Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People

Christopher Reginald – Finance Itu Napas Anda (Preview Desember 2013)


Kebanyakan startup akhir-akhir ini didominasi oleh founder dengan basic teknologi. Sayangnya, sebenarnya mereka tidak mempunyai pengetahuan finansial yang cukup untuk membuat bisnis. Tim Studentpreneur berangkat ke Jakarta untuk menemui orang yang bisa membantu startup sedikit lebih memahami tentang finansial. Sambil menikmati kopi di sebuah kafe di Jakarta, Tim Studentpreneur bertemu dengan Christopher Reginald, Chief Financial Officer dari Systec, salah satu venture capital terbesar di Indonesia. Reginald, panggilan akrabnya, bersedia untuk berbagi berbagai tips finansial untuk Sobat Studentpreneur. Reginald juga merupakan lulusan Prasetiya Mulya Business School dan telah berpengalaman bertahun-tahun di bidang finansial dan investasi.

 

SONY DSC

 

Bagaimana ceritanya Anda bergabung dengan Systec?

Awalnya Saya diajak oleh Nicko Widjaja (CEO Systec) dan Imanul Hakim (COO Systec). Saya dulu teman kuliahnya Iman, dan dia cerita bahwa sedang butuh orang yang expert di bidang finansial. Akhirnya Saya bergabung sebagai CFO Systec. Saat itu Systec, karena memang masih venture capital yang baru waktu Saya bergabung sebagai salah satu co-founder, mempunyai tantangan yang sangat besar, termasuk dalam menciptakan sistem finansial yang baik.

 

Sebenarnya apa tugas CFO di venture capital? Apakah berbeda dengan perusahaan normal?

Saya kurang tahu kalau di venture capital lain, tapi Saya coba cerita apa yang Saya lakukan di Systec. Kebanyakan startup yang ada tidak punya CFO. Seandainya ada, biasanya hanya teman-teman yang baru lulus kuliah ekonomi jadi terkadang secara sistem finansial dan pembukuan masih kurang baik. Fungsi CFO di Systec adalah mengajari mereka sistem finansial, mulai dari report sampai budgeting. Kebanyakan startup kacau dalam budgeting, biasanya realisasi lebih besar daripada budgetnya, sehingga susah tanggung jawabnya. Itu salah satu tugas Saya sebagai CFO Systec.

 

Salah satu tugas Reginald untuk membantu sistem finansial dari startup yang diinvestasi Systec?

Bisa iya bisa tidak, tergantung kondisi mereka saat itu. Tapi yang pasti, Saya akan membantu membaca laporan keuangan mereka, memberi masukan apabila over budget, atau malah under budget. Tugas Saya memberikan komparasi yang baik pada startup tersebut. Saya dan tim juga akan melihat budget mereka, melihat struktur pengeluaran dan memberikan advice atau setidaknya pertanyaan tentang beberapa jenis pengeluaran yang dirasa tidak perlu. Ensure they operate within budget, dan tidak mengeluarkan uang untuk hal yang tidak perlu.

 

MAU BACA LENGKAPNYA EXCLUSIVE INTERVIEW TENTANG TIPS FINANCE REGINALD? BELI AJA LANGSUNG EDISI CETAK MAJALAH STUDENTPRENEUR BULAN DESEMBER 2013 DI GRAMEDIA TERDEKAT (PULAU JAWA) ATAU DI WAYANG FORCE DAN SCOOP (EDISI DIGITAL).

MAU BERLANGGANAN LANGSUNG EDISI DIGITALNYA? ATAU MAU DAPETIN PROMO PRE-ORDERNYA? BISA LANGSUNG KLIK DISINI:

Subscribe_20Button