Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Bagaimana Entrepreneur Bisa Menjaga Gaya Hidup yang Sehat


Dunia entrepreneur dapat meminta berbagai macam kompensasi. Dalam banyak kasus seringkali berhubungan dengan duduk berlebihan dan pola makan yang buruk. Jam kerja yang panjang, tidak ramah, sedikit tidur, dan junk food, akan memicu berbagai penyakit bagi tubuh Anda. Beberapa studi bahkan menunjukkan bahwa perilaku ini bahayanya setara dengan merokok. Apa yang harus Anda lakukan?

 

#1 Menghabiskan satu jam di luar Ruangan

Thomas Jefferson, salah satu Founding Father Amerika, menghabiskan sebagian besar harinya untuk bekerja di dalam rumah. Akan tetapi, ia tidak pernah melewatkan setidaknya satu jam di luar rumah setiap harinya. Jadi, paksa diri Anda keluar rumah secara rutin untuk mendapatkan asupan udara segar dan vitamin D.

 

#2 Perbaiki apa yang Anda makan

Untuk menjadi sehat dan kuat, idealnya memang Anda perlu makan makanan bergizi dan seimbang. Titik.

 

#3 Perbaiki kebiasaan makan Anda

Jika Anda ingin menjaga berat badan yang ideal, dan tingkat energi yang tinggi, maka penting sekali untuk mengembangkan kebiasaan makan yang sehat. Sarapan setelah bangun tidur dan patuhi waktu makan Anda secara teratur sepanjang hari (misalnya jam 9, jam 1, jam 8).

 

#4 Memperbaiki postur kerja Anda

Ketika membaca artikel ini, bagaimana postur duduk Anda? Apakah kedua kaki menempel di tanah? Bagaimana dada dan bahu belakang Anda? Ketika Anda memperbaiki postur tubuh Anda, Anda membiarkan tulang belakang Anda rileks dan dada Anda terbuka, Anda meredakan ketegangan dan membantu nafas mengalir lebih bebas. Oksigen kemudian akan menembus lebih dalam ke paru-paru Anda. Hal ini akan mengaktifkan sistem saraf parasimpatis Anda, yang menurunkan kadar hormon stres Anda, penyembuhan otak Anda, dan merangsang pemulihan.

 

#5 Membuka Jendela

Kualitas udara memiliki dampak besar pada kesehatan kita. Sebagai entrepreneur, kebanyakan dari kita menghabiskan cukup banyak waktu di dalam ruangan di depan komputer. Penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 99% dari serangga yang hidup di dalam kita tidak berbahaya. Pada kenyataannya, mereka menguntungkan, Mereka membantu pencernaan, metabolisme, dan kekebalan. Anda bisa mengundang mereka masuk cukup dengan membuka jendela.

 

#6 Memiliki sebuah jadwal tidur

Pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya akan memaksa “jam internal” tubuh Anda untuk mengharapkan tidur pada waktu tertentu setiap malam. Jadi, pergilah ke tempat tidur dan mendapatkan setidaknya 8 jam, dan tidak lebih dari 9 jam tidur, dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya.

olahraga-teratur

#7 Take a break dan bergerak

Duduk untuk jangka waktu yang lama sering dikaitkan dengan obesitas, sindrom metabolik, tekanan darah tinggi, gula darah tinggi dan kelebihan lemak tubuh. Berjalan-jalan dan berolahraga kecil akan merilis endorfin, yang dengan cepat menciptakan euforia dan perasaan bahagia.

 

#8 Ambil jatah liburan

Berliburlah di akhir pekan. Meskipun sebagai entrepreneur Anda bekerja untuk diri sendiri, dan tidak memiliki aktivitas di pagi hari, istirahat di akhir pekan harus tetap menjadi prioritas. Tapi ini tidak berarti duduk-duduk sepanjang hari. Nikmati udara segar dan kembali fokus sementara Anda jauh dari komputer.

 

#9 Meeting berjalan

Sebagai entrepreneur, Anda harus terus menjalin jaringan dan mencari kontak bisnis baru. Sewaktu-waktu, Anda bisa menyarankan pertemuan berjalan, bukannya duduk. Anda bisa ngobrol sambil berjalan di sekitar taman. Hal kecil seperti ini mampu meninggalkan kesan bagi beberapa orang. Selain itu, jalan-jalan akan membuat darah mengalir lebih lancar.

 

#10 Jangan makan siang di meja

Anda pasti sibuk. Tapi Anda tidak begitu sibuk untuk makan di meja Anda. Buatlah satu aturan dimana jatah istirahat makan siang harus digunakan sebagaimana mestinya. Multitasking, bekerja sambil makan, biasanya justru membuat kedua tugas kurang produktif. Belum lagi hal ini bisa membuat keyboard Anda mungkin lebih kotor dari toilet.

 

#11 Minum lebih banyak air

Jadikan air mineral sebagai jajanan utama Anda. Penurunan 2% saturasi air dalam tubuh akan memperlambat proses berpikir dan kemampuan mengingat. Jika Anda membutuhkan rasa, tambahkan buah segar atau perasan jeruk untuk membuatnya lebih menggugah selera.

 

#12 Bersosialisasi secara nyata

Kaitannya dengan kesehatan mental, bersosialisasi hampir sama pentingnya bagi kesehatan fisik kita. Pembagian kerja, perasaan berserikat dan kebersamaan akan mendukung suasana dan pola pikir yang sehat.

 

Mens sana in corpore sano. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Dan nyatanya, seorang entrepreneur perlu tubuh dan jiwa yang 100% untuk membuat bisnis mereka sukses. Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: US Army]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Anak Muda Dibalik Kesuksesan Facebook dan Barrack Obama

Mereka Tidak Beruntung, Namun Lebih Sukses Dari Anda

6 Anak Muda Ajaib di Dunia Bisnis

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+