Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

4 Peluang Bisnis Menjanjikan


Ingin menjadi entrepreneur tetapi sulit menentukan ide usaha? Ini empat peluang bisnis yang menjanjikan.

Memang tidak akan ada habisnya kalau membicarakan impian sebagian besar orang yang ingin menjadi wirausaha. Hampir semua orang bermimpi untuk menjadi seorang entrepreneur, apalagi belakangan ini sudah muncul begitu banyak entrepreneur muda yang berhasil dan memiliki penghasilan lebih dari seorang pegawai kantoran. Apakah kamu salah satu pemimpi itu? Kalau ya, jangan biarkan impian itu menjadi sebuah angan saja, rencanakan impian tersebut menjadi sesuatu yang nyata.

Sebelum menjalankan bisnis, langkah awal yang bisa harus lakukan adalah memilih mana peluang bisnis yang menjanjikan. Pemilihan peluang atau ide bisnis menjanjikan dilakukan guna memastikan apakah usaha yang kamu pilih akan bertahan dalam jangka panjang atau tidak. Itulah mengapa penting rasanya untuk melihat apakah suatu bisnis itu mampu dan berpeluang sampai beberapa tahun kedepan. Lalu apa saja peluang bisnis yang menjanjikan? Berikut penjelasannya Sobat Studentpreneur.

 

Bisnis Online (Internet Marketer)

Bisnis online atau internet marketer beberapa tahun belakang ini menduduki posisi teratas sebagai ide bisnis menjanjikan. Hal tersebut pun dibuktikan dari tingkat pertumbuhan yang begitu signifikan, sehingga bisa dibilang cukup menjanjikan untuk kamu tekuni. Tidak hanya memiliki pertumbuhan yang signifikan, pengguna internet di dunia pun terus bertambah hingga tak terkendali dan sudah mengubah hampir seluruh kebutuhan hidup masyarakat setiap harinya.

Tidak hanya fakta mengenai penggunanya, tetapi ide bisnis ini pun sangat mudah digunakan bahkan dengan modal yang kecil. Kamu hanya membutuhkan fasilitas online dan juga akses penunjang internet seperti gadget untuk menekuni bisnis ini. Bahkan untuk menjalankan bisnis online, kamu tidak perlu mendatangi langsung pelangganmu karena pelangganmu yang akan mendatangi bisnis tersebut. Dengan catatan kamu sudah menjalankan strategi pemasaran yang tepat untuk menarik perhatian para pelanggan.

 

Bisnis Kuliner

Photo credit: rawpixel (pixabay.com)

Khusus untuk kamu yang hobi memasak dan gemar dengan ragam kuliner, kamu bisa menjadikan bidang kuliner sebagai salah satu peluang bisnis menjanjikan, lho! Mungkin di pikiranmu saat ini penggerak bisnis kuliner sudah banyak dan memiliki persaingan, tetapi coba kamu pikirkan kembali. Saat ini mana ada ide bisnis yang tidak memiliki persaingan? Semua bisnis tentu memiliki kompetitor, tetapi bukan berarti kamu harus menghindari salah satu ide bisnis menjanjikan satu ini.

Bidang kuliner hingga sampai saat ini masih menjadi bisnis yang menggiurkan. Bahkan bisnis ini juga termasuk ke dalam salah satu jenis bisnis yang menawarkan margin keuntungan hingga mencapai 100%. Hal lain yang membuat bisnis ini menjadi ide bisnis menggiurkan karena memang bidang kuliner memiliki segmentasi yang beragam. Mulai dari makanan biasa seperti Warteg, kemudian kantin, café, warung pinggir jalan, angkirangan, dan masih banyak lagi.

Kamu juga tidak perlu kebingunan mengenai jenis makanan apa yang akan kamu pilih, dari makanan asli Indonesia sendiri pun sudah banyak. Jika kamu juga gemar bereksperimen masak, kamu pasti bisa menghasilkan produk makanan yang unik dan berbeda daripada yang lain.

 

Bisnis di Bidang Industri Kreatif

Peluang bisnis menjanjikan lainnya adalah berbisnis di bidang industri kreatif. Seiring perkembangan zaman pula, kreatifitas seseorang terus berkembang dan membuat masyarakat menantikan segala sesuatu yang benar-benar fresh dan tidak membosankan. Jika kamu memiliki kreativitas tinggi, kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk dijadikan sebagai ide bisnis menjanjikan.

Bisnis dalam industri kreatif ini beragam bentuknya, mulai dari desain gambar, produk handmade daur ulang, membuat konten video, dan lainnya. Jika kamu masih bingung dalam menentukan bidang industri kreatif mana yang akan kamu coba, kamu bisa mengawali ide tersebut dari hal-hal yang kamu sukai seperti hobi. Bisnis ini menjadi salah satu bisnis yang menarik karena kamu bisa membuat hobi atau kegiatan yang kamu sukai memberikan kamu penghasilan tambahan.

 

Bisnis Waralaba

Nah, kalau jenis bisnis ini cocok untuk kamu yang sudah memiliki keinginan untuk memulai usaha, tetapi terhalangi atau kekurangan ide bisnis menjanjikan. Bisnis yang paling cocok untuk seorang pemula adalah bisnis waralaba. Mengapa? Karena pelaku bisnis waralaba akan menjalankan model bisnis dibantu secara langsung oleh pemilik waralaba atau pemilik suatu merek mulai dari masa training hingga dalam tahap proses berjalannya bisnis. Bahkan tidak sedikit pemilik waralaba yang bersedia untuk membantu kamu mendapatkan keuntungan lebih.

Keuntungan utama dari seorang pemula dalam menjalankan bisnis ini adalah kamu tidak akan dipusingkan dengan konsep bisnis, manajemen bisnis, keuangan, ketersediaan bahan, dan lainnya. Kamu hanya akan menjalankan bisnis ini sesuai dengan kemampuan modalmu dan tetap bernaung di bawah nama merek perusahaan waralaba yang kamu pilih.

Kamu tidak perlu khawatir mengenai merek apa saja yang bisa kamu pilih, di Indonesia sendiri sudah banyak perusahaan waralaba yang tersebar dan menawarkan keuntungan mulai dari RP 6 juta hingga RP 20 juta tiap bulannya. Menggiurkan, bukan?

Pada tahun 2017 ini, bisnis waralaba juga dikatakan sebagai salah satu jenis bisnis yang menguntungkan selain bisnis online. Bahkan perkembangan bisnis ini pun sudah diprediksi akan terus berkembang sepanjang tahun. Kamu yakin tidak ingin menjadikan waralaba sebagai pilihan peluang bisnis menjanjikan?

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai jenis peluang bisnis menjanjikan yang bisa kamu pilih dan dijadikan sebagai referensi Sobat Studentpreneur. Manfaatkanlah sesegera mungkin agar impian kamu menjadi seorang entrepreneur cepat terwujud.

 

Yuk follow facebook Studentpreneur dan ikutan kelas online-nya buat belajar bisnis lebih lanjut.

 

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

Peluang Big Data di Masa Depan

Dunia Investasi Startup di Tahun 2017

Cara Mencari Investor untuk Startup Baru

 

Nisrina Darnila

Pernah bekerja untuk National Geographic Indonesia, kini Nisrina aktif di salah satu content agency di Jakarta

Facebook