Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Siapa Takut Presentasi?


Presentasi memang dibutuhkan bagi semua pebisnis. Apapun jenis bisnisnya secara tidak langsung kita ini berpresentasi. Baik dari penampilan, attitude, sampai cara bicara juga merupakan kunci dari presentasi. Presentasi yang baik tidak hanya dinilai dari kelancaran membawakan bahan materi yang baik, tetapi juga dari penguasaan materi yang disajikan. Salah satu penyakit yang sering didapat apabila ingin membawakan presentasi adalah gugup. Gugup merupakan suatu hal yang normal karena menunjukkan kepedulian terhadap keberhasilan presentasi yang kita bawakan.

presentation1

Sebenarnya, melakukan presentasi tidak sesulit apa yang dibayangkan sebelumnya. Anda bisa sukses membawakan presentasi dengan beberapa tips berikut.

Persiapkan Presentasi Dengan Matang
Kenali “daerah kekuasaan Anda”. Sun Tzu berkata: “Kenali musuh Anda, kenali diri Anda, dan kemenangan ada di tangan Anda. Pahami bumi, pahami Surga, dan kemenangan Anda akan terasa sempurna.”

Musuh yang dimaksud adalah audiens yang harus Anda buat tertarik. Mengetahui dengan cara menguasai secara penuh materi presentasi, kalau perlu detailnya secara utuh. Mengetahui profil dari audiens dan tahu kebutuhan mereka akan membantu Anda untuk mempersiapkan materi presentasi yang tepat. Waktu dan tenaga yang Anda curahkan untuk memperbaiki presentasi Anda serta berlatih untuk membawakan materi akan membuat Anda semakin tenang dan percaya diri pada saat membawakan presentasi.

Berpakaian dengan tepat juga sangat penting. Jangan pernah menganggap remeh betapa penampilan dapat mempengaruhi hasil presentasi Anda. Walaupun penampilan Anda tidak ada hubungannya dengan isi presentasi akan tetapi hal ini berkaitan dengan sejauh mana presentasi yang anda buat layak untuk dipresentasikan. Pakaian yang sesuai dapat menjadi sebuah nilai tambah bagi Anda di hadapan audiens. Aturan umum yang berlaku bagi para presenter adalah berpakaian satu level diatas para audiens, sesuai dengan acara. Artinya, apabila audiens anda adalah bos, usahakan bawakan diri anda juga seperti bos.

Pembawaan Presentasi
Pikat audiens Anda dengan cara apapun. Pernah berpikir mengapa beberapa pembicara dapat terlihat penuh kharisma dan dapat memukau audiens? Rahasianya terdapat pada kemampuan mereka untuk mengikat para audiens dengan bercerita lebih baik. Pengusaha yang baik harus dapat menjadi storyteller yang baik juga. Sebisa mungkin bawalah dengan cerita yang menarik, sehingga audiens akan terpaku dengan cerita yang Anda bawakan. Pembawaan yang bersemangat membuat presentasi lebih matang sehingga Anda tidak perlu lagi ragu untuk bergerak leluasa. Bersikap natural dan jadi diri sendiri, gunakan suara yang tidak terlalu besar atau kecil. Gunakan gerak tubuh yang sesuai dengan ucapan Anda serta itonasi nada yang sesuai. Riset mengatakan 7% komunikasi tersampaikan melalu kata-kata, 38% melalui nada suara dan intonasi, dan 55% melalui gerak tubuh.

Sampaikan cerita tersebut dengan kata yang sederhana. Beberapa presenter membuat kesalahan karena berusaha membuat kagum audiens menggunakan kata-kata yang terlalu berat. Seringkali yang dipahami audiens tidak sesuai dengan maksud yang ingin disampaikan. Pilih kata-kata yang lebih sederhana untuk mengartikan ide atau pesan yang hendak Anda sampaikan. Tips lain yang membuat presentasi anda powerful adalah, tangkap kesan audiens dengan menggunakan animasi. Riset mengatakan lebih dari 60% audiens suka dengan tipe presentasi yang menggunakan animasi, apalagi video.

Evaluasi Hasil Presentasi Anda.
Selalu minta masukan perihal presentasi Anda kapan saja. Masukan dari audiens sering kali menjadi masukan terbaik untuk presentasi selanjutnya. Audiens tersebut merupakan alasan utama Anda menyampaikan presentasi. Dengan pengetahuan yang Anda miliki, Anda akan tahu bagian presentasi yang memerlukan pengembangan dan dapat Anda perbaiki untuk meningkatkan kemampuan presentasi Anda di masa yang akan datang.

Sobat Studentpreneur sudah tidak takut untuk presentasi kan?

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter