Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

5 Tips Memilih Nama Perusahaan yang Hebat


Nama perusahaan yang keren tidak ditentukan dari suaranya saja. Berikut 5 cara memilih nama Startup yang keren.

 

Ketika kita ingin memulai sebuah startup, biasanya kita sering kebingungan untuk menentukan nama usaha kita. Banyak orang yang menghabiskan waktu terlalu lama untuk memikirkan sebuah nama, bahkan sampai berbulan-bulan. Jika Sobat Studentpreneur pernah mengalaminya, maka sayang sekali bukan jika waktu selama itu dihabiskan hanya untuk berkutat dalam hal penamaan. Belajar dari pengalaman pribadi maupun orang lain, tim Studentpreneur sudah menemukan beberapa tips agar dapat memilih nama yang hebat untuk sebuah Startup. Berikut 5 tips memilih nama Startup yang hebat:

 

logo studentpreneur terbaru

 

Cari nama pendek tapi mudah diucapkan

Semakin banyak karakter, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mengucapkan, mengetik, bahkan mengingat sekalipun. Tapi jangan sampai menggunakan karakter yang memiliki vokal yang mirip ketika diucapkan. Contoh seperti Jaysher mungkin akan terdengar seperti Gaysher atau Gayshire atau bisa saja dikira lainnya. Bedakan dengan Facebook, Box, atau Twitter yang sederhana tapi mudah diucapkan dan mudah diingat.

 

Tunggu sampai suaranya terasa enak

Ketika sudah menemukan banyak nama, suarakan dengan lantang bersama orang lain karena nanti Anda pasti akan sering menyebutkan nama tersebut entah di telepon ataupun di depan publik. Lalu ketika sudah disuarakan tunggu sampai Anda merasakan sesuatu ketika nama itu disuarakan, entah di telinga ataupun di pikiran. Ketika Anda merasakan itu, masukkan nama tersebut ke dalam daftar keranjang nama Anda.

 

Buatlah nama itu dapat menceritakan sesuatu

Ketika ada seseorang yang bertanya mengapa memilih nama tersebut, pastikan Anda mempunyai cerita menarik di belakang nama tersebut sehingga membuat Anda sendiri tertarik ketika mendengar ceritanya.

 

Jangan mencari nama yang terlalu teknis

Nama yang terlalu teknis bukanlah nama yang baik untuk dijadikan sebagai nama Brand. Orang akan lebih suka dengan nama yang tidak terlalu terkait dengan hal teknis supaya ada cerita yang lebih besar.

 

Pastikan Anda Suka nama tersebut

Hal terpenting dalam memilih nama adalah pastikan Anda menyukai nama tersebut. Rasa suka akan membuat Anda bersemangat ketika menyebutkan nama tersebut dimanapun dan kapanpun Anda berada. Selain itu perasaan suka juga dapat mempengaruhi suasana hati ketika Anda mengerjakan sesuatu untuk perusahaan itu.

 

Jadi itulah 5 tips singkat untuk memilih nama Startup yang hebat. Jangan habiskan terlalu banyak waktu hanya untuk memilih nama. Siapkan beberapa waktu saja maka Anda akan dapat melakukan banyak hal hebat bersama startup Anda. Baca juga berita Bill Gates kembali terjun ke Microsoft. Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!

Andreas Yonathan

Kontributor: Andreas Yonathan pernah menjadi Community Manager dari Studentpreneur. Saat ini dia bekerja sebagai web developer di Miracle Clinic dan Flavare

Facebook Twitter Google+