Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Aplikasi Bodoh Ini Baru Saja Dapatkan 17 Milliar Rupiah


Yo! Itu Saja Kemampuannya. Namun Berhasil Mengumpulkan Pendanaan 1,5 Juta Dollar atau 17 Milliar Rupiah.

Bayangkan sebuah aplikasi yang bisa menyapa teman Anda dengan dua huruf, Yo. Lalu, ya, tidak ada lagi, hanya itu kemampuannya. Anda bisa sebut ini bubble, kebodohan, atau apapun, namun Yo baru saja mendapatkan investasi 1,5 Juta Dollar atau 17 Milliar Rupiah dari investor-investor ternama seperti Betaworks, pendiri Tencent, sampai Pete Cashmore, pendiri Mashable. Sampai saat ini, Yo telah digunakan oleh 2 juta orang dari seluruh dunia.

Memang kedengarannya seperti bercanda, namun Yo adalah sebuah aplikasi yang diklaim telah menyentuh sisi psikologi seseorang. Dengan mengirim pesan Yo, seseorang bisa memberikan sedikit misteri ke temannya. Entah itu berarti ya, tidak, menggoda, atau apapun situasi emosi Anda saat itu, bisa terwakili dengan kata Yo. Ingin menyatakan cinta? Kirim saja Yo. Ingin bilang bahwa Anda sangat membenci teman Anda? Kirim saja Yo. Ingin menyapa teman lama yang sudah lost contact? Kirim saja Yo. Yeah, Yo, sederhana itu.

yo

Berpotensi? Atau Bullshit? Perang antara orang yang melihat potensi aplikasi Yo dan orang yang merasa Yo sebuah “joke yang berlebihan”, membuat ratusan dan bahkan ribuan media dari seluruh dunia membahas ini. Salah satu manusia paling sarkastik dan jurnalis teknologi yang disegani, Alexia Tsotsis menggambarkan betapa “jijik” nya dia dengan Yo. Alexia tak segan menyebut bahwa bisnis teknologi mungkin mulai memasuki era bubble, dengan Yo sebagai pintu masuknya. Namun, Jordan Crook, kolega Alexia di media teknologi besar TechCrunch, justru melihat potensi Yo sebagai aplikasi yang luar biasa.

Perpecahan tidak hanya terjadi di kalangan jurnalis. Di kalangan pebisnis teknologi sendiri, mereka juga terbelah menjadi dua kubu. Ada kubu yang merasa marah sekali. Mereka sudah menciptakan produk teknologi yang luar biasa, namun dihargai lebih rendah dari Yo yang menurut mereka “mainan yang bisa kami buat dalam 1 jam”. Ada kubu yang menunjukkan simpatinya pada Yo, mengatakan bahwa dalam bisnis teknologi semuanya soal angka. Yo telah mendapatkan banyak download, jadi wajar apabila investor tertarik menanamkan uangnya disana.

Y o! Bagaimana menurut Anda? Yo, mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Yo]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Cerita Bisnis Inspiratif: Orang-Orang Gagal yang Bangkit Menjadi Salah Satu Orang Tersukses di Dunia

Anak Muda Ini Mendapatkan Tawaran Besar dari Amerika Namun Memilih Mengejar Mimpi di Indonesia

Dari Glodok Menjadi Salah Satu Orang Terkaya di Indonesia

Andreas Yonathan

Kontributor: Andreas Yonathan pernah menjadi Community Manager dari Studentpreneur. Saat ini dia bekerja sebagai web developer di Miracle Clinic dan Flavare

Facebook Twitter Google+