Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Bisnis yang Menguntungkan: Menjual Kemampuan Anda


Apabila Anda Menggunakan Kemampuan Anda Membangun Bisnis Berbasis Jasa, Anda Tidak Memerlukan Modal Besar.

Siapapun bisa menjual jasa. Setiap orang memiliki kualifikasi yang berbeda-beda. Kita mungkin memiliki kemampuan, pengetahuan atau pengalaman yang menarik bagi orang lain, atau bisa menjawab kebutuhan orang lain. Sesederhana main gitar. Orang lain mungkin bersedia membayar untuk mengiringi mereka di pentas seni, atau membantu mereka jadi jago main gitar seperti Anda. Nah Sobat Studentpreneur, jika saat ini Anda merasa memiliki keahlian berlebih pada suatu bidang, tidak ada salahnya Anda mulai menawarkan jasa Anda sendiri sebagai sebuah bisnis yang menguntungkan. Inilah beberapa opsi model layanan dan jasa yang bisa Anda gunakan.

 

Paruh waktu

Opsi pertama adalah memulai dengan menjual layanan Anda secara part time. Model ini memungkinkan Anda menghindari resiko buang-buang modal karena Anda bisa “menguji air dulu sebelum nyemplung” untuk memastikan bahwa menjadi entrepreneur adalah sesuatu yang akan Anda nikmati dan ingin Anda kejar. Barulah, jika berjalan dengan baik, Anda dapat memutuskan untuk transisi dari pekerjaan Anda saat ini ke jasa layanan baru Anda. Atau, jika ambisi Anda sejak awal bukan untuk bikin usaha sendiri pun, model ini masih bisa dibilang relevan. Misalnya jika tujuan awal Anda sekedar untuk menghasilkan uang tambahan demi melunasi cicilan kartu kredit, iuran sekolah, dst. Cara apa yang lebih baik untuk mendapat sumber penghasilan tambahan, selain dengan menjual kemampuan Anda?

bisnis-jasa

Penuh waktu

Berikutnya adalah dengan menjadi full timer. Pilihan ini mungkin lebih menarik untuk dikerjakan ketika Anda sedang menganggur saat ini. Pertama kali, Anda harus melakukan riset bisnis, pasar dan industri Anda dulu. Anda juga harus mengembangkan business plan dan marketing plan. Kelemahan utamanya adalah resiko yang harus Anda tanggung. Jika Anda sudah bekerja dan ingin langsung melompat kapal dan meninggalkan pekerjaan Anda saat ini, Anda beresiko kehilangan jaminan penghasilan tetap sebagai karyawan. Akan tetapi, hal terbaiknya, Anda memiliki kesempatan untuk menghasilkan lebih banyak uang dari pekerjaan Anda saat ini, sekaligus memiliki kontrol penuh terhadap masa depan Anda.

 

Musiman

Pilihan lainnya adalah memulai secara musiman, yang dapat dioperasikan secara part time maupun full time, akan tetapi, kebanyakan dijalankan selama rentang waktu yang singkat. Contohnya cuci mobil di musim hujan. Usaha musiman seperti ini sangat efektif apabila Anda sekedar ingin mencari uang selama sekian waktu hanya untuk menghabiskannya di sisa tahun berikutnya, misalnya untuk travelling, atau melanjutkan pendidikan. Kerugiannya, Anda menghabiskan banyak waktu untuk membuat bisnis Anda diakui, hanya untuk menutupnya selama separuh sisa tahun berikutnya.

 

Tambahan uang pensiun

Opsi keempat adalah menjual jasa untuk menambah penghasilan pensiun Anda agar bisa bersenang-senang di hari tua. Bagi orang yang sudah berumur, Anda pasti memiliki lebih banyak pengetahuan dan pengalaman. Mungkin saja, banyak orang yang bersedia membayar besar untuknya. Maka, membuka bisnis konsultasi mungkin layak untuk Anda pertimbangkan.

Nah Sobat Studentpreneur, tertarik untuk menjual keterampilan Anda sebagai bisnis yang menguntungkan? Jadi, keterampilan apa yang Anda miliki? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Strassen]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Inilah Kisah Sukses Putra Jokowi Berbisnis Katering

Susi Sang Menteri Memang Sangat Inspiratif

Pria Ini Menjadi Salah Satu Terkaya di Jepang Karena Hello Kitty

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+