di Depan Investor


Mengembangkan bisnis tanpa dukungan dari investor akan menjadi hal yang sulit. Sementara itu, sulit pula untuk membuat mereka tertarik pada bisnis Anda, apalagi untuk sekedar mendengar. Biasanya, hal ini terjadi ketika presentasi Anda tidak menarik. Lalu, apa yang harus Anda lakukan? Nah Sobat Studentpreneur, berikut adalah 10 tips untuk menyempurnakan presentasi Anda agar investor mau mendengar Anda.

 

1. Jadikan pendek.

Investor sangat menghargai waktu mereka. Maka, semakin singkat, presentasi Anda akan semakin baik. Hilangkan rincian yang tidak penting.

Presentasi-Investor

2. Presentasikan hanya pada investor yang tepat.

Pilihlah investor yang benar-benar tahu bidang yang digeluti bisnis Anda. Mereka sudah terlahir untuk tertarik pada bidang tersebut. Anda akan lebih mudah meyakinkan mereka, atau sekedar untuk nyambung dengan mereka. Karena mereka sudah punya pengetahuan dan keahlian yang diperlukan.

 

3. Memahami kompetisi Anda.

Investor perlu tahu bahwa Anda benar-benar memahami tentang kondisi persaingan di bisnis Anda, bagaimana Anda menawarkan sesuatu yang berbeda, dan bagaimana Anda akan membuat market beralih kepada Anda.

 

4. Tampilkan statistik.

Sajikan statistik-statistik. Berapa banyak pelanggan yang Anda miliki, pendapatan Anda, arus kas Anda, dan rincian lainnya. Mereka perlu menggunakannya untuk mengkalkulasikan kemungkinan. Selain itu, memahami statistik Anda akan membuat Anda tampak lebih menguasai bisnis Anda sepenuhnya.

 

5. Pamerkan pengalaman Anda.

Anda harus menunjukkan pada mereka bahwa Anda memiliki semua yang mereka harapkan dari investasi mereka. Anda memiliki tim yang kuat dan solid yang siap untuk bekerja memenuhi ekspektasi mereka.

 

6. Sebutkan aset-aset Anda.

Investor menyukai data seputar aset, misalnya kekayaan intelektual yang Anda miliki seperti merek dagang atau paten. Mereka menyukainya dan menganggapnya sebagai salah satu poin plus Anda.

 

7. Sampaikan berapa besar Anda berinvestasi.

Pastikan bahwa investor tahu bahwa Anda telah menginvestasikan uang Anda pada bisnis Anda. Itu artinya, Anda berkomitmen dan optimis. Setiap orang ingin bekerja sama dengan orang yang optimis tentang keberhasilan mereka.

 

8. Proyeksi yang realistis.

Investor akan menyukai betapa percaya dirinya Anda pada proyeksi penjualan yang akan meningkat berkat investasi mereka. Akan tetapi, gunakan perhitungan dan pengukuran yang realistis. Mereka tidak percaya pada proyeksi keuntungan yang bersifat drastis. Mereka paham betul bahwa kemajuan yang positif dicapai selangkah demi selangkah.

 

9. Sampaikan rencana Anda terhadap uang mereka.

Ini bagian pentingnya. Anda harus memberitahukan rencana Anda seputar bagaimana Anda akan menggunakan uang mereka, bagaimana uang mereka akan membantu perusahaan Anda, dan bagaimana mereka akan mendapatkan keuntungan darinya.

 

10. Biarkan mereka bertanya pada diri sendiri.

Terakhir, berikan pertanyaan berisi tantangan seputar kenapa tidak melibatkan diri pada bisnis Anda. Hal ini akan memotivasi mereka untuk bergabung dengan Anda.

 

Nah Sobat Studentpreneur, bagaimana menurut Anda? Anda sudah pernah presentasi di depan investor? Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya! [Photo Credit: NASA]

 

Baca Juga:

Pemuda Ini Hasilkan Puluhan Milliar Dari Membuat Jutaan Orang Tertawa

Anak Muda Terkaya Amerika Hidup Sederhana

NXTCon – AJang Kumpulnya Pebisnis Teknologi Dunia di Indonesia

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+