Tips
Mengelola Social Media Ala Juara Dunia Catur
Olahraga catur identik dengan orang tua jenius yang membosankan. Beberapa orang hebat yang pernah menjadi juara dunia catur seperti Gary Kasparov, Vladimir Kramnik, dan Viswanathan Anand adalah tipe orang yang membosankan dan hampir tidak pernah menyentuh social media seperti facebook atau Twitter. Namun, juara dunia catur terbaru, Magnus Carlsen, sangat berbeda. Remaja yang masih berusia 22 tahun ini sangat aktif memarketingkan dirinya sendiri melalui social media terutama facebook dan Twitter. Berbeda dengan juara dunia lain yang membosankan, Magnus adalah remaja gaul yang banyak memposting hal-hal seru dalam social medianya. Pebisnis muda bisa belajar banyak dari Magnus Carlsen tentang cara mengembangkan personal branding yang kuat. Inilah yang diamati oleh tim Studentpreneur tentang cara mengelola social media ala juara dunia catur.
Magnus Carlsen Menceburkan Diri Setelah Menjadi Juara Dunia
Punya Prestasi? Pamerkan
Ini adalah salah satu strategi paling dasar dalam mengelola social media baik untuk bisnis maupun personal branding. Tiap kali memenangkan sesuatu, Magnus Carlsen selalu memposing foto di facebook dan Twitter dengan cara yang unik. Contohnya ketika dia baru saja resmi menjadi juara dunia setelah mengalahkan Viswanathan Anand, hal pertama yang dia lakukan bukanlah membuat press conference seperti juara dunia normal, namun justru berlari dan menceburkan diri ke kolam renang, meminta seseorang memfotonya, dan menulis tweet, “Finally World Champion! Thanks to all for your support!” Cara ini sederhana, namun membuat fans yang melihat tweet tersebut tersenyum dan senang hati meretweet kabar gembira itu. Hasilnya 2354 fans meretweet dan 2092 orang menjadikannya favorit, menghasilkan ribuan fans baru bagi Magnus Carlsen.
Kata-Kata Motivasi
Bukan segombal motivator biasa, cara Magnus Carlsen memotivasi fansnya sangat sederhana namun mengena. Contohnya dalam salah satu training camp-nya sebelum kejuaraan dunia, dia mengetweet kata-kata dari fortune cookie yang dia makan. Kata-kata tersebut sederhana, “All the effort you are making will ultimately pay off”, menekankan seberapa keras Magnus berlatih menjelang kejuaraan dunia. Hal ini membuat ratusan fansnya menyemangati Magnus, sekaligus menjadi semangat dan terinspirasi bahwa untuk bisa sukses seperti Magnus, harus bekerja keras dan percaya bahwa kerja keras akan terbayar suatu hari nanti.
Berikan Tips yang Berguna dan Relevan
Magnus Carlsen sering berbagi tips bermain catur untuk fans yang mengikuti facebook dan Twitternya. Tips tersebut biasanya berupa sebuah study case yang memaksa fans berpikir dan berusaha menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi oleh Magnus. Bagi fans yang berhasil memecahkannya, biasanya ada hadiah kecil dari Magnus, seperti contohnya difollow oleh Magnus Carlsen. Sederhana memang hadiahnya, namun sangat berarti apabila Anda adalah pecinta catur. Sering juga fans catur bertanya tentang teknis catur yang dijawab oleh Magnus secara personal. Kepedulian Magnus terhadap fansnya adalah salah satu kunci utama keberhasilan dia di social media.
Sobat Studentpreneur, bagaimana menurut Anda tips social media ala juara dunia catur ini? Anda punya tips lain untuk menambahkannya? Share di comment ya!
[Photo Credit: @magnuscarlsen]