Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

4 Waralaba Murah untuk Memulai Karir Bisnismu


 Ingin berbisnis tetapi tidak punya banyak modal? Coba bisnis waralaba saja!

Bisnis waralaba merupakan salah satu model bisnis yang mulai banyak dilirik oleh para pengusaha ahli bahkan pebisnis pemula saat ini. Konsep bisnis yang tidak memberatkan pihak pebisnis dan juga modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar menjadikan alasan utama mengapa bisnis waralaba menjadi primadona bagi sebagian besar pengusaha di Indonesia. Selain itu, sebagai pebisnis kamu juga akan mendapatkan bantuan seperti training, menjalankan proses bisnis, dan juga bagaiamana cara untuk mendapatkan keuntungan dari sang pemilik waralaba. Menarik, kan?

Karena nantinya kamu akan membeli merek suatu waralaba, terkadang modal yang dibutuhkan pun tidak sedikit. Bagi pengusaha yang sudah memiliki modal yang besar, mungkin membeli waralaba atau franchise yang harganya murah bukanlah masalah. Tetapi bagaimana untuk para pebisnis pemula yang memiliki keterbatasan modal? Kira-kira apakah ada bisnis waralaba murah di Indonesia? Berikut penjelasannya Sobat Studentpreneur.

 

Bisnis Waralaba Makanan/ Minuman

Menjalankan bisnis waralaba makanan dan minuman tidak hanya menjadi salah satu jenis waralaba yang murah, tetapi juga memiliki prospek bisnis yang sangat bagus. Mengingat makanan dan minuman memang menjadi kebutuhan pokok manusia sehingga akan selalu dicari oleh banyak orang. Menjalankan bisnis makanan seperti membuka rumah makan atau restoran memanglah sulit, tetapi kamu bisa mengambil banyak pengalaman dalam bisnis kuliner melalui waralaba makanan/minuman.

Menjalankan bisnis waralaba makanan/minuman menjadi pilihan utama karena memang modal yang dibutuhkan tidak banyak. Kamu hanya perlu mengeluarkan modal maksimal Rp 10 juta untuk beberapa merek waralaba makanan/minuman terkenal di Indonesia. Ada banyak Contoh waralaba murah makanan/minuman yang bisa kamu pilih misalnya Semerbak Coffee yang membutuhkan modal sekitar Rp 9,5 juta, Pasco(passion of Chocolate) sebesar Rp 6,3 juta, kuch2hotahu sebesar Rp 9 juta, dan lainnya.

 

Bisnis Waralaba Laundry & Jasa Kebersihan

Photo credit: Ryan McGuire (pexels.com)

Meskipun terlihat sepele, tetapi bisnis laundry memiliki potensi yang luar biasa bagus, lho! Terutama kalau kamu berada di lokasi yang strategis. Tetapi kalaupun kamu tidak memiliki tempat/lokasi yang strategis, pemilik waralaba akan membantumu menemukannya. Biasanya bisnis waralaba laundry dan jasa kebersihan akan semakin laku jika dilakukan di lokasi perumahan, dekat kampus, dan juga lingkungan kos-kosan.

Dari segi peminat, belakangan ini justru banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan jasa laundry untuk mencuci dan menyetrika pakaian dibandingkan dengan menyuci sendiri. Target pasarnya juga cukup luas, mulai dari kalangan mahasiswa, pegawai, hingga ibu rumah tangga. Selain mudah dan praktis, laundry juga memberikan hasil yang lebih rapi dan harganya pun tidak mahal.

Ketika kamu ingin menjalankan bisnis satu ini, pastikan kamu sudah memilih usaha waralaba laundry yang memiliki reputasi baik dan bersedia memberikan solusi atau bimbingan untuk para pemula dalam bisnis ini. Berbeda dengan bisnis lainnya, ada baiknya kamu mengeluarkan dana yang lebih banyak untuk waralaba yang memiliki reputasi baik, dibandingkan dengan mengeluarkan modal kecil tetapi memiliki potensi risiko yang lebih besar karena pemilik merek tidak mempunyai reputasi yang baik dalam jasanya.

 

Waralaba Bidang Jasa Pendidikan dan Pelatihan

Jenis waralaba murah di Indonesia selanjutnya adalah waralaba yang bergerak di dalam bidang pendidikan dan pelatihan. Ternyata ada banyak perusahaan di bidang jasa pendidikan dan pelatihan yang menawarkan bisnis waralaba untuk para calon pengusaha. Khusus untuk kamu yang memiliki minat di dalam dunia pendidikan dan pelatihan, sebaiknya kamu mempertimbangkan ide bisnis yang satu ini.

Meskipun sebagian besar perusahaan waralaba di bidang ini tidak menawarkan waralaba murah di Indonesia, tetapi bukan berarti kamu tidak bisa menemukannya.  Salah satunya kamu bisa memilih untuk menjalankan bisnis waralaba Easy English Center (EEC) dengan modal sebesar Rp 5 juta.

 

Waralaba di Bidang Hiburan & Hobi

Belum banyak tersedia paket waralaba di bidang hiburan dan hobi, menjadikan bisnis dalam peluang ini pun menawarkan  hasil yang cukup menggiurkan. Jika kamu merupakan orang yang sangat antusias menggeluti bisnis hiburan, maka paket waralaba murah yang bisa kamu pertimbangkan seperti Bioskop Mini 3D goes to School dengan modal awal sebesar Rp 35 juta, layar belajar sebesar Rp 30 juta, dan SCX Race Zone dengan modal sebesar Rp 45 juta.

Itulah beberapa rekomendasi waralaba murah di Indonesia yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Dalam menjalankan bisnis waralaba, salah satunya kamu juga harus memperhatikan beberapa hal seperti memilih bidang bisnis waralaba yang sesuai dengan passion-mu.

Kamu juga harus mencermati beberapa bidang bisnis waralaba yang ada di sekitarmu, mulai dari karakter penduduk yang berbeda, sumber daya, dan juga peluang bisnis yang ada. Hal lain yang harus kamu perhatikan adalah memperhatikan mitra waralaba mana yang sudah eksis di wilayah kamu.Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada mitra waralaba yang serupa tetapi sudah berdiri sebelumnya di wilayah tersebut. Karena franchisor (pengusaha waralaba) yang baik tentu tidak ingin para mitranya berkompetisi secara langsung dalam persaingan bisnisnya Sobat Studentpreneur.

 

Yuk follow facebook Studentpreneur dan ikutan kelas online-nya buat belajar bisnis lebih lanjut.

 

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

Indonesian Independence in a Digital Economy

Dunia Investasi Startup di Tahun 2017

Kematian Desain Grafis

 

Nisrina Darnila

Pernah bekerja untuk National Geographic Indonesia, kini Nisrina aktif di salah satu content agency di Jakarta

Facebook