Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Tembok


Ada berapa banyak warung pecel lele yang kamu lewati setiap harinya? Sebanyak itulah juga peluang dalam berbisnis ikan lele.

Ikan lele merupakan jenis ikan yang sering dibudidayakan oleh banyak orang karena memiliki prospek bisnis yang menguntungkan. Selain dari segi bisnis, sebagian besar orang juga sudah mengetahui kalau ikan lele merupakan salah satu makanan favorit masyarakat dan menyebabkan permintaan pasar yang tidak pernah surut. Cara budidaya ikan lele juga merupakan salah satu budidaya ikan yang lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan budidaya ikan lainnya.

Hal ini disebabkan karena ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang mampu bertahan dalam segala kondisi kolam dan lingkungan sekitar. Tidak heran kalau begitu banyak metode atau jenis kolam yang bisa digunakan untuk membudidayakan ikan lele ini, dan cara budidaya ikan lele di kolam tembok merupakan cara yang dinilai menguntungkan dibandingkan dengan cara lain. Lalu, bagaimana cara budidaya ikan lele di kolam tembok? Apa saja manfaat kolam tembok tersebut? Berikut penjelasannya.

 

Cara Budidaya ikan Lele di Kolam Tembok

Ukuran Kolam

Cara budidiaya ikan lele di kolam tembok sebenarnya membutuhkan biaya yang lebih mahal dibandingkan dengan budidaya ikan lele melalui kolam terpal atau kolam tanah. Tapi sebenarnya budidaya satu ini merupakan cara yang paling efektif dan juga lebih menguntungkan.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuat kolam berukuran paling kecil sekitar 1×3 meter dan umumnya 2×5 meter. Setelah pembuatan kolam selesai, biarkan saja kolam tersebut kosong tanpa ikan dan air selama beberapa hari hingga bermacam zat  berbahaya dari pembuatan tembok tersebut hilang dan nantinya mengganggu pertumbuhan budidaya ikan lele milikmu.

 

Syarat dalam Penggunaan Kolam tembok

Untuk kolam yang terbuat dari semen biasanya memiliki ukuran kolam dengan luas sekitar 100 meter dengan lebar pematangnya sekitar 30-40 cm saja, dan ketinggian kolam mulai dari 1-1.5 meter. Dalam pembuatan kolam tembok dari semen ini ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu, yakni:

  • Pada dasar kolam harus dibuat agak melandai ke titik pusat pintu keluar dengan kemiringan minimal 5 derajat.
  • Pada saluran pipa untuk pembuangan atau pemasukan air dibuat dengan menggunakan pipa PVC 3.
  • Pada pipa pengeluarnya tersebut sebaiknya diusahakan agar dapat mengeluarkan lapisan dasar karena lapisan tersebut akan banyak mengandung bahan endapan lumpur dari sisa makanan dan kotoran ikan.

 

Persiapan Kolam

Dalam menjalankan cara budidaya ikan lele di kolam tembok, kamu harus mengisi air sebanyak ½  dari ketinggian sebelum dimasukan bibit-bibit ikan lelenya. Langkah selanjutnya yang kamu lakukan adalah untuk memasukkan pelepah pisang ke dalam bak tersebut sebanyak-banyaknya untuk mengikat senyawa berbahaya yang tertinggal pada kolam.

Tapi sebelum itu, kamu harus menaburkan pupuk kandang dan kapur pupuk guna mengurangi kadar keasaman dalam air sehingga air bisa dikontrol secara baik. Kamu baru bisa memulai budidaya ikan lele setelah campuran pelepah pisang, pupuk kandang, dan pupuk kapur membusuk selama 2 minggu.

 

Pemilihan Bibit yang Berkualitas

Bagi kamu yang ingin mulai bisnis budidaya ikan lele dan mendapatkan hasil serta kualitas yang maksimal, pastikan kamu sudah memilih bibit yang berkualitas. Guna mengetahui mana saja bibit yang berkualitas, kamu bisa mengetahui beberapa karakteristik dan ciri-cirinya di bawah ini:

  • Jika diperhatikan pada gerak bibit atau ikan lele, pastikan kamu memilih ikan yang memiliki gerakan yang lincah. Apabila kamu melihat bibit lele yang lemas atau kurang bergerak, disarankan untuk tidak membelinya.
  • Kalau dilihat secara fisik, pilihlah bibit ikan yang mulus dan bebas dari luka lecet. Pada umumnya bibit lele atau lele yang baik memiliki warna tubuh yang sewarna antara coklat atau hitam kemerahan. Jika kamu menemukan ikan lele yang banyak lecet di tubuhnya, maka semakin tinggi tingkat kematian pada lele tersebut.
  • Kamu juga bisa memilih ikan lele atau bibit lele yang terlihat bergerak melawan arus dengan lembut. Mengapa? Karena secara umum atau sebagian besar ikan lele yang melawan arus biasanya bibit tersebut dalam kondisi baik begitu juga dengan sebaliknya. Jika kamu melihat ada bibit lele yang bergerak terbawa arus, maka sebaiknya bibit tersebut tidak kamu pilih.

Adapun untuk ciri-ciri dari bibit ikan lele yang memiliki karakter yang cukup baik untuk dibudidayakan, antara lain:

  • Memiliki tubuh yang berwarna cerah, fisiknya Nampak sehat, dan gerakan tubuhnya sangat lincah di air
  • Memiliki dua pasang sirip bawah, baik di sisi leher hingga tengah tubuh.
  • Sirip punggung sepanjang tubuh masih utuh atau komplit (yakni 4 pasang) berarti kondisi ikan tersebut semakin prima dan baik untuk dipilih.

 

Persiapan dan Penebaran Bibit Ikan Lele

Setelah kamu menemukan dan mendapatkan benih atau bibit ikan lele, cara budidaya ikan lele di kolam tembok selanjutnya adalah menebarkannya ke kolam. Namun, sebelum kamu menebarkan bibit tersebut ke dalam kolam, sebaiknya kamu memasukan bibt ikan tersebut ke dalam wadah atau ember yang berisi air kolam selama 30 menit.

Hal ini dilakukan agar benih ikan lele milikmu mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya setelah ditebar ke dalam kolam pemeliharaan. Lalu, langkah selanjutnya adalah lakukan penebaran tersebut dengan cara memasukan ember pada kolam, lalu miringkan dan biarkan benih ikan lele keluar dengan sendirinya.

 

Pemberian Pakan Ikan Lele

Dalam budidaya lele, pemberian pakannya agak berbeda dengan budidaya ikan lainnya. Jika pada ikan lainnya sudah bisa diberi pakan secara langsung, maka untuk ikan lele dibiarkan dulu selama 3 hari tanpa makanan. Tenang saja, hal ini tidak akan membuat lele kamu mati, lele tersebut tetap bisa makan dari bahan-bahan alami yang sudah kamu persiapan dalam tahap pemupukannya.

Dari tahap pemupukan sebelumnya, proses pembusukan pelepah pisang akan menghasilkan pakan alami untuk bibit ikan lele milikmu. Pakan alami tersebut berupa kutu air, plankton, dan lainnya. Pada hari ke 4, barulah kamu bisa memberikan pakan untuk mereka berupa pelet. Pemberian pelet tersebut harus disesuaikan dengan jumlah bibit yang kamu punya atau dengan takaran 3-5% per ekor dari bobot ikan. Mengenai jenis peletnya kamu bisa mendapatkannya di toko peternakan atau pakan ikan. Pemberian pakan ini bisa dilakukan secara rutin 2x sehari.

Jika kamu ingin mempercepat masa pertumbuhannya, kamu bisa sesekali memberikan penambahan nutrisi bagi ikan lele dengan POC Nasa, Hormonic atau Viterna Plus yang juga sudah diperjual belikan di toko peternakan sekitar kamu. Produk-produk ini kelak akan berfungsi untuk merangsang pertumbuhan ikan, sehingga bisa dipanen lebih cepat dengan tingkat pertumbuhan yang maksimal.

 

Sirkulasi Oksigen dalam Kolam

Ketika kamu menjalankan bisnis budidaya ikan lele di kolam, pastikan untuk selalu rajin mengganti air dalam kolam secara berkala agar peredaran oksigen di dalam kolam tersebut selalu terjaga baik. Mengenai saluran pembuangan di kolam, seperti yang sudah dibahas pada awal artikel, pastikan kamu sudah membuat lubang dengan ukuran sebesar selang paralon. Agar ikan kamu tidak ikut keluar melalui saluran pembuangan tersebut, kamu bisa menyiasatinya dengan cara menutup pintu tersebut dengan jaring.

 

Masa Panen Ikan Lele

Photo credit: DEZALB (pixabay.com)

Masa panen budidaya ikan lele sudah bisa memanen ikannya setelah berumur 2-3 bulan sejak awal penebarannya dengan bobot sekitar 5-7 ekor/kg. Proses pemanenan dalam cara budidaya ikan lele di kolam juga lebih mudah, yakni dengan membuang airnya dengan cara membuka saluran pembuangan hingga air kolam tersisa sekitar 10-20 cm saja dan lalu tangkap ikan menggunakan serokan khusus untuk menangkap ikan. Mudah, kan?

Nah itulah beberapa langkah atau cara budidaya ikan lele di kolam tembok atau semen. Caranya cukup mudah, kan? Mungkin biaya yang dikeluarkan dari budidaya ikan lele satu ini lebih mahal dari metode budidaya lainnya, tetapi cara ini lebih efektif dan juga membutuhkan biaya perawatan yang lebih sedikit dibandingkan dengan metode lainnya. Selain itu, ada banyak manfaat budidaya ikan lele di kolam tembok ini yang bisa kamu dapatkan, berikut penjelasannya:

 

Manfaat Budidaya Ikan Lele Kolam Tembok

  • Kolam tembok merupakan kolam yang paling awet digunakan dibandingkan dengan kolam lainnya karena memiliki struktur bangunan yang paling kokoh
  • Tidak merepotkan karena tidak perlu memasang atau mengganti terpal ketika ditemukan adanya kebocoran atau sobek.
  • Biaya perawatannya pun paling murah

Bisnis budidaya lele dibilang cukup menguntungkan karena memang pemasaran ikan lele tersebut tidaklah sulit. Mengingat peluang pemasaran lele masih cukup besar dan permintaan pasarnya juga masih terbilang tinggi. Usaha ternak lele juga merupakan salah satu bisnis usaha yang cocok untuk pemula, karena modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar dan bahkan ikan lele ini bisa dijadikan sebagai bisnis sampingan.

Khusus untuk kamu yang sibuk dengan aktifitas kantor seperti karyawan swasta, PNS, dan pegawai lainnya, bisnis budidaya lele tidak selalu harus ditunggu terus. Kamu cukup merawatnya sesuai jadwal pemberian pangannya saja atau ketika ingin menguras kolam dan hal tersebut pun bisa dilakukan setiap akhir pekan.

Tidak hanya itu, ada beberapa alasan mengapa bisnis budidaya ikan lele merupakan bisnis yang sangat menguntungkan. Ikan merupakan salah satu sumber protein yang murah dan cocok dijadikan sebagai pengganti daging yang baik. Pada kenyataannya, tidak ada makanan yang dikonsumsi orang Indonesia tanpa lauk seperti ikan atau daging. Bahkan daging putih seperti ikan merupakan salah satu makanan yang direkomendasikan oleh praktisi kesehatan. Selain itu banyak pusat rekreasi di Indonesia terutama di restoran dan kedai makanan yang membutuhkan pemasok lele secara berkala.

Jadi, jika disimpulkan budidaya ikan lele ibarat peluang bisnis menjanjikan yang belum dimaksimalkan oleh banyak orang dan sebaiknya kamu memanfaatkan peluang bisnis satu ini sebelum diambil oleh orang lain.

 

Yuk follow facebook Studentpreneur dan ikutan kelas online-nya buat belajar bisnis lebih lanjut.

 

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

Peluang Big Data di Masa Depan

Dunia Investasi Startup di Tahun 2017

Cara Mencari Investor untuk Startup Baru

 

Nisrina Darnila

Pernah bekerja untuk National Geographic Indonesia, kini Nisrina aktif di salah satu content agency di Jakarta

Facebook