Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

4 Rahasia Berbicara Mengesankan di Depan Publik


“Berbicara (pidato) yang baik itu seperti rok wanita: cukup panjang untuk menutupi subyek namun cukup singkat untuk menarik perhatian.” -Winston Churchill-

Jangan pernah berpikir bahwa berbicara di depan umum dan komunikasi yang efektif adalah hal yang tidak penting. Jika Anda berpikir demikian, maka sama halnya Anda menganggap bahwa membaca adalah hal yang tidak penting untuk hidup. Banyak hal yang bisa kita sampaikan melalui kata-kata. Produk-produk inovatif dari Apple pasti tidak akan dapat disambut masyarakat dengan sangat baik sekarang tanpa presentasi memukau dari Steve Jobs.

steve-jobs-speech

Ketika kita ingin memperkenalkan produk kita di hadapan publik, pastinya kita juga harus menyampaikan berbagai kelebihan produk kita. Untuk mempresentasikan hal itu, pastinya juga harus diikuti dengan kata-kata. Berbicara di depan publik memang tidak semudah Anda berbicara dengan teman ataupun orangtua, karena itu diperlukan persiapan yang baik juga sebelumnya. Berikut ada beberapa tips yang dapat membantu presentasi Anda tersampaikan lebih baik meskipun rasa takut berbicara di depan umum masih tinggi.

 

Ingat Anda menyampaikan sebuah Cerita

Pembicara yang baik adalah pembicara yang sadar bahwa ia sedang bercerita. Jadi dia harus dapat membuat sesuatu yang menghibur pendengar juga. Ingatlah untuk fokus pada hal yang juga membuat Anda tertarik untuk mendengarnya.

 

Keep it Simple

Setiap pembicaraan harus disaring lagi ke dalam poin-poin tertentu supaya pendengar dapat menangkap informasi yang ingin Anda sampaikan. Tapi jangan memasukkan terlalu banyak poin. Gabungkan beberapa poin penting ke dalam poin-poin yang lebih sederhana adalah cara yang efektif.

 

Belajar dari yang lebih ahli

Amati dan pelajari bagaimana orang-orang yang membuat Anda tertarik untuk mendengarkan presentasinya. Hal ini sangat efektif karena dengan belajar langsung dari ahlinya pasti akan membuat keterampilan berbicara Anda berkembang sangat pesat dalam waktu yang lebih singkat.

 

Ulangi lagi

Banyak orang memang mendengarkan Anda sedang berbicara, namun tidak semua orang memperhatikan sungguh-sungguh tiap kata demi kata yang Anda ucapkan. Supaya para pendengar dapat mengingat kembali apa yang Anda katakan, cobalah untuk mengulangi hal-hal yang memang Anda anggap penting untuk disampaikan.

 

Berbicara mengesankan di depan publik memang bukanlah hal yang dapat dilakukan semua orang dengan mudah. Namun ada begitu banyak manfaat yang didapat jika Anda memiliki kemampuan berbicara sangat baik di depan publik. Salah satu hal yang pasti adalah dapat membantu Anda untuk mengenalkan produk andalan Anda kepada masyarakat yang akan menjadi pengguna produk Anda.

Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!

 

Baca Juga:

Penjual Ikan Hias Menjadi Pemenang Wirausaha Muda Mandiri

Sandiaga Uno, Dari Karyawan Astra Jadi Orang Terkaya ke 47 Indonesia

Anak Glodok Menjadi Terkaya ke 33 di Indonesia

Andreas Yonathan

Kontributor: Andreas Yonathan pernah menjadi Community Manager dari Studentpreneur. Saat ini dia bekerja sebagai web developer di Miracle Clinic dan Flavare

Facebook Twitter Google+