Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube


Cita-cita pasaran anak milenial bukan lagi menjadi dokter atau polisi, melainkan YouTuber. Iya, siapa sangka YouTube juga bisa menghasilkan uang?

Young Lex, seorang rapper asal ibu kota, pernah merilis lagu berjudul Boom, di mana ada lirik yang berbunyi, “YouTube lebih dari TV.” Tidak dapat dipungkiri bahwa kini orang-orang mulai berpindah tontonan ke YouTube. Dengan jenis tontonan yang sangat beragam, kamu memiliki kontrol penuh untuk memilih tontonan yang sesuai dengan minat dan ketertarikan kamu.

Situs Kompas bahkan melansir data bahwa pengguna YouTube sudah mencapai satu miliar. Hal ini pun mendorong beberapa orang untuk terus menciptakan konten video   semenarik mungkin. Pasalnya, semakin banyak jumlah views dan subscriber kamu, semakin banyak juga uang yang bisa kamu dapatkan dari YouTube. Jadi, bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Apakah kamu harus menjadi YouTuber untuk mendapatkan uang dari YouTube Sobat Studentpreneur?

 

Mengikuti YouTube Partner Program

Melihat banyaknya YouTuber yang sukses di Indonesia, kamu mungkin penasaran bagaimana mereka bisa mendapatkan begitu banyak uang dari profesi tersebut. Sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari YouTube, kamu harus terlebih dulu mengaktifkan fitur Google AdSense dengan mengikuti YouTube Partner Program. Caranya sama sekali tidak sulit, kok.

  1. Login ke akun YouTube kamu
  2. Pada bagian kanan atas, tekan ikon akun YouTube, lalu tekan Creator Studio
  3. Pada bagian kiri, pilih Channel > Status and Features
  4. Pada bagian Monetization, klik Enable
  5. Ikuti prosedur selanjutnya yang tampil pada layar

Pada tahap ini, kamu akan diminta melakukan verifikasi melalui nomor telepon. Setelah menjadi YouTube Partner, kamu wajib menautkan akun YouTube dengan akun AdSense. Berikut adalah caranya:

  1. Klik ikon akun YouTube > Creator Studio > Monetization
  2. Pilih bagian “How will I be paid?”
  3. Pada halaman AdSense Association, ikuti setiap langkah hingga kamu dialihkan ke website AdSense
  4. Gunakan akun Google yang sama dengan channel YouTube untuk mendaftar AdSense
  5. Masukkan password
  6. Setujui ketentuan AdSense
  7. Lengkapi formulir pendaftaran AdSense
  8. Kamu akan diarahkan kembali ke halaman YouTube dan akan muncul pernyataan bahwa pendaftaran AdSense sedang dalam proses
  9. Jika pendaftaran disetujui, kamu akan mendapat email

Apabila sudah resmi terdaftar, secara otomatis uang yang kamu hasilkan dari video akan diakumulasikan ke akun AdSense kamu.

 

Photo credit: geralt (pixabay.com)

Content is King

Memiliki akun AdSense dan terdaftar sebagai YouTube Partner tidak lantas membuatmu mendapatkan uang pemasukan begitu saja, Sobat Studentpreneur. Kamu harus memastikan bahwa video yang kamu upload memiliki banyak views, begitu juga dengan subscriber pada channel kamu. Semakin banyak jumlah subscribers dan views, maka semakin banyak jumlah penghasilan yang bisa kamu dapatkan.

Untuk itu, kamu wajib menciptakan konten semenarik mungkin, Sobat Studentpreneur. Sebelum itu, tentunya kamu harus melakukan riset terkait segmentasi penonton yang ingin kamu target. Jika menarget penonton berusia remaja, kamu bisa menciptakan konten bertema ringan seperti persahabatan atau percintaan. Sering-seringlah menonton video dari channel YouTuber lain untuk mendapatkan inspirasi. Namun, ingat, jangan sampai plagiat ya!

 

Kembangkan Brand Personal Kamu dan Jual Merchandise

Cara lain untuk menjadi YouTuber sukses adalah dengan memiliki ciri khas pada konten kamu. Ciri khasnya ini bisa berupa apa saja, mulai dari logo nama channel, cara menyapa penonton, tone warna video yang digunakan, hingga teknik editing yang kamu terapkan. Hal inilah yang akan membedakanmu dari YouTuber lain sehingga penonton bisa mengingatmu sebagai suatu brand. Seiring berjalannya waktu, kamu harus terus mengembangkan brand tersebut agar semakin kuat.

Nah, jika brand kamu sudah cukup kuat (biasanya ditandai dengan jumlah subscribers dan viewers yang meningkat), kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk menjual merchandise. Hal ini sudah sukses dilakukan oleh banyak YouTuber luar negeri, salah satunya adalah Alfie Deyes. Dengan menggunakan nama PointlessBlog, channel-nya kini sudah mendapatkan lebih dari lima juta subscribers. Ia pun membuat merchandise seperti kaus dan topi dengan logo “PB” (PointlessBlog) untuk dijual.

 

Apa Harus Menjadi YouTuber untuk Mendapatkan Uang dari YouTube?

Mendapatkan uang dari YouTube tidak harus dengan cara menjadi YouTuber, kok. Namun, dalam hal ini, YouTube hanya menjadi semacam perantara. Misalnya, kamu mempunyai akun Shopify untuk berjualan pakaian wanita secara online. Nah, kamu bisa membuat video yang kontennya masih berhubungan dengan produk jualan. Pada bagian akhir video, kamu bisa mencantumkan call-to-action (CTA) yang bisa mengarahkan penonton pada landing page akun jualan Shopify-mu.

 

Apakah kini kamu masih tertarik untuk mendapatkan uang dari YouTube, Sobat Studentpreneur? Jika iya, semoga ulasan di atas bisa membantu kamu untuk mewujudkan hal tersebut, ya. Jika kamu punya ide atau tips lain untuk mendapatkan uang dari YouTube, jangan segan untuk memberi tahu di kolom komentar!

 

Yuk follow facebook Studentpreneur dan ikutan kelas online-nya buat belajar bisnis lebih lanjut.

 

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

Dasar-Dasar Marketing dari Tung Desem Waringin

Cara Mencari Investor Untuk Startup Baru

Menjalankan Startup dengan Metode Lean Startup

 

Biru Cahya Imanda

Biru Cahya Imanda bekerja sebagai Head of Surabaya di Penulis.ID, sebuah perusahaan digital content agency ternama.

Facebook Twitter