Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Tips

5 Contoh Kampanye Perusahaan yang Super Kreatif


Meskipun Budget Minimal, Perusahaan Ini Mampu Mendapatkan Hasil yang Spektakuler Dengan Marketing Super Kreatif.

Demi menciptakan buzz, beberapa perusahaan seringkali pergi ke luar batas dan menghabiskan budget besar-besaran. Hasilnya? Beberapa sukses, beberapa gagal. Namun seringkali hasilnya tidak sepadan dengan anggaran yang sudah dikeluarkan. Padahal, jika mereka mau menggali lebih dalam ke industri mereka, mereka mungkin akan menemukan ide-ide untuk kampanye kreatif dengan budget yang sepadan atau justru lebih kecil daripada hasilnya. Beberapa perusahaan berikut mungkin bisa jadi inspirasi Anda:

 

1. Uber go social.

Kampanye “I Can Has Uberkittens” menggabungkan antara filantropi, hewan lucu, dan tren media sosial untuk menciptakan sebuah PR trifecta. Untuk sejumlah harga di Cheezburger, pengguna Uber di beberapa kota bisa memesan anak kucing untuk diantar langsung ke depan pintu rumah mereka. Uber kemudian menyumbangkan dana yang sudah terkumpul kepada tempat penampungan hewan lokal. Ini hanyalah salah satu dari sekian banyak contoh PR stunt Uber. Organisasi ini terkenal bijak memanfaatkan hari libur tidak resmi untuk mengumpulkan perhatian media.

 

2. Virgin America merilis video #VXSafetyDance.

Maskapai penerbangan Virgin America terkenal dengan perhatian mereka terhadap detail. Kali ini, mereka berhasil mengubah salah satu aspek yang membosankan tentang penerbangan: safety instruction. Dengan beberapa pramugari menari-nari, setelah dirilis pada 29 Oktober, tidak hanya membuat penerbangan jadi lebih menyenangkan, video ini berhasil viral dengan hampir 10 juta kali dilihat di YouTube. Kampanye ini membuktikan bahwa perusahaan yang bersedia untuk menantang status quo atas nama kepuasan pelanggan akan mendapat imbalan yang sangat besar bagi perusahaan.

walking-dead

3. Walking Dead menyerbu New York dengan ratusan aktor zombie.

Film dan acara televisi seringkali menyajikan contoh-contoh PR stunts yang unik dan kreatif. Salah satunya adalah The Walking Dead. Mereka menyewa aktor berpakaian seperti zombie pada 5 Februari untuk menakut-nakuti pejalan kaki di sekitar Central Park. Aksi sempurna mereka berhasil viral. Anda bisa menyaksikan videonya di sini.

 

4. Coca-Cola menunjukkan cinta pada Hari Valentine.

Coca – Cola adalah contoh perusahaan yang setia terhadap suara brand mereka. Tidak peduli seberapa beragam upaya publisitas Coke, semuanya selalu kembali ke tujuan intinya: menyebarkan kebahagiaan dan optimisme. Pada hari Valentine, Coke berbagi cinta dengan memasang mesin tersembunyi yang hanya mengungkapkan dirinya ketika pasangan berjalan melaluinya. Anda bisa menyaksikan videonya di sini.

 

5. Morton Steakhouse membawa layanan pelanggan mereka ke tingkat selanjutnya.

Pelanggan Morton, Peter Shankman, menulis sebuah tweet bahwa ia akan senang menyantap sepiring steak Morton pada saat mendarat di Bandara Newark. Dan Morton benar-benar mewujudkannya. Ketika Shankman mendarat di Newark, seorang karyawan Morton berpakaian tuksedo telah menunggunya di area pengambilan bagasi. Steakhouse Morton terdekat kurang lebih 23 mil jauhnya.

 

Bagaimana dengan kampanye Anda? Apa saja yang pernah Anda lakukan? Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Ewen]

 

Artikel Bisnis Terpopuler Hari Ini:

Mainan Lego Selamat Dari Kebangkrutan

Entrepreneur Sukses Ini Pernah Ditolak 300 Kali dan Tidak Menyerah

Ini Perbedaan Bank Syariah dengan Bank Konvensional

Taufik Aditama

Wartawan senior Studentpreneur yang ingin berkeliling dunia dan membuat Indonesia lebih baik

Facebook Twitter Google+