Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Tips

Truk, Mobil, dan Sepeda Motor Dalam Teknologi


Akan tiba waktu dimana PC akan menjadi Truk yang hanya dibutuhkan oleh sebagian orang saja. – Steve Jobs.

Salah satu orang yang paling disegani di dunia teknologi pernah memprediksi tren dunia komputer di masa mendatang. Alm. Steve Jobs, yang merupakan pendiri Apple pernah mengibaratkan komputer tradisional a.k.a. Personal Computer (PC) sebagai “truk” dan tablet sebagai “mobil”. Hal itu disampaikannya dalam konferensi D8 beberapa tahun lalu.

Pada kenyataannya kini ada 3 jenis kendaraan yang sering digunakan masyarakat untuk bepergian, mengantarkan barang, dan juga salah satunya juga untuk keperluan bisnis. Ternyata hal tersebut juga sama dalam dunia perangkat elektronik yang kini sering digunakan oleh masyarakat. Jika Steve Jobs dulu hanya memprediksi 2 jenis, ternyata yang terjadi justru telah muncul hingga 3 jenis. Walau begitu, tiap kendaraan memiliki kegunaan yang berbeda. Untuk itulah sebelum menggunakannya, kita harus mengetahui jenis kendaraan mana yang paling tepat untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis kita.

 

Truk

Perumpamaan truk ini cocok untuk disematkan pada komputer tradisional atau lebih dikenal dengan Personal Computer (PC). Saat ini ada 2 jenis Personal Computer, yaitu Desktop PC dan Notebook PC. Sesuai dengan karakteristik truk yang memiliki tenaga dan kapasitas yang besar, komputer ini cocok untuk digunakan untuk mengerjakan hal-hal berat seperti menyusun proposal / laporan, desain grafis, merender video, bahkan bisa menjadi server jaringan. Selain itu dengan kapasitas penyimpanannya yang besar menjadikan jenis kendaraan ini juga sangat ideal sebagai tempat penyimpanan data-data yang berhubungan dengan usaha kita. Namun PC bukanlah barang yang praktis dibawa kemana-mana.

steve-jobs-meninggal

Mobil

Perumpamaan mobil ini cocok untuk disematkan pada Tablet PC. Karakteristik mobil yang sudah lebih ramping daripada truk membuat penggunanya lebih mudah untuk melakukan aktivitas sehari-hari, apalagi tenaga dan kapasitas yang dimiliki juga hampir sebanding dengan truk. Tablet yang mudah dibawa kemana-mana dapat dikatakan lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan dasar kita, karena selain dapat melakukan pekerjaan sehari-hari, pekerjaan menengah seperti mengetik dokumen hingga menggambar sketsa pun bisa dilakukan dengan nyaman.

 

Sepeda Motor

Ini yang paling sering kita temui di Indonesia saat ini. Smartphone memiliki karakteristik sepeda motor, yaitu praktis, ramping, dan lincah dibawa kemana-mana. Hanya sepeda motor yang dapat dengan lincah meliuk-liuk di tengah jalanan yang macet, putar balik dengan cepat bila salah jalan, hingga masuk ke dalam gang sempit. Sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ataupun mengerjakan pekerjaan ringan seperti mencatat To-Do-List harian, membuka email, mengecek dokumen, hingga mencari informasi mengenai hal-hal yang belum kita ketahui dengan cepat. Smartphone juga masih memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh perangkat lain, yaitu fitur telpon dan kontaknya. Hanya dengan fitur ini kita dapat menyimpan kontak kenalan baru pada suatu acara networking, atau menelpon mitra kerja, bahkan sampai berkirim pesan pada pelanggan hanya untuk menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang mereka berikan pada kita.

Itulah 3 jenis perumpamaan kendaraan dalam teknologi. Meski kelihatannya sepele, tetapi hal ini perlu kita ketahui agar kita dapat mengoptimalkan setiap perangkat teknologi yang kita miliki. Jangan sampai kita sudah memiliki perangkat teknologi mobile seperti tablet dan smartphone, namun hanya untuk mengecek email saja kita masih membuka lewat PC. Dengan mengetahui kegunaan masing-masing perangkat, seharusnya produktivitas kita dapat meningkat lebih baik lagi. Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Noppan]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Mahasiswi 20 Tahun Bangun Bisnis Fashion Dengan Omzet Bulanan 20 Juta Rupiah

Perusahaan Mantan Guru Bahasa Inggris Ini Dihargai 1800 Trilliun Rupiah

The Newbies 2 – Gadis 16 Tahun Bangun Bisnis Persewaan Kamera yang Sukses

Andreas Yonathan

Kontributor: Andreas Yonathan pernah menjadi Community Manager dari Studentpreneur. Saat ini dia bekerja sebagai web developer di Miracle Clinic dan Flavare

Facebook Twitter Google+