Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Kenapa Kantor Anda Perlu Membeli Sebuah Mesin Espresso


Mesin Espresso Bisa Memberi Tambahan Semangan dan Produktivitas Bagi Tim Anda.

Ketika mendirikan bisnis Anda untuk pertama kali, Anda akan membuat kesalahan. Entah menyewakan ruang kantor yang terlalu besar atau terlalu kecil, menghabiskan uang terlalu banyak pada pesta liburan, atau mempekerjakan tim penjualan ketika produk Anda masih belum siap untuk dilihat masyarakat. Namun kesalahan terbesar yang mungkin akan Anda lakukan adalah seringkali kurang murah hati ketika berkaitan tentang berinvestasi pada orang. Kecuali bisnis Anda bergerak di bidang manufaktur, investasi tertinggi Anda akan selalu berkaitan dengan orang – gaji, tunjangan, liburan perusahaan, dan seterusnya. Mesin espresso hanyalah sebuah kiasan untuk menggambarkan kebutuhan stakeholder di dalam perusahaan Anda. Ketika Anda berinvestasi dalam kebahagiaan mereka, maka Anda berinvestasi pula pada produktivitas bisnis Anda.

 

Setetes kafein untuk tim Anda

Mesin kopi cenderung mahal, dan seringkali dianggap pemborosan, tidak ada ROI di dalamnya, katanya. Padahal tanpa kehadirannya, anggota tim Anda mungkin akan membuat setidaknya satu, atau justru beberapa kali perjalanan ke Starbucks sepanjang hari. Do the math. Jika Anda memiliki seorang karyawan yang membuat 1 miliar setahun atau 500 ribu perjam, maka jalan 15 menit ke Starbucks akan menghilangkan produktivitas Anda senilai 160 ribu. Jika dia membeli kopi dua kali sehari, artinya Anda kehilangan 1,6 juta produktivitas per minggu. Jadi ketika Anda memiliki 10 teknisi berkafein, mesin kopi seharga 5 juta terbayar dalam waktu kurang dari sebulan. Jika Anda hanya perlu mengeluarkan beberapa juta untuk membuat tim Anda lebih bahagia dan lebih hadir, kenapa tidak?

 

Perusahaan yang makan bersama, tinggal bersama

Google mengetahui hal ini. Mereka memberikan makan siang gratis bagi karyawan mereka karena mereka tahu, ROI di baliknya jauh lebih besar. Bukan hanya untuk memastikan karyawan bergizi baik, akan tetapi memfasilitasi karyawan individu yang biasanya tidak bertemu satu sama lain untuk ngobrol. Dampaknya? Produktivitas yang meningkat. Mendorong karyawan lintas departemen atas dasar makan siang akan meningkatkan kolaborasi, menempa hubungan, dan jaringan di seluruh tim.

Mesin-Espresso

Monitor yang berlimpah dan kursi yang nyaman

Selain berinvestasi dalam kebahagiaan tim, perusahaan-perusahaan sukses juga mengalokasikan modal untuk produktivitas karyawan masing-masing. Ketika teknisi meminta tiga monitor sehingga mereka dapat membagi layar mereka dan coding lebih cepat, maka jangan pelit. Lagipula, semakin produktif karyawan Anda, semakin baik bisnis Anda.

 

Kaus sepakbola untuk keuntungan jangka panjang

Anda dapat memberikan setiap karyawan sebuah jersey baru yang menampilkan nomor karyawan di bagian punggung sebagai hadiah penyambutan di hari pertama. Anda mungkin tidak langsung melihat ROI darinya. Tetapi dengan mengalokasikan modal untuknya, Anda berinvestasi dalam masa depan perusahaan Anda pada seorang karyawan yang peduli tentang visi perusahaan Anda dan anggota tim satu sama lain.

Ada banyak jalan pintas yang dapat Anda ambil ketika berinvestasi untuk anggota tim. Bukan untuk mereka, tetapi Anda menyalurkan modal langsung ke produktivitas, kebahagiaan, dan kesuksesan perusahaan Anda di masa depan. Anda pasti setuju kalau masa depan perusahaan Anda, tidak ternilai harganya. Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Scott]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Inilah Kisah Hidup Inspiratif Pendiri Air Minum Aqua

Belajar Bisnis Dari Kesederhanaan Jokowi

Pinjaman Modal Usaha Syariah Seperti Apa Sih?

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+