Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Menjadi Pembicara yang Luar Biasa


Meskipun semua orang adalah pembicara secara natural, tidak semua orang mampu menjadi pembicara yang luar biasa. Terbukti, banyak orang yang grogi dan tegang ketika harus berbicara di depan umum, di jumlah penonton yang banyak atau di sejumlah orang penting. Deal tidaknya bisnis kadang-kadang tergantung dari bagaimana kita mempresentasikan bisnis kita. Oleh karena itu, bagi para pebisnis, menjadi pembicara yang lebih baik tentu akan memberikan keuntungan yang besar bagi bisnis. Mari kita belajar dari Jeremey Donovan tentang apa rahasia pembicara TED yang sukses menginspirasi jutaan orang.

 

The Great Steve Jobs

 

Satu Ide Besar

Kebanyakan pembicara yang buruk membahas terlalu banyak hal dalam presentasi mereka. Semakin banyak isi semakin buruk presentasi kita. Steve Jobs yang dianggap dewa-nya presentasi biasanya hanya memasukkan 1-3 kata dalam tiap slideshownya. Yang penting adalah memasukkan satu ide besar, dan berfokus pada ide besar tersebut. Mulailah dengan bercerita ke diri sendiri tentang satu tema besar yang Anda ingin sampaikan, lalu edit menjadi satu pembicaraan yang sangat berfokus pada satu ide besar.

 

Anda Berbicara Untuk Orang Lain

Dalam sebuah presentasi, yang terpenting bukanlah apa yang penting untuk Anda, tapi apa yang penting bagi pendengar. Ingatlah bahwa Anda berbicara tentang orang lain. Contohnya ketika melakukan pitching bisnis, jangan bicarakan tentang fitur produk Anda, tapi bicarakan tentang manfaat produk Anda bagi calon pembeli. Ingat, pelanggan tidak peduli terhadap Anda, mereka hanya peduli terhadap diri mereka sendiri.

 

Mulailah Dengan Sempurna

Kesan pertama sangatlah penting, termasuk ketika berbicara di depan umum atau melakukan presentasi bisnis. Donovan menyarankan kita untuk memakai salah satu diantara tiga pembukaan yang paling sempurna. Pertama, ingatlah bahwa kita berbicara untuk orang lain, jadi jangan habiskan waktu mereka dan langsung bicara tentang satu ide besar yang mereka ingin dengar. Kedua, Anda juga bisa memulai dengan memberikan pertanyaan pada pendengar, dengan jawaban yang berupa ide besar Anda. Cara ketiga yang bisa dipakai adalah menunjukkan statistik yang sangat mengejutkan, membuat mereka ingin mendengar ide besar Anda.

 

Gunakan Kata Inti yang Bisa Diulang

Penggunaan frase kata inti yang bisa diulang juga merupakan kunci Steve Jobs. Biasanya, ide besar Anda yang dirangkai dalam sedikit kata, antara 3-12 kata saja. Selama presentasi, coba ulangi kata-kata ini sebanyak 3x, pada pembuka, pertengahan, dan penutup. Dengan begitu, pendengar akan benar-benar memahami apa yang ingin Anda sampaikan. Contoh terbaik ketika memperkenalkan iPod, Steve Jobs menggunakan kalimat “1000 lagu di saku Anda”, dan mengulanginya 3x.

 

Bagaimana dengan Anda Sobat Studentpreneur, punya tips menarik tentang bagaimana menjadi pembicara yang baik?

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter