Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Alasan Orang Takut Membeli atau Menggunakan Jasa


Sobat studentpreneur, dalam menjalani bisnis kita seringkali mengalami penolakan, hanya karena orang (baca: calon pelanggan) takut untuk membeli atau menggunakan jasa yang ditawarkan. Nah agar penjualan semakin baik, diperlukan beberapa hal yang dapat menarik orang untuk “jatuh cinta” terhadap barang dan jasa yang ditawarkan. Sebelum anda bisa membuat orang jatuh cinta, pastikan dulu mereka tidak “takut” membeli. Berikut ini beberapa hal yang membuat orang takut membeli barang dan jasa:

ketakutan

  • Pembawaan

Pembawaan yang terkesan memaksa, tidak peduli, datang di waktu yang kurang tepat.

Solusi: Datanglah sebagai penasehat sehingga orang akan melihat kita sebagai pembawa solusi bukan untuk menjual.

  • Takut membuat kesalahan

Apabila menggunakan trik dengan presentasi, coba hindari hanya menonjolkan kelebihan. Cobalah untuk menyeimbangkan dengan menambahkan kelemahan produk anda. Calon pelanggan akan merasa lebih percaya pada anda.

Solusi: Perlakukan dengan baik, adil, dan seimbang.

  • Merasa tidak nyaman atau dibohongi

Apabila seseorang sudah pernah tertipu biasanya sulit baginya untuk percaya dan akan bersifat defensif karena merasa tidak nyaman.

Solusi: Jaga integritas dan jangan terlalu agresif.

  • Alasan menambah utang

Orang akan cenderung menghitung pengeluaran karena takut rugi.

Solusi: Carilah celah dengan menawarkan sesuatu yang memiliki benefit lebih tinggi daripada nilai yang dikeluarkan oleh customer.

  • Takut akan ketidaktahuan

Apabila produk barang atau jasa yang kita tawarkan baru bagi calon customer, jangan memberi kesan untuk menggurui atau lebih pintar dari dia.

Solusi: Gunakan trik “Consultative selling” atau “educative selling”, karena tidak semua orang ingin digurui.

  • Jera akan pengalaman masa lalu

Trauma akan masa lalu membuat calon customer defensive

Solusi: Berikan self service yang ekstra agar pengalaman buruk itu tidak menghantui lagi sehingga membuka jalan kemungkinan untuk membeli produk yang kita tawarkan.

 

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter