Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

teknologi Tips

Aplikasi Chatting Untuk Kebutuhan Professional Anda


Sebagai Seorang Professional, Anda Juga Harus Menggunakan Aplikasi Chatting Professional. Inilah Beberapa Rekomendasi Aplikasi Professional Untuk Anda.

Mungkin Anda sudah gerah dengan penggunaan lamanya tim Anda membalas email ketika sedang berkolaborasi mengerjakan sebuah proyek, atau Anda sudah lelah dengan penggunaan aplikasi chat personal seperti Yahoo atau Gtalk yang fiturnya kurang lengkap jika digunakan untuk berkolaborasi menggarap sebuah proyek tim? Maka beberapa aplikasi berikut mungkin bisa jadi alternatif Anda.

aplikasi-evernote

Evernote

Jika selama ini pengguna Evernote hanya bisa memanfaatkannya untuk mencatat ide, maka kini Anda bisa membaginya dengan sesama pengguna Evernote. Mereka baru-baru ini meluncurkan fitur baru yang diberinama “Work Chat ” yang memungkinkan pengguna untuk mendiskusikan ide-ide dan proyek langsung dalam antarmuka Evernote, tanpa harus memindahkan percakapan tersebut ke email. Anda juga bisa menyimpan riwayat komunikasi Anda secara permanen. Kini, Anda dan tim Anda punya fasilitas untuk saling berbagi catatan dan mendapatkan umpan balik mereka. Selain itu, riwayat percakapan disimpan secara permanen.

 

Slack

Slack bisa dibilang anak baru. Tapi semua orang membicarakannya. Ia cepat, user-friendly dan dikemas dengan fitur-fitur yang lengkap. Plus, gratis untuk tim dari berbagai ukuran. Meskipun Anda harus membayar jika Anda ingin menyimpan arsip percakapan yang tak terbatas. Yang paling menarik dari Slack adalah fitur pencarian mereka. Ia mampu melacak dari riwayat percakapan, lampiran, hingga akun-akun yang terhubung dengan Anda, sehingga Anda dapat dengan cepat menemukan apapun yang Anda inginkan. Jika Evernote menyebut dirinya sebagai brain extension, maka Slack adalah tempat dimana semua komunikasi dan info perusahaan Anda hidup.

 

Campfire

Campfire (campfirenow.com) hanya dirancang untuk grup chat. Jadi Anda tidak bisa mengirim personal message. Meskipun Anda juga dapat membuat private room yang dapat dihuni oleh para tamu undangan Anda saja. Campfire bahkan memasukkan nomor panggilan konferensi, sehingga Anda bisa membuat konferensi gratis via telepon melalui nomor panggilan 1-800, langsung dari app chat Anda. Sayangnya, perusahaan induk mereka, 37signals, memutuskan untuk menghentikan pengembangan aplikasi-aplikasi mereka, termasuk Campfire. Saat ini, mereka sedang mencari pembeli yang berminat untuk aplikasi buatan mereka.

 

Hipchat

Berbeda dari nasib Campfire yang masih menggantung, pasca diakuisisi oleh Atlassian, perusahaan teknologi Australia yang terkenal untuk aplikasi Bitbucket mereka, HipChat adalah salah satu aplikasi chatting profesional dengan masa depan yang cerah. Ia cepat, lengkap, dapat dijalankkan untuk setiap platform, dan harganya terjangkau. Ia memiliki fitur video-chat dan real-time screen-sharing, sehingga Anda dapat berbicara tatap muka dengan rekan-rekan Anda sekaligus berkolaborasi dalam proyek. Fitur-fitur dan harganya menjadikannya pilihan standar bagi Anda yang sedang mencari aplikasi chat yang cepat dan sederhana.

Nah Sobat Studentpreneur, sampai saat ini aplikasi apa yang Anda gunakan untuk berkolaborasi? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Brooks]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Inspiratif, Gadis 17 Tahun Ini Merintis Bisnis Sukses Sejak SMP

Lima Pahlawan Ekonomi Indonesia

Jadi Pebisnis 100 Kali Lipat Lebih Enak dari PNS

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+