Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Alibaba Investasikan 6 Trilliun Rupiah Untuk Smartphone China


Setelah mendapat pendanaan besar, kini Alibaba menginvestasikan dananya untuk perusahaan smartphone asal China.

Siapa memang sekarang yang tidak mengenal Alibaba. Alibaba adalah perusahaan e-commerce terbesar di dunia. Untuk yang belum tahu kebesaran dari Alibaba, Alibaba ini mempunyai nilai jual sebesar 231 miliar dolar. Nah, dengan perusahaan sebesar itu, Alibaba ternyata tidak berhenti berkreasi, pada tanggal 9 Februari 2015 kemarin, Alibaba Group mengumumkan telah berinvest sebesar 6 triliun rupiah kepada Meizu. Meizu adalah salah satu perusahaan smartphone terbesar di China.

 

Usut punya usut, ternyata Alibaba mempunyai sistem operasi sendiri

Banyak yang mengerut dahi ketika mengetahui Alibaba berinvest dengan angka sebesar itu. Ternyata, Alibaba ini mempunyai sistem operasi mobile sendiri yang dinamakan YunOS. Sebenarnya YunOS ini produk lama dari Alibaba. Melalui anak perusahaannya, yaitu AliCloud, mereka membuat YunOS pada tahun 2011. Bahkan AliCloud mengklaim bahwa sudah ada 1 juta smartphone yang terjual dengan YunOS didalamnya.

YunOS adalah sistem operasi yang bisa dipakai diperangkat Android. Jadi pada intinya adalah YunOS ini ingin menyaingi Android. Untuk mewujudukannya, Alibaba bekerja sama dengan Meizu. Sekarang produk smartphone terbaru Meizu adalah Meizu MX4 yang sudah memakai YunOS 3.0. Nah, untuk bersaing dengan Android, Alibaba pun harus mempunyai smartphone yang bagus juga.

Meizu sebenarnya bukan smartphone yang paling banyak dipakai di China. Pada tahun 2015 ini saja, Meizu “hanya” mempunyai target untuk menjual 20 juta smartphone. Jika dibandingkan Xiaomi yang sudah menjual 60 juta smartphone pada tahun 2014.

“Ini adalah salah satu ekspansi yang sangat tepat bagi Alibaba Group dan salah satu langkah penting terhadap langkah kami memasuki industri mobile” terang Jiang Wang, Chief Technology Officer.

YunOS sekarang masih dalam tahap melepaskan bayang-bayang dari Android, karena beberapa pihak mengatakan bahwa YunOS adalah tiruan Android. Tetapi pihak Alibaba sendiri mengatakan cara kerja YunOS sangat berbeda dengan Android. Maka dari itu, Alibaba sekarang berfokus untuk memperbaiki cara kerja dari YunOS.

hape-meizu

Alibaba dikenal dengan perusahaan yang tidak segan mengeluarkan banyak uang untuk membuat ide-ide gila. Walaupun awalnya adalah perusahaan e-commerce, sekarang Alibaba group sudah berubah menjadi perusahaan teknologi besar di China. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Julien]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Hanya Lulusan SMK, Bisnis Anak Indonesia Ini Berjaya di Dunia Internasional

Tokopedia, Startup Lokal yang Mendapatkan Investasi 1,2 Trilliun Rupiah

Pendiri Coca-Cola Malah Mati Miskin

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+