Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Panduan Lengkap Cara Membuat Facebook Pages Untuk Bisnis


Berikut adalah panduan lengkap cara membuat facebook pages untuk bisnis baru Anda.

Seperti yang banyak disebutkan di artikel Studentpreneur, bahwa promosi yang baik adalah lewat media online. Mengapa? Karena murah dan mudah. Karena media online itu sangat banyak, mulai dari website, iklan, forum sampai sosial media. Kita sekarang akan membahas secara lengkap tentang bagaimana menggunakan facebook untuk bisnis. Banyak sekali yang menyalahgunakan Facebook untuk bisnis secara sembarangan. Mulai dari spam atau menggunakan akun pribadi. Padahal Facebook sendiri ada tempat sendiri untuk para pebisnis, yaitu Facebook Pages. Nah, sekarang kita akan membahas secara dalam bagaimana cara membuat Facebook Pages untuk bisnis.

 

Masuk kedalam akun Facebook Anda

fb-page-guide1

Yang paling mutlak untuk membuat Facebook Pages untuk bisnis adalah, Anda harus mempunyai akun Facebook. Jika tidak punya, Anda harus segera mendaftar. Ketika sudah mendaftar atau Anda sudah mempunyai akun Facebook, Anda bisa menuju ke http://www.facebook.com/pages/create.php pada browser Anda.

Setelah itu Anda akan melihat 6 pilihan kategori:

  • Local Business or Place
  • Company, Organization or Institution
  • Brand or Product
  • Artist, Band or Public Figure
  • Entertainment
  • Cause or Community

Ini sangat harus Anda perhatikan, karena ketika Anda memilih salah satu dari kategori Facebook Pages tersebut, itu akan berpengaruh terhadap pencarian yang relevan di Facebook. Misalnya Anda mempunyai bisnis kuliner, Anda bisa menggunakan “Local Business or Place”, jika misalnya Anda mempunyai bisnis software ataupun kuliner tetapi Anda menonjolkan suatu produk, Anda bisa menggunakan “Brand or Product”. Setelah memilih, pastikan Anda  setuju dengan Facebook Pages Terms.

 

Isilah informasi tentang pages Anda selengkap dan sedetail mungkin

fb-page-guide2

Inilah biasanya kekurangan dari beberapa bisnis yang ada di Facebook. Mereka seenak mengisi profile dan informasi yang ada di Facebook Pages mereka. Padahal, dari informasi inilah pelanggan bisa mengetahui sebenarnya apa dan bagaimana bisnis Anda berjalan dan bisnis Anda tawarkan. Pernah kan Anda mencari produk, lalu terhubung di Facebook tetapi kecewa karena produk yang Anda lihat ternyata tidak jelas.

Nah, untuk itulah Anda bisa mengisi profile dan informasi di Facebook Pages Anda dengan detail dan selengkap mungkin. Yang pertama adalah foto, Anda bisa menggunakan logo dari bisnis Anda, jika tidak punya Anda wajib membuat togo atau minimal tulisan. Foto ini adalah hal yang penting, karena setiap Anda posting foto dari Facebook Pages itulah yang muncul. Jadi hal wajib Anda membuat foto profile yang menarik.

Lalu yang kedua adalah halaman about, disini akan terbagi Short Description dan Long Description. Sudah tidak perlu dijelaskan lagi kan, Anda harus mengisi Short Description dengan deskripsi yang pendek 1 sampai 2 kalimat. Baru untuk Long Description, Anda bisa menjelaskan panjang lebar tentang bagaimana bisnis Anda dan macam-macam produk Anda. Dan jangan sampai lupa untuk mengisi url website, alamat serta nomor telepon.

 

Jelajahi Admin Panel Anda

fb-page-guide3

Apa ini Admin Panel? Disini adalah Anda bisa menjadi raja dari Facebook Pages Anda. Disini Anda akan mulai membangun Facebook Pages Anda untuk bisnis dari awal. Pertama disini Anda bisa mengedit halaman Page Anda, mulai dari mengupdate deskripsi atau mengganti foto profile.

Selain itu Anda bisa mengatur peran administrator, jika Anda mempunyai karyawan sendiri yang bertugas untuk mengatur Facebook Pages Anda ini, Anda bisa memberikannya hak administrator. Tugas administrator ini selain mengedit atau mengupdate deskripsi Facebook Pages Anda, administrator bisa membuat konten, mengupload foto ataupun membalas komentar. Selain itu, administrator juga bisa menghapus komentar yang negatif atau tidak relevan.

 

Isi konten dari Facebook Pages Anda

Setelah semuanya sudah terisi, sekarang saat Anda membuat konten. Pertama konten yang harus Anda isi adalah foto cover, foto cover ini cukup besar dan bahkan lebih besar daripada foto profile. Jadi Anda bisa meletakkan deskripsi singkat bisnis Anda disertai foto produk yang menarik. Selain itu Anda bisa meletakkan foto-foto promo dari bisnis Anda.

Foto cover selesai? Saatnya mengupdate foto, video, event serta album. Sebenarnya, pentingnya dari Facebook Pages untuk bisnis adalah foto produk. Semakin detail dan menarik foto produk Anda, semakin menarik pelanggan pula. Pelanggan bisa akan terpuaskan ketika melihat lengkapnya deskripsi informasi produk dan tentu foto yang menarik. Lalu Anda bisa menambahkan event jika bisnis Anda mengadakan event. Konten tambahan seperti video atau album bisa Anda atur sedemikianrupa juga.

 

Update-lah sesering mungkin tetapi tidak sering

Bagaimana ini maksudnya? Anda bisa memposting foto atau konten informasi yang berguna di Facebook bisa 4 sampai 5 kali dalam sehari. Biasanya pagi hari saat jam masuk kantor, saat makan siang, sore hari dan malam hari. Anda bisa mengatur sendiri. Nah, Anda harus update sesering mungkin ketika ada komentar dari pelanggan. Ini penting, pelanggan jangan sampai merasa tidak dihiraukan. Maka dari itu, Anda bisa menugaskan administrator lain untuk membalas komentar.

 

Membangun calon pelanggan Anda dan memantau

fb-page-guide4

Ketika semua sudah lengkap dan detail, yang harus Anda lakukan adalah berpromosi. Pertama pada karyawan, keluarga dan teman-teman Anda. Jangan terlalu spam atau sembarangan, Anda bisa menginvite beberapa dalam sehari. Selebihnya Anda bisa mempromosikan Facebook Pages Anda dihalam Facebook Anda sendiri, atau meminta bantuan teman-teman Anda. Berinteraksi juga akan membantu membangun calon pelanggan Anda.

Lalu yang kedua adalah memantau, didalam admin panel Anda akan melihat View Insight. Disana Anda melihat pergerakan dan pola dari Facebook Pages Anda. Mulai dari berapa Likes sehari, lalu komentar serta page views. Disana Anda akan meliahat apakah Facebook Pages untuk bisnis Anda ini berjalan dengan baik atau tidak.

fb=page-guide-pf

Nah, sekarang Anda sudah melihatkan bagaimana cara membangun Facebook Pages untuk bisnis. Bagaimana menurut Anda? Silakan tulis komentar Anda melalui kolom dibawah ini. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: FB Studentpreneur dan MKH]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Hanya Lulusan SMK, Bisnis Anak Indonesia Ini Berjaya di Dunia Internasional

Tokopedia, Startup Lokal yang Mendapatkan Investasi 1,2 Trilliun Rupiah

Pendiri Coca-Cola Malah Mati Miskin

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+