Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

9 Contoh Usaha Kecil yang Menguntungkan


Inilah 9 contoh usaha kecil yang menguntungkan untuk kamu coba!

Sobat Studentpreneur, mempunyai usaha sendiri merupakan impian hampir semua orang. Biasanya, hambatannya adalah modal yang terlalu besar untuk mendirikan usaha. Namun sebenarnya, terutama bagi pebisnis pemula, membangun bisnis tidak harus dimulai dengan skala besar. Bisa membuat usaha kecil yang menguntungkan seharusnya menjadi target utama. Skala lebih kecil tapi menguntungkan sehingga resiko bagi kamu sangat kecil. Tim Studentpreneur telah merangkum beberapa bisnis kecil bermodal rendah yang bisa kamu coba.

 

Makelar properti

Untuk menjadi makelar properti, kamu perlu berlatih untuk meyakinkan orang dan mempunyai koneksi yang bagus. Makelar properti bisa jadi bisnis yang menguntungkan. Dengan komisi 2% dari nilai penjualan saja, apabila kamu berhasil menjual 1 rumah seharga 500 juta rupiah saja tiap bulannya, kamu telah menghasilkan setidaknya 10 juta rupiah per bulan. Kuncinya ada di kemampuan berbicara, koneksi yang bagus, serta ketajaman memilih lokasi properti untuk kita bantu jual.

 

Bisnis makanan kecil

Ini adalah contoh usaha kecil yang menguntungkan dan cocok untuk kamu yang hobi memasak. Membuat makanan kecil di pagi hari untuk dititipkan di warung sekitar bisa jadi bisnis yang memberikan tambahan penghasilan. Kamu bisa membuat sistem menaruh barang di pagi hari, dan kemudian mengambil barang sisa sekaligus pembayarannya di malam hari sesaat sebelum warung tutup. Apabila kamu membuat jajanan seharga 2000 rupiah dan menyebarkannya ke 10 warung, dimana satu warung tiap hari menjual 5 buah saja, kamu sudah mendapatkan sekitar 3 juta per bulan dari sini. Kalau sudah cukup berkembang, kamu bisa membayar pekerja lepas untuk berkeliling ke warung. Kuncinya, semakin banyak warung, semakin banyak penghasilanmu.

 

Bisnis les privat pelajaran teknis

Mengajar les privat untuk anak SD-SMA sudah mempunyai banyak saingan. Kami justru menyarankan kamu menargetkan anak kuliahan. Ada beberapa study case bisnis UKM yang berjalan lancar karena memutuskan untuk menyediakan les privat bagi pelajaran teknis seperti programming, desain, dan accounting. Rata-rata, satu guru privat bisa menghasilkan 3-5 juta per bulan. Apabila kamu bisa mencarikan anak les untuk 5 guru privat saja, dengan komisi 20% yang kamu ambil, kamu sudah bisa menghasilkan uang yang sangat lumayan.

 

Jual sarapan di bagasi mobil

Warung mobil. Source: Kurniawan

Apabila kamu mempunyai mobil, boleh juga mencoba bisnis menjual sarapan nasi di pinggir jalan. Untuk mengujicobanya, kamu bisa membuka bisnismu tiap hari Sabtu dan Minggu saja dulu. Dengan menjual satu porsi 10 ribu saja, lalu rata-rata bisnis kuliner yang mempunyai keuntungan 50%, maka tiap satu porsi terjual kamu bisa mendapatkan 5 ribu rupiah. Cukup menargetkan 50 porsi sehari, kamu bisa mengantongi setidaknya 250 ribu dalam sehari.

 

Jual beli motor bekas

Jumlah kendaraan motor di Indonesia sangatlah banyak. Namun dengan maraknya ojek online, bisnis jual beli motor bekas juga berkembang sangat pesat. Daripada membeli yang baru, banyak orang yang memilih untuk membeli motor bekas. Bisnis jual beli motor bekas merupakan salah satu jenis usaha kecil yang menguntungkan. Dengan keuntungan sekitar 500 ribu per motor, kalau kamu bisa menjual 10 motor per bulan saja, hasilnya sudah sangat baik.

 

Budidaya ikan lele

Budidaya atau ternak ikan bisa jadi opsi usaha kecil yang menguntungkan. Kenapa lele? Bagi pemula, budidaya ikan lele adalah pilihan yang tepat. Ikan lele punya daya tahan yang kuat, tidak mudah mati, dan bisa diberi makan apa saja. Selain itu, permintaan terhadap lele selalu tinggi mengingat ikan ini merupakan salah satu ikan paling populer di Indonesia. Lele bisa hidup di kolam yang tidak terlalu besar juga, sehingga ideal apabila kamu tidak punya lahan yang besar.

 

Bisnis affiliate

Salah satu usaha kecil yang menguntungkan berikutnya adalah bisnis affiliate yang cocok buat kamu yang jago berjualan tapi tidak mempunyai produk atau jasa sendiri. Dengan bergabung ke platform affiliate seperti Amazon, ClickBank, atau Idaff, kamu bisa dengan segera menjualkan produk dan jasa orang lain. Kamu akan mendapatkan komisi dari tiap penjualanmu. Dalam study case di Idaff, pebisnis affiliate yang sukses bisa menghasilkan hingga ratusan juta rupiah per bulan. Kamu hanya perlu sedikit serius dan belajar digital marketing untuk bisa menghasilkan setidaknya 3-5 juta rupiah per bulan.

 

Bisnis jus buah

Kini, masyarakat perkotaan sudah mulai aware terhadap kesehatan. Bisnis jus buah merupakan salah satu jenis usaha kecil yang menguntungkan. Kamu hanya membutuhkan blender kecil seharga 200-300 ribu rupiah untuk memulai bisnis ini. Pilihlah buah yang tidak mudah busuk sehingga bisa bertahan beberapa hari dengan penyimpanan yang baik. Contoh pilihan buah yang baik serta populer untuk bisnis jus buah adalah apel, buah naga, dan alpukat. Dengan harga jualan 10 ribu rupiah dan keuntungan 5 ribu rupiah per porsi, 50 gelas per hari sudah merupakan target yang sangat menguntungkan dan layak dicoba.

 

Bisnis gorengan

Gorengan juga bisa sangat menghasilkan. Source: Arifin

Siapa yang tidak ingin makan gorengan di sore hari menjelang pulang kantor atau sekolah? Bisnis gorengan adalah salah satu contoh usaha kecil yang menguntungkan. Serunya lagi, kamu tidak perlu menjalankan bisnis ini sendiri. Kamu bisa memakai pekerja lepas untuk menjaga stand gorenganmu. Rata-rata satu stand gorengan bisa menghasilkan antara 200-300 ribu rupiah per hari. Modal awal yang diperlukan sekitar 3-5 juta rupiah untuk membuat gerobak dan membeli bahan baku awal.

 

Itulah pilihan usaha kecil yang menguntungkan buat kamu Sobat Studentpreneur. Bagaimana pendapat kamu? Yuk follow facebook Studentpreneur dan ikutan kelas online-nya buat belajar bisnis lebih lanjut.

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

How to Sell Anything in 3 Simple Steps

Cara Mencari Investor Untuk Startup Baru

Laporan Keuangan Untuk Pemula

Ricza Try Wicaksono

Ricza merupakan pengamat startup dan saat ini bekerja di startup Jepang, Wondershake.

Facebook Twitter