Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Expert

Bagaimana Cara Membangun Sebuah Keluarga Bahagia Sejumlah 10.000 Orang Dalam Waktu Kurang Dari Satu Tahun


Happy Startup Berhasil Menginkubasi Banyak Perusahaan dan Membuat Sebuah Keluarga Bahagia Beranggotakan 10 Ribu Orang Dalam Waktu Kurang Dari 1 Tahun.

*Catatan Editor: Tiap hari Sabtu dan Minggu, Studentpreneur akan menerbitkan artikel bersifat tips dan opini milik ahli-ahli luar negeri yang disegani. Para ahli mengirimkan naskah dalam bahasa inggris, dan kami terjemahkan untuk Anda. Kali ini penulis adalah Laurence McCahill, pendiri Spook Studio, sebuah studio design terkenal, dan Happy Startup, inkubator bisnis di Inggris.* 

The Happy Startup School membantu generasi pengusaha baru untuk mewujudkan impian mereka. Kami memiliki sebuah misi untuk membantu 1 juta orang membuat sisi positif mereka pada tahun 2020, dengan memungkinkan mereka untuk mengembangkan mimpi mereka menjadi bisnis yang bahagia, berkembang, dan berkelanjutan.

Dalam posting ini, saya akan memberikan sedikit latar belakang pada misi kami dan kegiatan yang sudah berjalan sejak kami meluncurkannya akhir tahun lalu.

 

Bagaimana semuanya dimulai

Sementara membangun bisnis sendiri dan bekerja dengan puluhan pengusaha selama beberapa tahun terakhir, kami telah belajar …

–        Pertama, semangat untuk pemecahan masalah.

–        Mereka yang memiliki tujuan yang lebih tinggi (selain menghasilkan uang) dapat mengumpulkan orang untuk ide mereka dengan cara yang luar biasa, dan benar-benar berakhir menjadi lebih menguntungkan daripada yang mengejar uang sebagai tujuan utama mereka.

–        Perusahaan yang menghargai pelanggan mereka dan fokus pada pengalaman customer yang positif lebih sering mencapai sukses.

–        Brand yang jujur​​, terbuka, dan otentik membangun pengikut setia dari customer.

–        tim yang bahagia membuat produk yang lebih baik – orang yang positif akan menular dan cenderung menghasilkan karya yang lebih baik.

Kami mendirikan The Happy Startup School untuk memberdayakan generasi pembuat perubahan berikutnya dengan pengetahuan, sumber daya, dan dukungan jaringan untuk memulai bisnis atau usaha. Untuk berhenti bermimpi dan mulai melakukan.

Ini bukan ‘hal CSR (Customer Social Responsibility)’ seperti yang ditanyakan beberapa orang, atau upaya untuk memeras uang dari wannapreneurs. Ini adalah apa yang kita percaya, penuh gairah. Kami bukan perusahaan sosial atau amal, dengan alasan yang bagus. Kami percaya bisnis memiliki peran untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik, bahwa setiap bisnis harus memiliki tujuan yang jelas dan terlihat untuk menciptakan nilai nyata bagi pelanggan, karyawan, dan mitra. Serta membantu mendorong gerakan, kami juga ingin menjadi mercusuar bagaimana bisnis harus dijalankan sehingga tugas tanggung jawab berjalan sesuai. Untuk menjadi startup yang benar-benar bahagia, kami percaya Anda harus menyeimbangkan semangat, tujuan, orang-orang, dan keuntungan.

“Seorang mahasiswa di kantor saya pikir dia bisa membuat uang atau membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik, tetapi ia tidak bisa melakukan keduanya bersamaan. Aku bilang Anda dapat melakukan keduanya. Bahkan, Anda harus. ” Brian Brenberg, Profesor, Kings College

Setelah kami memutuskan ingin menjangkau khalayak yang lebih luas dengan konsultasi startup kami, kami tidak bermalas-malasan.

Langkah pertama kami (selain menyiapkan website kami) adalah membentuk sebuah kelompok Meetup. Ini adalah cara yang bagus untuk mengetahui apakah orang tertarik pada misi Anda. Kami mulai mendapatkan beberapa pendaftar yang memberi kami kepercayaan diri untuk memakai acara pertama dimana kami berbicara tentang visi. Desain dan branding merupakan kunci untuk membangun kepercayaan dengan audiens kita, serta memberikan kredibilitas dan kejelasan pesan.

“Bekerja pada sesuatu yang penting bagi Anda lebih dari uang. Menciptakan value lebih dari yang Anda ambil. Dan membutuhkan pandangan yang lama.” Tim O’Reilly, serial enterpreneur

Karena keberhasilan acara pertama kami di London, kami mulai menjalankan ini per-bulan untuk membantu membangun masyarakat dan menciptakan kesadaran tentang apa yang kami lakukan. Bersamaan kami juga menciptakan banyak konten untuk menginspirasi dan mendidik pendengar kita (terutama pengusaha pemula), baik di blog kita sendiri dan melalui mitra yang selaras dengan filosofi kami, seperti Action for Happiness. Kami juga berpartisipasi dalam Hari Kebahagiaan Internasional PBB pertama pada bulan April dan menyebar beberapa kebahagiaan bagi pekerja Kota di alun-alun London.

taman-inggris

Gagal cepat, berhasil lebih cepat

Kami sudah tertarik untuk bereksperimen dan menguji ide-ide. Kami mengadakan sejumlah workshop sebagai bagian dari Brighton Digital Festival yang berjalan dengan baik dan membantu meningkatkan profil kami di kampung halaman kami, Brighton. Kami juga bekerja sama dengan startup Brighton pertama, Fusebox, setelah program percontohan yang sukses bulan lalu. Kami ingin bekerja sama dengan lingkungan startup yang ada untuk memperluas jangkauan kami dan membuat dampak dengan banyak tim startup sehingga kami dapat berbicara dengan akselerator lainnya di London selama beberapa bulan mendatang.

Kami juga memiliki beberapa kegagalan selama ini – workshop sangat jarang pada hari Sabtu pagi di Brighton, ‘Twittinar’ menyakitkan, dan upaya sedikit canggung dalam mendapatkan 10 startups untuk bergabung dengan program awal kami di meetup pertama.

“Hari dimana Anda berhenti gagal adalah hari dimana Anda berhenti belajar.”  Rick Falkvinge, Swedish Pirate party

 

Hal-hal yang telah bekerja

Slideshare telah menjadi platform yang besar bagi kami untuk mendapatkan nama di luar sana. 10 langkah kami untuk mencapai kebahagiaan dalam bisnis kini telah memiliki lebih dari 70.000 views. Ratusan orang dan perusahaan telah menyatakan dukungannya terhadap happifesto kami. Kami juga menciptakan e-book dan startup toolkit yang telah diunduh lebih dari 5000 kali (25% dari dari Brasil!). Hal ini benar-benar membantu untuk pertumbuhan komunitas kami dan memungkinkan lebih banyak orang untuk benar-benar memahami filosofi startup kami.

Kami menciptakan kerangka kerja kami sendiri pada startups tahap awal untuk menentukan DNA mereka, The Happy Startup Canvas, yang telah diunduh sejumlah 20.000 kali. Kami juga menjadi tuan rumah konferensi pertama pada bulan September, yang merupakan puncak dari segala sesuatu yang kita lakukan sampai saat ini, dan untungnya sukses cemerlang dan diterima dengan sangat baik. Dan kami akhirnya menjual t-shirt sendiri karena ‘kecelakaan’.

 

Jadi, ide bagus, di mana bisnis dalam hal ini?

Itulah tantangan bagi kita. Kami sudah begitu terfokus pada membangun komunitas dan mendapatkan filosofi kami dimana membuat uang berada di bawah daftar prioritas. Namun kita tidak bisa terus mendanai ini selamanya sehingga ini perlu bertahan sendiri.

Suatu hari saya membaca posting oleh pendiri MailChimp, Ben Chestnut – “Why I hate funnels. Dan ini dengan rapi meringkas pendekatan kami.

Kami hanya suka kegembiraan sekitar startups, memiliki kekaguman tertinggi bagi orang-orang yang membuat lonjakan, dan keinginan membara untuk membuka potensi pada usaha mereka. Kami percaya mengambil pendekatan bottom-up ini akan menyebabkan lebih banyak kesuksesan bagi kami dalam jangka panjang. Atau mungkin kami hanya tertipu. Waktu akan memberitahu.

Kami bekerja keras untuk mencari peluang mengembangkan usaha. Kami sangat gembira tentang apa yang ada di depan.

Beberapa Poin Penting:

–        Percayalah pada visi Anda, bahkan ketika tidak ada orang lain yang percaya

–        Biarkan gairah Anda bersinar melalui segala sesuatu yang Anda lakukan, apa pun medianya

–        Lebih mendengarkan daripada berbicara. Anda akan belajar lebih dari yang Anda tahu.

–        Meminta bantuan, Anda akan terkejut oleh berapa banyak orang mengatakan ya.

–        Jadilah berani tentang apa yang Anda percaya. Ini akan bertentangan, tetapi orang-orang yang ramah pada Anda akan langsung terhubung

–        Bermitra dengan organisasi berpemikiran serupa. Anda tidak akan pernah sampai sendiri di sana.

–        Dan akhirnya, bersenang-senanglah. Hidup terlalu singkat untuk takut bekerja. Terutama jika etos Anda adalah kebahagiaan!

 

Apa yang akan kita lakukan berikutnya?

Rencana kami adalah menjalankan Summercamp tahun depan dan komunitas pembelajaran online. Kami juga akan terus menjalankan meetups bulanan yang terjangkau dan workshop, serta melakukan penawaran untuk korporat dan Universitas terpilih. Kami juga berbicara dengan mitra potensial di seluruh dunia yang tertarik untuk memulai kelompok-kelompok lokal mereka sendiri dengan menggunakan alat dan sumber daya. Kami percaya dunia akan menjadi tempat yang lebih baik jika lebih banyak orang mengembangkan pola pikir kewirausahaan, jadi kita terbuka untuk peluang yang dapat memperkenalkan ini ke khalayak yang lebih luas.
Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Manu]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Bos Ini Punya 10 Trilliun, Tapi Hidup Lebih Sederhana Dari Buruh Indonesia

Film Inspiratif yang Akan Membuat Anda Semangat Berbisnis

Ragam Usaha Kecil yang Menguntungkan

Laurence McCahill

Laurence McCahill adalah pendiri dari @happystartups & @spookstudio, studio design dan inkubator bisnis besar di Inggris. Beliau mempunyai misi membantu banyak orang menemukan kebahagiaan dalam berbisnis.

Twitter