Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Cara Menarik Talenta Terbaik Untuk Bisnis Anda


Apabila perusahaan Anda dipenuhi oleh orang-orang bertalenta kecil, maka perusahaan Anda juga akan menjadi kecil. Apabila perusahaan Anda dipenuhi oleh orang-orang bertalenta besar, maka perusahaan Anda akan menjadi besar.

 

Untuk perusahaan yang tidak berlokasi di kota bisnis seperti Jakarta, menarik talenta terbaik tentu merupakan tantangan yang sangat berat. Bisnis kecil yang berlokasi di luar Jakarta seringkali kehilangan karyawan dan talenta terbaiknya karena pindah di perusahaan yang lebih besar di Jakarta. Sebenarnya, bagaimana cara menarik talenta terbaik untuk bisnis Anda? Dan bagaimana cara mempertahankan talenta tersebut selama mungkin untuk perusahaan? Tim Studentpreneur telah merangkum beberapa cara yang terbukti efektif.

 

talent

 

Jangan Terlalu Struktural

Talenta anak muda yang terbaik di Indonesia biasanya membenci suasana perusahaan yang terlalu struktural. Contoh paling mudah dalam mendeteksi apakah perusahaan Anda terlalu struktural atau tidak adalah ketika sesi brainstorming. Ketika seorang staff baru (level bawah) mengemukakan pendapatnya, apakah staff level manajer atau level tinggi lainnya mau mendengarkan mereka? Talenta terbaik saat ini butuh dihargai, meskipun mereka masih di level yang baru. Kalau hanya karena jabatan mereka masih rendah mereka jadi tidak didengarkan pendapatnya, bisa dijamin mereka akan mencari perusahaan lain yang lebih menghargai talenta mereka.

 

Jadilah Perusahaan yang Kreatif dan Menyenangkan

Talenta muda biasanya lebih suka perusahaan yang berkultur kreatif dan menyenangkan. Apabila Anda menyediakan suasana kreatif pada talenta terbaik, maka secara tidak langsung Anda juga menarik keluar semua potensi tersembunyi mereka. Berikanlah sedikit fasilitas hiburan di kantor Anda, seperti contohnya meja pingpong atau konsol game. Apabila ada karyawan yang sedang benar-benar bête, mereka bisa dengan mudah bermain untuk mengembalikan moodnya. Bekerja dengan mood yang baik akan menaikkan produktivitas karyawan secara keseluruhan.

 

Pedulilah Terhadap Kehidupan Mereka

Dalam dunia modern, keseimbangan antara dunia kerja dan dunia pribadi harus terus dijaga. Ketika karyawan mengajukan cuti, apalagi karena alasan keluarga, jangan pernah menolaknya. Seandainya ada keluarga penting karyawan, seperti istri/suami, anak, dan orang tua, sedang sakit, sempatkanlah untuk menjenguk mereka. Dengan cara sederhana tersebut, karyawan akan merasa lebih dihargai dan mencintai perusahaan Anda. Contoh ekstrem terjadi di Evernote, perusahaan aplikasi mobile yang besar di Amerika. Karyawan Evernote berhak mengambil cuti kapan saja, dan bahkan apabila mereka berlibur lebih dari 1 minggu, mereka diberi bonus $1000. Belum cukup? Evernote juga mengirim tenaga pembersih khusus untuk membersihkan rumah semua karyawan Evernote sebanyak 2x sebulan!

 

Berdayakan Semangat Intrapreneurship di Perusahaan Anda

Intrapreneurship adalah semangat entrepreneurship yang terjadi di tempat bekerja. Apabila karyawan mempunyai rasa intrapreneurship yang kuat, mereka akan merasa memiliki perusahaan Anda juga. Hal ini menyebabkan mereka bekerja lebih keras, berusaha mengeluarkan semua talenta yang mereka miliki. Karyawan dengan semangat intrapreneurship yang tinggi juga akan menjadi evangelist atau juru promosi personal yang luar biasa bagi perusahaan Anda. Apabila semangat intrapreneurship dipunyai oleh talenta besar di perusahaan Anda, dia akan mengajak temannya yang mempunyai talenta besar juga. Ingat, talent attracts talent!

Adhika Dwi Pramudita

Adhika adalah direktur utama PT Wirausaha Muda Sukses Sejahtera. Praktisi media, startup, dan periklanan.

Facebook Twitter Google+