Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Cara Memenangkan Debat Ternyata Sangat Mudah


Dalam berbisnis, terkadang kita akan terjebak dalam situasi negosiasi dimana kita harus berdebat dengan seseorang. Kelangsungan bisnis kita bergantung apakah kita bisa memenangkan negosiasi tersebut atau tidak. Ternyata, cara memenangkan debat tidak sesulit yang kita bayangkan. Apabila Anda ingin mengubah pendapat seseorang, tanyalah bagaimana cara mereka melakukan idenya, bukan menanyakan kenapa mereka mempunyai ide tersebut. Penelitian menarik ini disampaikan oleh psikolog University of Colorado, Philip M. Fernbach.

Penelitian dari Philip Fernbach diambil di dunia politik. Ternyata, ketika seorang politikus yang esktrem apabila ditanyai bagaimana cara kebijakan yang mereka ingin ambil bisa berpengaruh ke masyarakat, akan sedikit melunak sikapnya, dan bahkan cenderung kalah dengan pihak oposisi. Penelitian ini dibagi dalam dua grup. Grup pertama diminta untuk menjawab pertanyaan kenapa mereka memilih kebijakan tertentu. Grup ini berhasil mempertahankan argumennya dalam debat. Grup kedua, mereka diminta untuk menjawab bagaimana cara kebijakan mereka bisa berpengaruh ke masyarakat. Hasilnya sangat mengejutkan, grup kedua jadi melunak dan berpikir jangan-jangan kebijakan lainnya lebih baik untuk masyarakat.

cara-memenangkan-debat

Dari penelitian tersebut, Philip Fernbach menyimpulkan dua hal. Pertama, apabila Anda ingin memenangkan sebuah debat, mintalah lawan debat Anda untuk menjelaskan bagaimana cara pandang mereka bisa menjadi kenyataan. Lalu,  apabila Anda ingin semakin yakin dengan pandangan Anda, jangan hanya membawa alasan kenapa Anda benar, tapi juga membawa rencana pengaplikasiannya juga. Ingat, lawan debat Anda bisa saja melakukan hal yang sama untuk menjatuhkan Anda, yaitu bertanya bagaimana cara Anda membawa pandangan tertentu menjadi kenyataan.

Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Amio]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Gadis Cantik Ini Melestarikan Budaya Sambil Berbisnis

Pendiri Google: Saya Akan Ubah Dunia Transportasi

Perusahaan Ini Bernilai 10 Trilliun Rupiah Karena Budayanya

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+