Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People

Terimakasih Elon Musk: Paten Memang Menyebalkan


Akuilah, patent sucks! Ketika innovator mendapatkan hak untuk melindungi sesuatu yang dia ciptakan sehingga dia mendapatkan keuntungan ekonomi darinya, itulah paten. Namun, di waktu yang sama, dengan paten tersebut dia juga sebenarnya menghambat kemajuan industry dan ilmu pengetahuan pada keseluruhan. Apple sempat terkenal dengan istilah “patent troll” dan “sue everyone” karena mereka hampir mematenkan semua hal yang berkaitan dengan teknologi telepon dan menuntut siapapun yang menggunakan teknologi tersebut. Bagi banyak perusahaan yang lebih kecil, hal tersebut tentunya menghambat kemajuan mereka. Istilahnya, apabila perusahaan besar pemilik paten tidak melakukan sesuatu, maka sebuah industry dan ilmu pengetahuan akan berjalan di tempat.

Namun, pada tanggal 12 Juni 2014 lalu, dunia dikejutkan oleh keputusan Elon Musk, CEO Tesla dan SpaceX. Elon, yang dari awal memang membenci paten dan bahkan tidak mempatenkan teknologi roket SpaceX, baru saja memberi pengumuman lebih gila lagi. Tesla Motors, perusahaan miliknya yang merupakan pemimpin industry mobil listrik, membuka patennya untuk masyarakat umum. Elon mengatakan bahwa seharusnya paten memang harus dibuka, demi kemajuan industry serta ilmu pengetahuan tentang mobil listrik. Keputusan ini membuat pesaing Tesla Motors sampai geleng-geleng kepala. Bagaimana tidak, Elon seakan melepas keunggulan produk Tesla Motors ke publik, demi kemajuan industry dan ilmu pengetahuan.

Elon-Musk

“Kemarin, ada tembok yang berisikan semua paten Tesla di lobby kantor utama kami di Palo Alto. Saat ini, itu semua sudah tidak berlaku. Semuanya telah kami lepas, demi semangat pergerakan oper source, dan demi kemajuan teknologi kendaraan listrik pada umumnya.”

Elon Musk merasa bahwa dengan 100 juta mobil baru diciptakan tiap tahunnya, Tesla tidak mungkin sendirian membangun mobil elektrik untuk mengatasi masalah krisis karbon. Demi dunia yang lebih baik, Elon merasa melepas patennya untuk umum akan menciptakan revolusi mobil listrik, dan lebih banyak pihak dengan uang lebih besar berinvestasi untuk kemajuan mobil listrik, yang tentunya akan mengurangi krisis karbon dunia.

Banyak sekali pebisnis dunia yang tidak percaya dengan keputusan Elon Musk ini. Dia melepaskan kesempatan untuk menguasai industry mobil listrik dan berpotensi kehilangan milliaran dollar, peluang yang dia dapatkan apabila menguasai industry ini.

“Kami percaya bahwa Tesla, dan perusahaan lain yang membuat mobil elektrik, dan dunia akan mendapatkan keuntungan dari platform teknologi yang berkembang dengan cepat”, ucap Elon Musk menjelaskan bahwa dia tidak kawatir Tesla bisa bangkrut, “Kami percaya dengan menerapkan filosofi open source untuk paten kami akan menguatkan posisi Tesla sebagai pemimpin industry, bukan melemahkannya.”

Namun, tidak semua pebisnis mengecam Elon Musk. Keputusan Elon Musk mendapatkan dukungan dari venture capitalist besar Amerika Fred Wilson. Fred, yang merupakan pendiri Union Square Ventures, salah satu investor terbesar dunia di bidang teknologi, sampai mengucapkan terimakasih untuk Elon Musk. “Untuk sebuah perusahaan yang bisa mengatakan ke dunia bahwa “mari bersaing dengan kami dan Anda bisa menggunakan paten kami untuk melakukannya” adalah sebuah hal yang besar. Saya berharap semua orang yang bertanggung jawab terhadap sistem paten bisa berpikir keras mengenai hal ini. Kita mungkin telah mencapai titik balik tentang pembicaraan paten dan properti intelektual. Setidaknya, Saya berharap demikian. Terimakasih Elon!” ucap Fred Wilson dalam blog pribadinya. Selain Fred Wilson, keputusan Elon Musk juga didukung oleh Brad Feld, investor teknologi besar di Amerika. Alasan yang diucapkan oleh Brad mirip dengan alasan Fred Wilson.

Hadapilah Sobat Studentpreneur, patent is sucks. Semoga contoh yang diberikan Elon Musk ini bisa mengubah pemikiran pebisnis mengenai hak paten, demi kemajuan dunia. Terimakasih Elon!

Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. Merasa artikel ini berguna? Bagikan untuk teman-teman Anda melalui tombol share di bawah ya. Karma counts! icon smile Ini Perasaan Pendiri Perusahaan yang Diakuisisi 200 Trilliun Lebih Oleh Facebook studentpreneur entrepreneur startup [Photo Credit: Pestoverde]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Peluang Bisnis Franchise yang Menjanjikan

Ini Nasehat Mantan Orang Terkaya di Dunia

Facebook Habiskan 260 Trilliun Untuk Dana Akuisisi

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+