Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis

Ding Ding, Aplikasi Chatting Pertama Milik E-commerce Terbesar di Dunia


Setelah mendapat dana investasi yang sangat besar, Alibaba kini mengeluarkan aplikasi terbaru untuk meramaikan dunia chatting.

Siapa sekarang yang tidak mengenal Alibaba, perusahaan ecommerce terbesar di dunia. Sekarang, semua mengenal Alibaba tidak hanya berfokus pada ecommerce-nya saja, tetapi juga teknologi lainnya. Terakhir, Alibaba menginvestasikan 6 triliun rupiah kepada salah satu Smartphone China untuk mensukseskan sistem operasinya sendiri yaitu YunOS. Sistem operasi untuk smartphone YunOS ini tidak main-main, mereka ingin menantang Android.

Sekarang, Alibaba juga ikut dalam perang aplikasi chatting di China setelah mengeluarkan aplikasi chatting terbaru, yaitu Ding Ding. Ding Ding adalah aplikasi chatting pertama dari Alibaba. Yang spesial adalah, Ding Ding ini bisa digunakan di hampir semua platform. Mulai dari iOS, Android, OS X sampai desktop.

 

Tentang aplikasi chatting Ding Ding

Ding Ding ini sebenarnya hampir sama dengan aplikasi chatting di China kebanyakan. Mulai dari chatting dan telpon secara gratis (selama ada koneksi  internet). Setelah itu sharing file dan foto bisa dilakukan secara biasa. Yang berbeda adalah Ding Ding dapat melakukan chatting dengan satu kategori. Misalnya Anda mempunyai kategori “Teman SMA” Anda bisa melakukan chatting dengan semua teman di kategori “Teman SMA” tersebut. Sekilas aplikasi Ding Ding tersebut mirip dengan BlackBerry Messenger.

Keunggulan lain adalah, di Ding Ding Anda bisa menerima notifikasi bahwa chatting Anda telah dibaca oleh lawan chatting Anda. Mungkin ini satu-satunya keunggulan dari aplikasi chatting milik Alibaba, Ding Ding.

 

Lalu apa perbedaan Ding Ding dengan aplikasi chat yang lain?

Pihak Alibaba mengatakan, Ding Ding tidak akan bisa menyamai aplikasi chatting yang sudah terkenal di China sebelumnya. Ada ratusan aplikasi chatting di China sebelumnya, mulai dari WorkingIM, Fengche, Mingdao, IMO dan sebagainya. Bahkan, fitur-fitur yang ditawarkan oleh Ding Ding juga sudah ada di aplikasi chatting  sebelumnya. Jadi?

alibaba-logo

Pihak Alibaba mengatakan, keunggulan dari Ding Ding adalah, yang mengeluarkan adalah Alibaba. Jadi orang-orang akan lebih Ding Ding karena dikeluarkan oleh Alibaba. Ada aplikasi chatting di China yang bahkan mendapatkan investasi sebesar 20 juta dolar, yaitu Maimai. Tetapi kembali lagi, Ding Ding didukung nama besar dibelakang, yaitu Alibaba. Sayang, aplikasi Ding Ding ini masih belum dikeluarkan diluar China. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Leight]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Ini Caranya Membangun Bisnis Kecil yang Sukses

Meski Hanya Lulusan SMK, Bisnis Anak Muda Ini Harumkan Indonesia di Dunia Internasional

Orang Terkaya ke 19 di Inggris Bagikan Separuh Hartanya Untuk Anak Tidak Mampu

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+