Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Cara Mempertahankan Eksistensi Bisnis


Merintis usaha dari nol memang sangat membanggakan, apalagi kalau bisnis sudah digeluti ketika masih sekolah. Tapi ingat kalau merintis usaha bukan berarti 100% menjanjikan kesuksesan dari pelakunya. Banyak sekali pelaku bisnis akhirnya gulung tikar ketika gempuran pasar (baca: pesaing) semakin banyak dan kuat.

Pada saat saya berbincang-bincang bersama teman-teman dari kalangan pengusaha yang sudah lama merintis usaha dan sukses, ada beberapa tips bisnis yang dibagikan tentang cara agar bisnis yang dirintis bisa terus eksis di tengah persaingan yang ada:

business-leadership-development-program

  • Jadilah solusi bagi permasalahan konsumen

Banyak bisnis muncul dari permasalahan sehari-hari. Membuat solusi dari permasalahan ini dapat memacu inovasi dan mungkin saja meningkatkan bisnis kita. Meningkatkan loyalitas konsumen bisa dengan cara memberi solusi permasalahan yang mereka hadapi dengan produk yang kita tawarkan. Apabila berhasil, tentunya konsumen tidak akan memilih pesaing Anda.

  • Ikuti perkembangan pasar

Selalu ikuti perkembangan trend pasar yang diminati para konsumen. Dengan mengikuti perkembangan trend baru, maka secara tidak langsung kita dapat mengetahui minat para konsumen saat ini. Semakin cepat melihat dengan jeli arah mana konsumen berpaling, maka semakin kuat pula kita menguasai pasar. Salah satu contoh kegagalan mengikuti perkembangan pasar dapat kita lihat dari industri telekomunikasi handphone Nokia. Ketika iOS dan Android berkembang pesat, Nokia justru mempertahankan platform Symbian. Keunggulan telak kualitas iOS dan Android terhadap Symbian memang akhirnya memaksa Nokia berpindah dari Symbian ke Windows Mobile yang mempunyai kualitas setara pesaingnya. Namun segalanya sudah terlambat bagi Nokia. Mereka kehilangan dominasi pasar yang telah didapatkannya selama puluhan tahun sebelumnya.

  • Amati gerakan pesaing

Laju pertumbuhan pesaing perlu diamati agar kita tahu siapa saja yang ikut bermain dalam bisnis ini, dan strategi apa yang mereka gunakan agar bisnisnya berkembang. Kadang kala, belajar dari pesaing itu ada manfaatnya. Kita tidak boleh alergi dan menganggap pesaing sebagai musuh. Tidak ada salahnya menganggap mereka sebagai “motivator” utama kita untuk tetap terus berkembang.

  • Fokus perkembangan usaha

Pernahkah Anda mengamati Hartono Elektronik? Nah, Hartono Elektronik tetap berkembang pesat padahal pesaingnya banyak kan? Kemenangan Hartono disebabkan oleh kekuatan fokus mereka. Tetaplah fokus untuk menentukan satu prioritas utama yang menjadi target bisnis, baik untuk rencana jangka panjang maupun pendek. Intinya adalah dengan menentukan prioritas utama yang ingin dicapai, secara tidak langsung kita dapat lebih fokus membawa bisnis semakin maju.

  • Perluas Networking

Semakin banyak relasi, semakin banyak rezeki yang datang. Semakin banyak relasi maka semakin besar pula peluang kita untuk melakukan ekspansi bisnis. Biasanya, networking bisnis berdampak langsung dengan pemasaran sehingga dapat memajukan usaha dengan cepat.

 

Nah Sobat Studentpreneur, apakah Anda mempunyai cara lain untuk mempertahankan eksistensi bisnis Anda? Jangan segan membaginya untuk Sobat Studentpreneur lainnya!

 

Zakarias Danujatmiko

Zakarias Danujatmiko adalah General Manager Studentpreneur. Dia sangat berminat terhadap entrepreneurship dan merupakan pengusaha cokelat bubuk.

Facebook Twitter