Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Bekerja di Startup atau Perusahaan Besar?


Mana yang lebih cocok untuk Anda, bekerja di startup atau perusahaan besar?

Dengan maraknya startup akhir-akhir ini di Indonesia, mahasiswa yang baru saja lulus biasanya mempunyai kegalauan yang sama. Mereka tahu mereka harus mempunyai pengalaman bekerja sebelum menjadi entrepreneur. Namun, apakah harus bekerja untuk perusahaan besar (seperti keinginan kebanyakan orang tua mereka), atau harus bekerja di startup milik teman mereka sendiri? Jawabannya tergantung kebutuhan mahasiswa tersebut. Mari kita bahas satu per-satu, mana yang lebih cocok untuk Anda, bekerja di perusahaan besar atau di startup.

 

alienation studio Alienation Studio – Startup di Surabaya

 

Bekerja Sesuai Skill Atau Mengembangkan Skill Lain?

Enaknya apabila bekerja dalam perusahaan besar adalah Anda akan mempunyai job description yang jelas. Kalau Anda seorang programmer, maka Anda akan bertugas membuat program. Apabila Anda bekerja di bagian HRD, Anda hanya akan bekerja di bagian HRD, seperti contohnya mewawancarai calon pegawai baru. Namun, apabila Anda bekerja di startup, bersiaplah untuk tidak mempunyai kejelasan jenis pekerjaan. Apabila dibutuhkan, programmer akan mewawancarai calon programmer baru, dan juga mengirim email dan melakukan kegiatan administrasi yang biasanya dilakukan oleh sekretaris. Anda akan mengembangkan banyak skill lain ketika bekerja di startup. Apabila Anda tidak nyaman bekerja di luar bidang kemampuan Anda, jangan bekerja di startup.

 

Anda Butuh Bantuan Atau Tidak?

Bekerja di perusahaan besar berarti banyak bos dan senior di atas Anda. Kalau bos dan senior ini berbaik hati, maka mereka bisa menjadi mentor yang baik agar Anda bisa berkembang. Namun, seringnya, apabila Anda berprestasi, maka bos dan mentor Anda ini yang akan mendapatkan kredit dari bos utama, setidaknya Anda baru akan mendapatkan kredit setelah mereka dapat. Ide inovatif Anda tidak akan jalan tanpa izin mereka. Kalau bekerja di startup, Anda tidak punya terlalu banyak bos, dan terkadang, bos Anda juga sama tidak berpengalamannya dengan Anda. Harus siap berkembang sendiri dan mencoba berbagai hal baru. Ide inovatif Anda akan lebih mudah diterima startup untuk dicoba. Kalau berhasil, Anda akan menjadi orang penting dalam startup Anda, memungkinkan Anda berkembang lebih cepat lagi, dengan tekanan yang terus meningkat.

 

Anda Ingin Mengubah Dunia Atau Tidak?

Kalau Anda ingin mengubah dunia, secepat mungkin, ada baiknya Anda bekerja di startup. Seperti yang sedikit dijelaskan di atas, ide gila Anda akan dicoba dengan cepat di startup. Kalau berhasil, mungkin bisa mengubah dunia, atau setidaknya mengubah hidup beberapa orang. Sedangkan di perusahaan besar, apalagi kalau strukturnya masih vertical, dibutuhkan waktu yang lama untuk sebuah ide bisa masuk ke pasar. Anda tidak punya kekuatan besar untuk membuat perusahaan mendengarkan ide Anda.

 

Sekali lagi, tidak ada yang sempurna. Bagi sebagian orang, hal terbaik bagi mereka adalah bekerja untuk perusahaan besar. Untuk sebagian lainnya, bekerja di startup akan membuat mereka berkembang lebih cepat lagi. Kalau Anda, lebih cocok dimana Sobat Studentpreneur?

[Photo Credit: @kodokmantap]

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+