Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Bagaimana Menemukan Lokasi Terbaik bagi Bisnis Anda


Nah Sobat Studentpreneur, mungkin saat ini Anda sedang mencari lokasi terbaik untuk mendirikan gerai atau kantor bagi bisnis Anda. Mencari lokasi terbaik untuk bisnis Anda bukanlah sekedar soal budget. Lokasi yang murah tetapi tidak strategis sama saja bohong. Di luar budget, ada beberapa pertimbangan yang harus Anda lakukan. Apa saja?

 

1. Periksa aspek demografis Anda.

Segmentasi dan targeting bisa jadi hal yang rumit dan kompleks. Seorang karyawan yang khusus ditempatkan di bagian Marketing akan sangat membantu Anda untuk memahami latar belakang konsumen Anda, seperti demografis, gaya hidup, dan analisis kompetitor. Anda perlu memperhitungkan semua data target segmen Anda untuk menentukan lokasi terbaik.

Lokasi-Bisnis

2. Riset area.

Lakukan penelitian yang cermat terhadap area yang anda minati. Kadang-kadang ada fakta yang tidak dapat Anda lihat dengan mata telanjang. Misalnya apakah gaya hidup di area tersebut sama dengan gaya hidup target segmen Anda, atau apakah area tersebut bisa jadi area bisnis yang akan dikunjungi orang lain untuk menemukan jasa Anda.

 

3. Analisis kompetitor.

Anda mungkin seringkali menemukan minimarket Indomaret yang dibangun bersebelahan dengan Alfamart, dan begitu pula sebaliknya. Mendekati kompetitor bisa jadi salah satu pertimbangan. Selain menghentikan monopoli kompetitor Anda terhadap area tersebut, mungkin kompetitor Anda telah lebih dulu melakukan survey lokasi terhadap area tersebut. Anda dapat menghemat dana yang seharusnya untuk survey lokasi.

 

4. Bantuan profesional.

Setelah melalui riset dan penelitian, ada baiknya Anda membawa hasilnya kepada konsultan marketing profesional. Beritahu kepada mereka apa saja yang Anda butuhkan dan apa saja yang Anda miliki sejauh ini. Mereka akan memberikan saran dan koreksi ketika mereka menganggap Anda membutuhkannya. Termasuk ketika Anda memilih lokasi yang salah.

 

5. Investigasi spot di sekitar area tersebut.

Langkah terakhir adalah memeriksa lingkungan di sekitar lokasi yang Anda minati. Jika di lokasi tersebut sudah berdiri sebuah bangunan yang bisa Anda tempati, Anda harus memeriksa bangunan tersebut dan menghitung budget untuk perbaikan yang diperlukan bangunan tersebut. Anda juga harus memeriksa arus lalu lintas, area parkir, transportasi umum, dan tingkat kejahatannya. Anda tidak ingin terjebak di lingkungan yang salah.

 

Seolah memang butuh banyak waktu dan uang untuk menemukan lokasi yang tepat. Tetapi, lokasi yang tepat akan mengantarkan Anda pada lebih banyak uang dan menghemat lebih banyak waktu Anda di masa depan. Bagaimana menurut Anda? Ikuti juga facebook dan Twitter kami untuk mendapatkan berita-berita Studentpreneur hangout. [Photo Credit: Alison]

 

Baca Juga:

Anak Muda Terkaya di Amerika Hidup Sederhana

Pemuda Ini Dapatkan Milliaran Rupiah Dari Membuat Orang Tertawa

Dari Hobi Jadi Bisnis Beromzet Besar

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+