Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

7 Tips Ketika Bekerja dari Rumah


Banyak hal yang bisa mengalihkan fokus anda ketika bekerja. Apalagi ketika memulai bisnis, Anda memulainya dengan bekerja dari rumah. Suasana berisik, debu di lantai, atau tetangga Anda mengajak bergosip. Jadi, apa yang harus Anda lakukan? Berikut beberapa tips mendesain ruang kerja Anda untuk meningkatkan produktivitas Anda ketika bekerja dari rumah.

 

Tambahkan Aquarium

Sentuhan kehidupan di ruang kerja dapat membuat Anda lebih rileks. Misalnya dengan menambahkan pot tanaman kecil di meja kerja Anda, atau menambahkan aquarium di ruangan Anda. Jangan memasukkan hewan yang mengeong atau menggonggong. Mereka dapat memecah fokus Anda.

kerja-dari-rumah

Pilih Warna Hijau

Warna juga berpengaruh pada mood kerja. Gradasi yang Anda pilih pada furniture dan cat dinding Anda dapat memberi efek yang kuat pada suasana hati Anda. Ketika Anda butuh fokus, warna hijau dikatakan mampu meningkatkan konsentrasi. Untuk meningkatkan kreativitas, anda dapat memilih warna ungu. Warna merah dan oranye dikatakan dapat memberikan energi ekstra.

 

Regangkan Otot Setiap Anda Mulai Kerja

Maksudnya adalah menciptakan sebuah rutinitas sebelum bekerja. Misalnya dengan meregangkan otot tangan sebelum berkutat dengan keyboard, atau minum air putih, dan rutinitas lain yang dapat Anda kerjakan dengan mudah. Rutinitas akan memberikan sinyal ke otak sebagai tanda bahwa sudah waktunya Anda untuk serius.

 

Mengatur Jadwal Makan Siang

Ketika bekerja dari rumah, cemilan dari dapur adalah bahaya untuk produktivitas, dan berat badan Anda. Anda beresiko lebih tinggi untuk mengembara ke dapur ketika kebosanan menyerang. Maka, salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah membuat jadwal yang ketat mengenai waktu makan siang.

Suhu Ruangan yang Hangat

Temperatur ruangan berpengaruh secara drastis terhadap produktivitas kerja. Ruangan yang lebih hangat disebut-sebut mampu meningkatkan produktivitas secara signifikan.

 

Posisikan Agar Pintu Tetap Dapat Terlihat

Seolah mungkin kedengaran seperti masalah feng shui. Akan tetapi lebih tepatnya, soalan ini menyangkut tentang insting. Manusia akan lebih tenang ketika mereka tahu ada jalan keluar jika sewaktu-waktu ada bahaya.

 

Biarkan Mata Anda Beristirahat

Anda mungkin menghabiskan sebagian besar hari kerja Anda menatap layar. Hal ini tidak baik bagi mata Anda. Gunakan aturan 20-20-20 untuk menjaga mata Anda dari kelelahan. Setiap 20 menit, lihat pemandangan yang kira-kira 20 meter jauhnya selama sekitar 20 detik. Anda perlu break selama 20 menit karena psikologi populer menyebut bahwa fokus manusia cenderung berkurang setelah 20 menit.

Nah Sobat Studentpreneur, Anda juga bekerja dari rumah? Anda bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur [Photo Credit: Tina]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Pendiri Google: Pebisnis Sekarang Berpikir Terlalu Kecil

Mari Belajar Dari Kegagalan 11 Bisnis Ini

Lima Tips Orang Terkaya ke 16 di Dunia Untuk Menjadi Sukses

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+