Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Expert Tips

Mulai Bisnis Dengan Nilai, Bukan Ide Anda


“Nilai itu tak terbatas waktu. Itu adalah batu landasan dari sebuah perusahaan dan jangan mengubahnya bahkan ketika orang lain melakukan itu.”

*Catatan Editor: Tiap hari Sabtu dan Minggu, Studentpreneur akan menerbitkan artikel bersifat tips dan opini milik ahli-ahli luar negeri yang disegani. Para ahli mengirimkan naskah dalam bahasa inggris, dan kami terjemahkan untuk Anda. Kali ini penulis adalah Laurence McCahill, pendiri Spook Studio, sebuah studio design terkenal, dan Happy Startup, inkubator bisnis di Inggris.* 

 

Saya harap lebih banyak startup menyadari ini.

Terlalu banyak:

  • merekrut orang yang salah
  • membangun produk yang salah
  • dan mencari customers di tempat yang salah

“Sebuah perusahaan tidak perlu mencontohkan perilaku mereka pada apa yang perusahaan lain lakukan, karena tidak harus menarik customer yang sama atau menilai hal yang sama. Ini tidak semudah menyatakan seorang musuh dan mengalahkan mereka… Kami tidak peduli pada apa yang orang lain lakukan, karena kami tahu permainan apa yang kita mainkan – dan kami menikmatinya.” Delighted

nilai-perusahaan

Sebuah revolusi sedang terjadi

Umair Haque, penulis dan ekonomis terkenal baru saja memulai “kami pada puncak revolusi yang bermakna.”

Ia menyoroti bahwa saat ini konsumer lebih berhati-hati terhadap siapa mereka membeli produk dan apakah mereka menunjukkan nilai yang mereka pegang.

Sehingga sangat penting untuk menjabarkan nilai Anda dan apa yang Anda percaya.

Pikirkan nilai inti Anda, yang Anda sangat percaya, dimana jika Anda mengabaikan nilai itu, perusahaan Anda akan berhenti berdiri.

Bagaimanapun, jangan hanya brainstorm beberapa nilai, kemudian melupakannya – Anda perlu untuk mematuhinya setiap hari. Nilai Anda menunjukkan bagaimana Anda bertingkah laku, bukan Anda ingin menjadi bagaimana.

“Dalam absennya nilai, semua keputusan mengacu pada profit.

 

Bagaimana Mengidentifikasi Nilai Anda?

Sebuah kutipan dari latihan Mountains & Valleys dari CultureSync.

  • Pikirkan beberapa kunci peristiwa dalam hidup atau karir Anda yang penting atau menantang, dan tipe hal dalam hidup Anda yang dapat ditulis oleh seseorang dalam sebuah biografi (baik itu positif atau negatif)
  • Pada peristiwa yang positif, pertimbangkan ada nilai apa yang membuat Anda sangat puas
  • Pada peristiwa yang negatif, pertimbangkan nilai apa yang tidak ada sehingga Anda merasa tidak puas
  • Pada setiap peristiwa tersebut, lihat pada daftar nilai yang Anda identifikasi dan pertimbangkan jika ada sesuatu yang lebih dalam daripada itu. Nilai apa yang esensial untuk dunia Anda yang sempurna?

Setelah Anda melalui itu, berbicaralah dengan seseorang mengenai setiap peristiwa yang dapat membantu klarifikasi dan stimulasi nilai penting lain.

Lihat melalui semua peristiwa, ambil lima hingga delapan nilai tertinggi yang paling penting bagi Anda. Ini berdasarkan seberapa kuat Anda rasakan mengenai nilai itu.

Ini adalah nilai inti Anda.

 

Kompas Anda

Di perusahaan Spook Studio Saya (Home of The Happy Startup School), kami percaya bahwa perusahaan terbesar di masa depan akan dikendalikan oleh nilai. Nilai Anda akan menjadi sisi North sejati Anda dan akan menjadi sebuah magnet yang akan menarik orang-orang benar pada misi Anda.

Jika Anda akan menjalankan bisnis, kontrol hal-hal yang dapat Anda kontrol, antara lain:

  • tujuan Anda
  • nilai Anda
  • orang yang bekerja bersama Anda
  • produk atau jasa yang akan Anda bangun
  • customers yang Anda Tarik
  • budaya yang Anda bentuk

Sisanya akan terurus sendiri.
Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Siddhu]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Seri Orang Terkaya di Jepang 1: Kontroversi Eitaro Itoyama Dengan Yakuza.

Mahasiswi 20 Tahun Raup Puluhan Juta Rupiah per Bulan Dari Bisnis Fashion Online.

Jessica Jung sang Pebisnis Tercantik di Dunia.

Laurence McCahill

Laurence McCahill adalah pendiri dari @happystartups & @spookstudio, studio design dan inkubator bisnis besar di Inggris. Beliau mempunyai misi membantu banyak orang menemukan kebahagiaan dalam berbisnis.

Twitter