Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

4 Daftar Co-working Space di Bandung Untuk Jadi Kantor kamu


Tidak hanya ada di Jakarta, Yogyakarta, atau Bali, kini co-working space juga hadir di Bandung.

Sebagai kaum milenialis, tentu bekerja di gedung bertingkat, menggunakan setelan kemeja dan celana bahan, bertemu dengan rekan kerja yang berusia lebih tua darimu, dan ruang kerja yang kaku sudah pasti bukan tipe pekerjaan yang diimpikan oleh sebagian besar anak muda yang baru bekerja, termasuk kamu. Jauh dalam lubuk hati kecilmu, tentu kamu menginginkan bisa kerja dengan suasana dan lingkungan kantor yang menyenangkan serta santai agar bisa memenuhi hasrat jiwa kamu yang masih bersemangat.

Belakangan ini kamu tentu sudah sering mendengar istilah co-working space yang menyediakan suasana kantor yang menyenangkan dan bisa dibilang anak muda banget. Di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Bali juga sudah mulai banyak ditemukan co-working space yang memiliki desain yang menarik. Khusus kamu yang bosan pergi ke co-working space di Jakarta, mungkin daftar co-working space di Bandung ini bisa dijadikan sebagai referensi Sobat Studentpreneur.

Photo credit: upload.wikimedia.org

Bandung Digital Valley (BDV)

Khusus kamu yang lagi bosan dan mencari co-working space di Bandung dengan harga murah bahkan gratis, kamu bisa memilih Bandung Digital Valley(BDV) milik Telkom Bandung. Co-working space ini pertama kali diluncurkan pada bulan Desember 2011 dan berlokasi di R&D Center tepatnya di Jalan Gegerkalong Hilir no.47, Bandung, Jawa Barat.

Memiliki luas 1.200 meter persergi dan berkapasitas 100 orang, Telkom mengizinkan siapa saja yang ingin menggunakannya sebagai co-working space, ruang rapat, dan juga ruang inkubasi. FYI, BDV ini juga dibangun untuk mendukung serta memfasilitasi perusahaan atau produk digital milik wirausaha dan developer yang juga akan menjembatani perusahaan tersebut dengan target pasarnya. Kalu kamu tertarik, kamu bisa segera mendaftarkan diri di situs Bandung Digital Valley untuk reservasi.

 

Co & Co Space

Jika di Jakarta memiliki EV Hive sebagai salah satu co-working space paling hitz, ketika kamu ke Kota Kembang Co & Co Space bisa dijadikan sebagai pilihan alternatif co-working space di Bandung. Berada di Jalan Dipatiukur no. 5, Bandung, Co & Co Space juga dekat dengan toko baju dan juga kafe, dijamin kamu pasti nggak akan kehabisan tempat nongkrong setelah selesai kerja.

Meskipun berada di jantung Kota Bandung, kamu tidak perlu khawatir mengenai harganya. Karena Co & Co Space ini juga masih termasuk ke dalam daftar Co-working murah di Bandung dengan kisaran harga mulai dari RP22.500/hari, RP650.000/bulan untuk member, dan mulai dari RP 50.000/3 jam untuk kamu yang belum menjadi anggota. Kamu juga bisa menemukan ragam fasilitas seperti ruang rapat, area outdoor, area publik, area pribadi, dan juga dapur. Kamu juga tidak perlu khawatir tidak kebagian kertas untuk print dan juga fotokopi.

 

Ruangréka

Sudah berdiri sejak tahun 2014, Ruangréka memang sengaja diperuntukkan bagi para entrepreneur muda untuk mengembangkan jaringannya. Ruangréka sendiri berasal dari Bahasa Sansekerta dengan Réka yang memiliki arti kerja atau bisnis, sehingga Ruangréka jika digabungkan akan memiliki arti Ruang untuk bekerja.

Memiliki tatanan ruang yang hommy, Ruangréka menjadi salah satu Co-working space Bandung yang banyak diminati oleh para anak muda. Selain menyediakan ruang untuk co-working, Ruangréka juga memiliki setidaknya 16 startup dan UMKM inkubasi, kehadiran co-working space ini juga sejalan dengan keinginan Kota Bandung  yang ingin menjadi Kota Technopolis. Co-working space di Bandung satu ini berada di Jalan Raden Patah no. 28, Dago, Bandung dan tempat ini bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan co-working murah di Bandung dengan harga mulai dari Rp 400.000/bulan.

 

Eduplex Bandung

Baru didirikan pada tahun 2016 lalu, Eduplex merupakan co-working space Bandung yang buka selama 24 jam. Bagaimanapun gaya bekerjamu, kamu akan selalu menemukannya di co-working space yang terletak di Jalan Ir. H. Djuanda (Dago) No. 84, Bandung ini.

Kamu tidak hanya akan menemukan meja dan kursi kerja yang pada umumnya digunakan, kamu pun bisa bekerja sambil tidur-tiduran atau ekstra santai di area lesehan yang dilengkapi dengan bean bag dan short coffee table. Selain berfungsi sebagai co-working space, di Eduplex kamu juga bisa datang dan menikmati suasana kerja di café yang terletak di lantai bawahnya. Dengan fasilitas yang beragam, tidak heran kalau harga sewa dari tempat ini cukup mahal atau sekitar Rp 60.000/ 3 jam hingga RP 1,2 juta/bulannya.

 

Nah, itulah beberapa rekomendasi co-working space di Bandung yang bisa kamu pilih. Kadang kala, beban kerja akan terasa begitu memberatkan dan membuatmu lelah. Tapi dengan suasana dan lingkungan kantor yang menyenangkan di Co-working space setidaknya bisa membantumu bekerja dengan lebih semangat, setuju? Dari daftar di atas, kira-kira mana co-working space yang akan kamu pilih Sobat Studentpreneur?

 

Yuk follow facebook Studentpreneur dan ikutan kelas online-nya buat belajar bisnis lebih lanjut.

 

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

Peluang Big Data di Masa Depan

Dunia Investasi Startup di Tahun 2017

Cara Mencari Investor untuk Startup Baru

 

Nisrina Darnila

Pernah bekerja untuk National Geographic Indonesia, kini Nisrina aktif di salah satu content agency di Jakarta

Facebook